3 Tim dengan Rekor Sempurna pada Fase Grup Copa America 2024

Venezuela catat sejarah

Fase grup Copa America 2024 telah selesai. Sebanyak 8 dari 16 negara peserta berhasil lolos dari grup dan melaju ke babak perempat final. Beberapa kejutan sempat terjadi, seperti tersingkirnya tuan rumah Amerika Serikat. Namun, sebagian besar tim unggulan sejauh ini masih bertahan.

Pada babak perempat final, tim-tim unggulan itu juga diprediksi bakal terus melaju. Apalagi mereka yang lolos sebagai juara grup dengan skor sempurna. Inilah tiga tim yang selalu menang pada fase grup Copa America 2024.

1. Argentina masih berada di jalur yang tepat untuk mempertahankan gelar juara

3 Tim dengan Rekor Sempurna pada Fase Grup Copa America 2024Timnas Argentina merayakan gol. (instagram.com/afaseleccion)

Pertama, ada Argentina sang juara bertahan Copa America. Tim Tango juga berstatus kampiun Piala Dunia 2022 lalu. Maka, tak heran jika mereka paling diunggulkan untuk berjaya di Copa America 2024. Sejauh ini, Lionel Messi dan kawan-kawan pun masih berada di jalur tepat untuk mewujudkannya.

Tergabung di Grup A, Argentina tampil sempurna dengan meraih tiga kemenangan. Mereka juga tidak kebobolan satu kali pun. Argentina menghajar Kanada dan Peru dengan skor 2-0, serta menang 1-0 atas Chile. Lautaro Martinez menjadi pahlawan Argentina dengan torehan empat gol.

Pada babak perempat final, Argentina akan bertemu runner-up Grup B, Ekuador. Laga itu seolah menjadi ulangan babak delapan besar Copa America 2021. Saat itu, Argentina sukses menghajar Ekuador 3-0 untuk mencapai semifinal. Kali ini pun Tim Tango lebih diunggulkan untuk mengulang hasil tersebut.

Baca Juga: Rute Mudah Argentina dan Jalan Terjal Brasil di Copa America 2024

2. Venezuela untuk pertama kalinya meraih hasil sempurna pada fase grup Copa America

3 Tim dengan Rekor Sempurna pada Fase Grup Copa America 2024Timnas Venezuela (instagram.com/selevinotinto)

Sementara, Grup B Copa America 2024 memunculkan sebuah kejutan. Venezuela berhasil lolos sebagai juara grup dengan raihan poin sempurna. Itu adalah momen bersejarah bagi sepak bola Venezuela. Baru kali ini mereka mampu menjadi juara grup. Bahkan, inilah pertama kali Venezuela meraih 3 kemenangan dalam 1 edisi Copa America.

Pada laga pembuka grup, Venezuela menang 2-1 atas Ekuador setelah tertinggal lebih dulu. La Vinotinto lalu menundukkan Meksiko via gol tunggal Salomon Rondon dari titik penalti. Pada partai penutup, Venezuela tampil trengginas dan membantai Jamaika 3-0.

Sebelum 2024, Venezuela sudah pernah empat kali mencapai perempat final Copa America. Namun, mereka hanya sukses melaju ke semifinal pada satu kesempatan. Kini, Venezuela berpeluang menapaki semifinal kedua. Mereka akan bertemu Kanada, yang minim pengalaman karena baru kali ini ikut serta Copa America.

3. Uruguay menjadi tim tersubur pada fase grup Copa America 2024

3 Tim dengan Rekor Sempurna pada Fase Grup Copa America 2024Timnas Uruguay (instagram.com/aufoficial)

Satu lagi tim yang tampil sempurna pada fase grup Copa America 2024 adalah Uruguay. La Celeste melenggang dari Grup C usai mengalahkan Panama, Bolivia, dan Amerika Serikat. Kemenangan Uruguay atas Amerika Serikat khususnya jadi sorotan. Pasalnya, hasil itu memastikan sang tuan rumah gagal mencapai fase knockout.

Uruguay juga lolos dari fase grup Copa America 2024 sebagai tim tersubur. Mereka mencetak 9 gol dalam 3 laga dengan rata-rata 3 gol per partai. Meski demikian, Ronald Araujo dan kolega tak melupakan pertahanan. Gawang Uruguay baru kebobolan satu kali gara-gara aksi bek Panama, Amir Murillo.

Meski sempurna pada fase grup, Uruguay tak bisa bersantai. Mereka sudah ditunggu Brasil pada babak perempat final. Performa Brasil sendiri sejauh ini memang belum meyakinkan. Tim Samba hanya 1 kali menang dan 2 kali imbang dalam 3 partai grup.

Namun, Uruguay dibayangi rekor buruk. Dalam 10 pertemuan terakhir kontra Brasil, Uruguay hanya menang 1 kali dan kalah 8 kali. Bahkan, kali terakhir Uruguay menang atas Brasil di Copa America adalah pada edisi 1995.

Tiga tim di atas layak diunggulkan pada babak perempat final Copa America 2024. Hasil sempurna pada fase grup memberi mereka modal kepercayaan diri yang besar. Mampukah mereka melanjutkan hasil bagus dan melaju ke semifinal?

Baca Juga: Rapor Negara Tuan Rumah Copa America dalam 5 Edisi Terakhir

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya