Rekor Belanda di Semifinal Euro, Ternyata Buruk

Belanda sering kalah pada semifinal Euro #EURO2024

Belanda bakal melakoni partai krusial saat menghadapi Inggris di semifinal Euro, Kamis dini hari WIB (11/7/2024), di Signal Iduna Park. Mereka harus melewati adangan Inggris demi bisa lolos ke final dan menghentikan nasib buruknya.

Ya, Belanda sudah lima kali main di semifinal Euro. Tapi, rekor mereka terbilang buruk dalam semifinal. Berikut ini adalah rekam jejak De Oranje dalam semifinal Euro sepanjang sejarahnya.

1. Semifinal Euro 1976 jadi suram buat Belanda

Rekor Belanda di Semifinal Euro, Ternyata BurukBelanda melawan Ceko pada semifinal Euro 1976. (uefa.com)

Belanda pertama kali tampil di Euro pada 1976. Saat itu, hanya ada empat negara peserta Euro. Turnamen pun langsung dimulai pada semifinal. Belanda yang bertemu Cekoslovakia bertarung sengit demi tiket ke final.

Cekoslovakia unggul lebih dulu melalui gol Anton Ondrus pada babak pertama. Namun, Ondrus pula yang membuat Belanda mampu menyamakan skor karena mencetak gol bunuh diri pada menit 73. Skor 1-1 terus bertahan hingga laga berlanjut ke perpanjangan waktu.

Jalannya laga masih sengit pada babak pertama perpanjangan waktu. Namun, Cekoslovakia akhirnya membungkam Belanda dengan gol-gol pada menit 114 dan 118. Cekoslovakia melangkah ke final dan akhirnya jadi juara. Belanda mendapat pelipur lara berupa peringkat ketiga usai mengalahkan Yugoslavia.

Baca Juga: 5 Penampilan Terakhir Belanda di Semifinal Euro

2. Menang di semifinal 1988 dan jadi juara

Rekor Belanda di Semifinal Euro, Ternyata BurukBelanda melawan Jerman pada semifinal Euro 1988. (uefa.com)

Belanda kembali menapak semifinal Euro pada edisi 1988. Lawan mereka saat itu adalah Jerman, musuh bebuyutan yang berstatus tuan rumah. Der Panzer jelas diunggulkan, apalagi sudah dua kali juara Euro. Namun, Marco van Basten dan kawan-kawan sukses membalikkan prediksi.

Sempat tertinggal lebih dulu gegara penalti Lothar Matthaus, Belanda sukses membalas via Ronald Koeman, juga dari titik putih. Skor 1-1 bertahan hingga laga memasuki menit 88. Saat itulah, Van Basten menunjukkan sinarnya.

Menerima umpan Jan Wouters, tembakan Van Basten ke sudut gawang Jerman tak tertahan. Belanda menang 2-1 dan mencapai final Euro untuk pertama kali. Bahkan, Belanda akhirnya juara usai mengalahkan Uni Soviet 2-0. Gelar tersebut disempurnakan keberhasilan Van Basten menjadi top scorer dengan lima gol.

3. Belanda kalah adu penalti dari Denmark pada semifinal Euro 1992

Rekor Belanda di Semifinal Euro, Ternyata BurukBabak adu penalti Belanda melawan Denmark pada semifinal Euro 1992. (youtube.com/UEFA)

Belanda tampil di Euro 1992 dengan status juara bertahan. Mereka tampil apik dan lolos ke semifinal sebagai juara Grup 2. Di semifinal, Belanda bentrok dengan Denmark, yang kurang meyakinkan penampilannya sepanjang fase grup. Namun, Belanda dikejutkan ledakan Denmark yang belakangan dijuluki Tim Dinamit.

Belanda dan Denmark sempat berbalas gol pada laga semifinal tersebut. Denmark unggul dua kali via brace Henrik Larsen. Namun, dua kali pula Belanda menyamakan kedudukan. Laga usai dengan skor 2-2 hingga 120 menit. Adu penalti pun digelar demi menentukan pemenang.

Seluruh penendang penalti Denmark sukses menjalankan tugas dengan baik. Sementara, satu pemain Belanda gagal dan itu adalah Van Basten, pahlawan Belanda di Euro 1988. Sepakan Van Basten dibaca dengan sempurna oleh Peter Schmeichel. Belanda tersingkir, sementara Denmark melanjutkan kejutan dengan memukul Jerman di final dan jadi juara.

4. Belanda kembali kalah adu penalti pada semifinal Euro 2000

Rekor Belanda di Semifinal Euro, Ternyata BurukBabak adu penalti Belanda melawan Italia pada semifinal Euro 2000. (x.com/EURO2024)

Adu penalti kembali menghentikan langkah Belanda pada semifinal Euro 2000. Belanda yang saat itu menjadi tuan rumah bertemu dengan Italia. Mereka lebih diunggulkan setelah tampil sempurna pada fase grup. Bahkan, Belanda sempat membantai Yugoslavia pada perempat final dengan skor 6-1.

Namun, lini serang Belanda dibuat tumpul oleh pertahanan kuat Italia. Gli Azzurri, khususnya harus berterima kasih kepada kipernya, Francesco Toldo. Dia menggagalkan dua tendangan penalti Belanda pada waktu normal. Skor 0-0 pun terus bertahan hingga perpanjangan waktu selesai.

Pada adu penalti, Toldo kembali menjadi tembok kokoh di bawah mistar Italia. Dia kembali menahan dua sepakan penalti Belanda. Artinya, Toldo membuat total empat penyelamatan penalti dalam laga tersebut. Gara-gara Toldo, Belanda pun kalah 1-3 dan gagal melangkah ke final.

5. Belanda kalah 1-2 dari Portugal pada semifinal Euro 2004

Rekor Belanda di Semifinal Euro, Ternyata BurukBelanda melawan Portugal pada semifinal Euro 2004. (x.com/selecaoportugal)

Terakhir kali Belanda melakoni laga semifinal Euro adalah pada edisi 2004. Saat itu, Belanda bersua Portugal yang berstatus tuan rumah. Belanda sudah tertinggal sejak menit 26 karena gol Cristiano Ronaldo. Maniche lalu menggandakan keunggulan Portugal pada babak kedua.

Belanda sempat memangkas ketertinggalan melalui gol bunuh diri Jorge Andrade. Namun, mereka tak mampu menambah gol pada sisa laga. Belanda pun kalah 1-2 dan tersingkir. Portugal juga akhirnya gagal juara usai dikalahkan Yunani di final.

Baca Juga: Belanda vs Inggris, Ajang Adu Kualitas Pemain Bintang

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Satria Permana
  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya