3 Striker yang Dilepas Real Madrid setelah Dipinjam, Kenapa?

Mereka produktif selama dipinjam

Real Madrid melepas beberapa pemain pada musim panas 2024. Salah satunya Joselu Mato, striker yang dipinjam Real Madrid dari Espanyol pada 2023/2024. Real Madrid sebenarnya sempat memermanenkan status Joselu. Namun, ia segera dijual ke klub Qatar, Al Gharafa.

Jika menengok kepada masa lalu, maka striker pinjaman Real Madrid memang biasanya tak bertahan lama. Los Blancos lebih memilih membeli striker baru daripada mempertahankan bomber pinjaman mereka. Itulah yang dialami tiga striker yang pernah dipinjam Real Madrid berikut ini.

1. Emmanuel Adebayor tak dipermanenkan Real Madrid karena surat dari keluarganya

3 Striker yang Dilepas Real Madrid setelah Dipinjam, Kenapa?Emmanuel Adebayor (x.com/LaLiga)

Pertama, ada Emmanuel Adebayor, striker Togo yang besar di Arsenal dan Manchester City. Adebayor sempat dipinjam Real Madrid saat membela Manchester City. Ia dipinjam pada Januari 2011 dengan durasi setengah musim. Hasilnya ternyata cukup memuaskan.

Adebayor tampil 22 kali bagi Real Madrid di semua ajang, 9 di antaranya sebagai starter. Ia sukses membuat 8 gol, termasuk hattrick pada pekan terakhir LaLiga Spanyol. Adebayor juga turut membawa Real Madrid memenangi Copa del Rey 2010/2011. Itu adalah trofi pertama yang diraih Adebayor dalam kariernya.

Performa Adebayor sempat memberinya peluang untuk menjadi pemain tetap Real Madrid. Pasalnya, kontrak peminjamannya saat itu disertai opsi pembelian. Namun, peluang itu akhirnya sirna. Menurut pengakuan Adebayor, penyebabnya adalah keluarganya sendiri.

Adebayor menyebut bahwa saudara laki-lakinya mengirim surat kepada Real Madrid. Isinya adalah permohonan kepada Real Madrid untuk tidak mempermanenkan Adebayor. Adebayor pun kembali ke Inggris dan berkarier di sana hingga 2016. Ia juga sempat bermain di luar Inggris hingga pensiun pada 2023.

Baca Juga: 5 Pemain Nomor 9 yang Melegenda di Real Madrid

2. Chicharito produktif saat dipinjam Real Madrid, tetapi minim kesempatan tampil

3 Striker yang Dilepas Real Madrid setelah Dipinjam, Kenapa?Chicharito (instagram.com/ch14_)

Pada 2014/2015, Real Madrid kembali meminjam striker dari klub Manchester. Ia adalah Javier Hernández Balcázar alias Chicharito yang kala itu dimiliki Manchester United. Chicharito hanya berstatus pelapis di lini depan Setan Merah. Ia pun setuju dipinjam Real Madrid dengan harapan mendapat lebih banyak menit bermain.

Hasilnya, Chicharito justru makin minim kesempatan tampil di Real Madrid. Striker Meksiko itu bermain 33 kali bagi Los Blancos sepanjang 2014/2015. Namun, ia hanya menjadi starter dalam 12 laga. Diakui Chicharito, situasi itu membuatnya frustrasi.

Kiprah Chicharito bagi Real Madrid sebenarnya cukup impresif. Meski minim menit bermain, ia mampu membuat 9 gol dan 9 assist. Namun, persaingan ketat di lini depan Real Madrid membuatnya hampir mustahil jadi pilihan utama. Alhasil, Chicharito pun meninggalkan Santiago Bernabeu pada musim panas 2015.

3. Joselu tajam dan sukses meraih tiga trofi selama dipinjam Real Madrid

3 Striker yang Dilepas Real Madrid setelah Dipinjam, Kenapa?Joselu mengangkat trofi Liga Champions 2023/2024. (instagram.com/joselumato)

Joselu Mato menjadi striker terbaru yang tak lanjut membela Real Madrid setelah dipinjam. Joselu sebenarnya sudah dibeli Real Madrid pada musim panas 2024. Ia sah menjadi milik Los Blancos pada 1 Juli 2024. Namun, keesokan harinya, striker 34 tahun itu dijual ke Al Gharafa.

Dilansir Goal, Joselu meninggalkan Real Madrid demi mencari suasana baru. Namun, ada alasan lain yang mungkin mendasari keputusannya. Joselu berpotensi makin minim menit bermain jika menetap di Santiago Bernabeu. Pasalnya, Real Madrid telah mendatangkan dua striker anyar, Kylian Mbappe dan Endrick.

Meski tak berlangsung lama, Joselu layak berbangga dengan kiprahnya di Real Madrid. Ia tampil tajam sepanjang 2023/2024 dengan torehan 17 gol di semua ajang. Joselu pun berjasa membawa Los Blancos meraih tiga trofi. Ketiganya adalah LaLiga, Liga Champions Eropa, dan Piala Super Spanyol.

Tiga striker di atas terbilang produktif selama dipinjam Real Madrid. Namun, mereka langsung dilepas karena berbagai alasan. Akankah ada striker pinjaman Real Madrid yang akhirnya menetap lama di Santiago Bernabeu?

Baca Juga: 5 Pemain yang Digaet Real Madrid dari Ligue 1, Termasuk Mbappe!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya