Rapor 5 Pemain Brasil Anyar di EPL 2023/2024 hingga Pekan ke-12

Mereka baru pertama kali bermain di EPL

English Premier League (EPL) sering diwarnai aksi banyak pemain asal Brasil. Beberapa nama yang menonjol pada masa lalu mencakup Gilberto Silva, Ramires, hingga Roberto Firmino. Ada pula sejumlah pemain yang kini masih aktif di EPL, seperti Alisson Becker, Thiago Silva, dan Casemiro.

Pada 2023/2024, beberapa pemain Brasil lain menyusul mereka ke EPL. Tepatnya, ada lima pemain dari Negeri Samba yang baru bergabung ke klub EPL untuk pertama kali. Seperti apa kiprah mereka pada musim debut? Inilah rapor pemain Brasil anyar di EPL 2023/2024 hingga pekan ke-12!

1. Igor Julio mulai sering bermain dalam beberapa pekan terakhir di EPL

Rapor 5 Pemain Brasil Anyar di EPL 2023/2024 hingga Pekan ke-12Igor Julio (instagram.com/igorjulio98)

Pertama, ada Igor Julio, bek anyar Brighton & Hove Albion. Igor didatangkan Brighton setelah jadi andalan Fiorentina dalam 2 musim terakhir. Namun, setelah bergabung ke Brighton, Igor tak langsung jadi pilihan utama.

Igor bahkan hanya jadi penghangat bangku cadangan dalam tujuh pekan pertama Premier League 2023/2024. Ia baru tampil pada pekan kedelapan, tetapi dari situ nasibnya berubah. Sejak itu, Igor selalu bermain dalam lima partai EPL beruntun, sebagian besar sebagai starter.

Sayangnya, Igor belum merasakan kemenangan bareng Brighton di EPL. Dalam lima penampilan, ia hanya membawa klubnya 4 kali bermain imbang dan 1 kali kalah. Posisi Brighton di klasemen pun perlahan tetapi pasti terus menurun.

2. Murillo kini tak tergantikan di lini belakang Nottingham Forest

Rapor 5 Pemain Brasil Anyar di EPL 2023/2024 hingga Pekan ke-12Murillo (instagram.com/officialnffc)

Murillo juga adalah bek tengah Brasil yang baru musim ini bermain di Premier League. Ia didatangkan langsung oleh Nottingham Forest dari klub Brasil, Corinthians. Uniknya, nasib Murillo cukup mirip dengan Igor Julio. Murillo baru mulai tampil di EPL 2023/2024 pada pekan ketujuh.

Meski demikian, sejak itu posisinya tak tergantikan di lini belakang Nottingham Forest. Ia pun sudah tampil enam kali di EPL, semuanya sebagai starter. Namun, Murillo belum bisa berbuat banyak mengangkat Nottingham Forest dari peringkat ke-15 klasemen.

Baca Juga: 5 Pemain Kamerun dengan Penampilan Terbanyak di EPL, Matip Termasuk

3. Andrey Santos baru tampil selama 7 menit di EPL 2023/2024

Rapor 5 Pemain Brasil Anyar di EPL 2023/2024 hingga Pekan ke-12Andrey Santos (instagram.com/andreysantos_5)

Tak hanya Murillo, Nottingham Forest memiliki pemain Brasil lain yang juga baru debut di Premier League. Ia adalah Andrey Santos, gelandang bertahan berusia 19 tahun. Namun, Andrey Santos hanya membela Forest sebagai pinjaman dari Chelsea.

Sejauh ini, Andrey Santos belum dapat banyak kesempatan tampil. Ia baru bermain satu kali selama 7 menit di EPL. Itu terjadi pada pekan ke-10 saat Nottingham Forest bertemu Liverpool. Debut singkat Andrey Santos di EPL itu pun berakhir dengan kekalahan 0-3 bagi Forest.

4. Matheus Franca belum memberi kontribusi bagi Crystal Palace

Rapor 5 Pemain Brasil Anyar di EPL 2023/2024 hingga Pekan ke-12Matheus Franca (instagram.com/matheus_franca04)

Pemain Brasil yang satu ini juga masih berusia 19 tahun. Matheus Franca adalah gelandang serang yang baru bergabung dengan Crystal Palace. Franca didatangkan karena memiliki potensi besar. Ia tampil gemilang selama membela Flamengo di Brasil pada 2021–2023.

Meski demikian, Franca pun tak serta-merta dapat jadi andalan Crystal Palace. Ia baru tampil dua kali di Premier League musim ini dengan total 31 menit bermain. Dalam dua penampilan singkat itu, Franca belum bisa memberi kontribusi berarti bagi The Eagles.

5. Vinicius Souza selalu tampil bagi Sheffield United dalam 12 pekan EPL 2023/2024

Rapor 5 Pemain Brasil Anyar di EPL 2023/2024 hingga Pekan ke-12Vinicius Souza (instagram.com/viniciusouza_8)

Satu lagi pemain Brasil debutan di Premier League 2023/2024 adalah Vinicius Souza. Ia merupakan gelandang 24 tahun yang didatangkan klub promosi, Sheffield United. Sebelumnya, Vinicius bermain di Belgia, tetapi sempat dipinjamkan ke Espanyol pada 2022/2023.

Di antara lima pemain di daftar ini, Vinicius Souza ternyata paling diandalkan klubnya. Ia bahkan selalu tampil di EPL 2023/2024 hingga pekan ke-12. Sayangnya, Vinicius tenggelam bersama performa buruk Sheffield United. Mereka belum keluar dari zona degradasi EPL sejak pekan ketiga.

Lima pemain Brasil di atas terbilang belum bersinar di EPL 2023/2024. Beberapa memang sudah jadi andalan, tetapi mereka belum mampu mengangkat performa klubnya. Akankah kiprah mereka membaik pada lanjutan musim ini?

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Tertua di Premier League, Thiago Silva Cetak Rekor!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya