5 Striker Termahal yang Pernah Dibeli Manchester United, Ada Zirkzee

Lukaku masih pegang rekor

Manchester United mendatangkan amunisi baru lini depan pada musim panas 2024. Setan Merah memboyong Joshua Zirkzee dari Bologna. Zirkzee menarik perhatian usai tampil tajam pada 2023/2024 lalu. Sang striker asal Belanda juga masih muda dan memiliki aset berupa fisik tinggi besar.

Harga pembelian Zirkzee dari Bologna adalah 42,5 juta euro alias Rp749 miliar. Meski cukup masuk akal, Zirkzee tetap menjadi salah satu striker termahal Setan Merah. Berdasarkan Transfermarkt, inilah lima striker termahal yang pernah dibeli Manchester United.

1. Romelu Lukaku dibeli dari Everton dengan harga 84,7 juta euro

5 Striker Termahal yang Pernah Dibeli Manchester United, Ada ZirkzeeRomelu Lukaku (premierleague.com)

Romelu Lukaku masih merupakan striker termahal yang pernah dibeli Manchester United. Lukaku diboyong Setan Merah pada musim panas 2017 dari Everton. Nilai transfernya mencapai 84,7 juta euro atau sekitar Rp1,5 triliun. Itu adalah rekor pembelian termahal kelima dalam sejarah Manchester United.

Harga tersebut layak jika melihat ketajaman Lukaku bersama Everton. Setelah pindah klub pun Lukaku tetap produktif. Ia menjadi top scorer Manchester United pada 2017/2018 dengan 27 gol di semua ajang.

Pada 2018/2019, Lukaku masih mampu menghasilkan 15 gol bagi Manchester United. Namun, ia mulai banyak dikritik karena kontrol bola yang buruk dan sering membuang peluang. Alhasil, Lukaku dilepas pada musim panas 2019. Ia dijual ke Inter Milan dengan harga lebih rendah dibanding saat Manchester United membelinya.

2. Rasmus Hojlund bergabung pada musim panas 2023 dengan nilai transfer 73,9 juta euro

5 Striker Termahal yang Pernah Dibeli Manchester United, Ada ZirkzeeRasmus Hojlund (premierleague.com)

Rasmus Hojlund juga bergabung ke Manchester United dengan harga fantastis. Hojlund diboyong Setan Merah dari Atalanta pada musim panas 2023. Harga pembeliannya adalah 73,9 juta euro atau Rp1,3 triliun. Hojlund pun memecahkan rekor sebagai pemain termahal yang pernah dijual Atalanta.

Meski menguras kantong, Hojlund tak langsung gacor bersama Manchester United. Ia sempat mandul dalam 14 penampilan pertamanya di English Premier League (EPL). Beruntung, gol-gol kemudian mulai mengalir striker Denmark tersebut.

Hojlund akhirnya menutup 2023/2024 dengan torehan 16 gol dan 2 assist di semua ajang. Ia juga turut membawa Setan Merah menjuarai Piala FA. Maka, sejauh ini harga mahal Hojlund masih terbilang layak.

Baca Juga: Erik Ten Hag Cemas dengan Kondisi Leny Yoro dan Rasmus Hojlund

3. Anthony Martial digaet Manchester United saat berusia 19 tahun dengan harga 60 juta euro

5 Striker Termahal yang Pernah Dibeli Manchester United, Ada ZirkzeeAnthony Martial (manutd.com)

Sebelum dipecahkan Lukaku, rekor striker termahal Manchester United dipegang Anthony Martial. Martial dibeli pada musim panas 2015 dengan harga 60 juta euro atau Rp1,05 triliun. Padahal, Martial saat itu baru berusia 19 tahun. Ia juga hanya membuat 15 gol dalam 2 musim bersama klub asalnya, AS Monaco.

Meski demikian, harga mahal Martial akhirnya terbukti layak. Ia langsung membobol gawang Liverpool pada laga debutnya bersama Manchester United. Itu menjadi awal total 17 gol Martial sepanjang 2015/2016. Ia pun menjadi pemain tersubur Manchester United pada musim tersebut.

Martial konsisten tajam bersama Manchester United selama 4 musim berikutnya. Sayangnya, performanya kemudian terus menurun. Setelah menetap selama 9 tahun, Martial akhirnya dilepas pada musim panas 2024. Ia meninggalkan Old Trafford dengan catatan 90 gol dalam 317 penampilan.

4. Joshua Zirkzee sempat menjadi pemain termahal yang pernah dijual Bologna

5 Striker Termahal yang Pernah Dibeli Manchester United, Ada ZirkzeeJoshua Zirkzee (manutd.com)

Joshua Zirkzee masuk ke urutan keempat daftar ini dengan harga 42,5 juta euro. Nilai itu layak jika melihat kontribusi Zirkzee bagi Bologna musim lalu. Sepanjang 2023/2024, ia membuat 12 gol dan 7 assist di semua ajang. Zirkzee juga meloloskan Bologna ke putaran final Liga Champions Eropa untuk pertama kali.

Nilai transfer Zirkzee tak hanya membuatnya jadi salah satu striker termahal Manchester United. Ia juga sempat menjadi pemain termahal yang pernah dilego Bologna. Namun, rekor itu pecah setelah Riccardo Calafiori dijual ke Arsenal tak lama kemudian.

5. Dimitar Berbatov dibeli pada 2008 dengan harga 38 juta euro

5 Striker Termahal yang Pernah Dibeli Manchester United, Ada ZirkzeeDimitar Berbatov (manutd.com)

Dimitar Berbatov bahkan masih termasuk daftar ini meski sudah lama pensiun. Berbatov adalah eks striker Bulgaria yang didatangkan Manchester United pada 2008. Ia digaet dari Tottenham Hotspur dengan harga 38 juta euro alias Rp669 miliar.

Pembelian itu efektif karena Berbatov mampu tampil apik bersama Setan Merah. Selama 4 musim bermukim di Old Trafford, Berbatov mencetak 56 gol dalam 149 penampilan. Andilnya juga turut menghasilkan 6 trofi, termasuk 2 trofi EPL.

Joshua Zirkzee masuk jejeran lima striker termahal dalam sejarah Manchester United. Empat striker lainnya sudah membuktikan kepantasan dihargai mahal dengan tampil tajam. Mampukah Zirkzee mengikuti jejak mereka?

Baca Juga: 6 Penyerang Belanda yang Membela Manchester United, Zirkzee Terbaru!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya