3 Tim Menang via Comeback Matchday 1 Fase Grup Euro 2024

Kemenangan Portugal paling dramatis #EURO2024

Intinya Sih...

  • Italia berhasil comeback dari kekalahan awal melawan Albania di Grup B.
  • Belanda juga sukses membalikkan keadaan dan menang atas Polandia di Grup D.
  • Kemenangan paling dramatis terjadi saat Portugal mengalahkan Republik Ceko di Grup F dengan gol pada menit akhir.

Euro 2024 telah menyelesaikan matchday pertama fase grup. Biasanya, laga pertama turnamen terbilang minim drama. Tim-tim peserta cenderung tampil berhati-hati dan tidak langsung habis-habisan. Namun, beberapa laga pertama fase grup Euro 2024 ternyata menjadi pengecualian.

Mentalitas tak kenal menyerah langsung ditunjukkan tiga negara pada matchday pertama. Mereka sempat tertinggal lebih dulu dari lawan-lawannya. Namun, mereka berhasil membalikkan keadaan dan akhirnya menang. Bahkan, ada yang menang via gol pada menit-menit akhir. Inilah ketiga tyang berhasil menang via comeback di matchday pertama Euro 2024!

1. Italia sempat dikejutkan Albania tetapi tak butuh waktu lama untuk berbalik unggul

3 Tim Menang via Comeback Matchday 1 Fase Grup Euro 2024Italia merayakan gol ke gawang Albania di Grup B Euro 2024. (instagram.com/azzurri)

Pertama, ada Italia yang sukses mengatasi perlawanan Albania pada laga pembuka Grup B. Melihat status kedua tim, hasil itu tak mengejutkan. Italia adalah juara bertahan Euro, sedangkan Albania baru melakoni edisi Euro keduanya. Namun, Albania ternyata sempat membuat kejutan luar biasa pada awal laga.

Albania hanya butuh waktu 23 detik sejak kickoff babak pertama untuk mengungguli Italia. Pencetaknya adalah Nedim Bajrami yang memanfaatkan kesalahan bek lawan untuk mencuri bola. Bajrami pun tercatat sebagai pencetak gol tercepat dalam sejarah Euro. Namun, rekor Bajrami dan Albania akhirnya gagal menjadi highlight dari laga tersebut.

Pasalnya, Italia juga tak butuh waktu lama untuk membalas. Gli Azzurri sudah menyamakan kedudukan pada menit ke-11, lalu berbalik unggul 5 menit kemudian. Tidak ada gol lagi yang tercipta hingga laga usai. Italia pun mengawali Euro 2024 dengan tiga poin, sedangkan Albania gagal mendapat apa-apa meski sukses mencatatkan rekor. 

Baca Juga: 3 Minuman yang Harus Dihindari saat Begadang Nonton EURO 2024

2. Belanda mengalahkan Polandia berkat aksi heroik Wout Weghorst pada pengujung laga

3 Tim Menang via Comeback Matchday 1 Fase Grup Euro 2024Belanda merayakan gol ke gawang Polandia di Grup D Euro 2024. (instagram.com/onsoranje)

Belanda juga berhasil mengawali Euro 2024 dengan kemenangan meski tertinggal lebih dulu. Menghadapi Polandia di Grup D, Tim Oranye sudah kebobolan saat laga baru berumur 16 menit. Diawali sepak pojok, Adam Buksa sukses merobek gawang Belanda via sundulan keras.

Tertinggal satu gol membuat Belanda makin gencar menekan. Mereka pun mendapat hasilnya pada menit ke-29. Bola sepakan Cody Gakpo dari luar kotak penalti sedikit berbelok karena terkena bek Polandia. Kiper Wojciech Szczesny yang terkecoh pun tak bisa berbuat banyak.

Memasuki babak kedua, Belanda terus berusaha mencari gol kemenangan. Namun, upaya mereka mentah hingga laga memasuki 10 menit terakhir. Saat itulah pelatih Ronald Koeman melakukan pergantian pemain yang jitu. Ia menarik keluar Memphis dan memasukkan Wout Weghorst yang tak jarang menjadi supersub.

Benar saja, Weghorst sekali lagi keluar sebagai pahlawan negaranya. Hanya 2 menit setelah masuk lapangan, striker jangkung itu mencetak gol bagi Belanda. Gol Weghorst akhirnya jadi pemasti kemenangan timnya dengan skor 2-1. Belanda pun memuncaki klasemen sementara Grup D di atas Prancis yang juga meraih kemenangan pada pertandigan lain.

3. Portugal menang dramatis atas Republik Ceko via gol pada injury time babak kedua

3 Tim Menang via Comeback Matchday 1 Fase Grup Euro 2024Francisco Conceicao (kiri) merayakan gol ke gawang Republik Ceko pada laga Grup F Euro 2024. (x.com/EURO2024)

Kemenangan comeback paling dramatis pada matchday pertama Euro 2024 terjadi di Grup F. Partai yang dimaksud adalah laga Portugal melawan Republik Ceko yang sempat berjalan alot. Portugal memang lebih menguasai laga, tetapi Republik Ceko tak mudah ditaklukkan. Malah, Republik Ceko berhasil mengejutkan dengan unggul duluan.

Lukas Provod menjadi perobek gawang Portugal melalui sepakan jarak jauh pada menit ke-62. Namun, keunggulan Republik Ceko tak bertahan lama. Gelombang serangan Portugal akhirnya memaksa bek Robin Hranac membuat kesalahan. Ia tak sengaja memantulkan bola tepisan kiper Republik Ceko ke gawangnya sendiri.

Skor 1-1 sempat bertahan hingga injury time. Portugal pun tampaknya bakal harus puas dengan hasil imbang. Namun, perjuangan mereka akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-92. Francisco Conceicao yang baru masuk sebagai pemain pengganti sukses mencetak gol. Winger 21 tahun itu pun menjadi pahlawan kemenangan timnya dengan skor 2-1.

Kemenangan pada laga pembuka adalah modal berharga bagi tiga peserta Euro 2024 di atas. Apalagi mereka meraihnya via comeback, sebuah proses yang pasti mengangkat moral mereka. Mampukah ketiga tim di atas meneruskan momentum positif pada matchday kedua grup?

Baca Juga: 10 Lokasi Official Fan Zone EURO 2024, Semuanya Gratis!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya