5 Penyerang asal Asia Terakhir yang Memperkuat Klub Serie A Italia

Mehdi Taremi dan Ali Jasim terbaru

Serie A Italia bakal diramaikan beberapa pemain baru asal Benua Asia pada 2024/2025. Dua di antaranya berposisi penyerang, yaitu Mehdi Taremi dan Ali Jasim. Taremi diboyong Inter Milan secara gratis pada musim panas 2024. Sementara itu, Jasim merapat ke Como, klub yang baru promosi ke Serie A.

Kedatangan Taremi dan Jasim menegaskan bahwa pemain Asia makin mendapat tempat di Italia. Kepindahan penyerang asal Asia ke klub Serie A bukan lagi peristiwa langka. Lima nama berikut ini adalah contoh terbaru.

1. Han Kwang Song adalah pemain Korea Utara pertama yang bermain di Serie A

5 Penyerang asal Asia Terakhir yang Memperkuat Klub Serie A ItaliaHan Kwang Song (instagram.com/han.kwang.song16)

Pada 2017, Serie A Italia untuk pertama kalinya diramaikan penampilan pemain asal Korea Utara. Pemain tersebut adalah Han Kwang Song, striker Cagliari. Han yang saat itu baru berusia 18 tahun diberi kesempatan tampil bareng tim senior Cagliari. Ia bahkan sukses mencetak gol pada penampilan keduanya di Serie A.

Selama membela Cagliari, Han mencatat 12 penampilan, semuanya di Serie A. Ia sempat dipinjam Juventus 2019 dan dipermanenkan pada 2020. Namun, Han hanya bermain untuk tim reserve Bianconeri. Sejak 2022, Han meninggalkan Eropa dan melanjutkan karier di negaranya sendiri.

2. Eldor Shomurodov bermain di Serie A sejak 2020

5 Penyerang asal Asia Terakhir yang Memperkuat Klub Serie A ItaliaEldor Shomurodov (instagram.com/shomurodov.eldor)

Serie A kembali kedatangan striker dari Asia pada 2020. Ia adalah Eldor Shomurodov, striker Uzbekistan yang saat itu bergabung ke Genoa. Tak seperti Han Kwang Song, Shomurodov banyak dapat kesempatan tampil di Serie A. Shomurodov bermain 32 kali dan mencetak 8 gol pada musim pertamanya di Italia.

Aksi Shomurodov bersama Genoa menarik minat klub papan atas Serie A, AS Roma. Ia diboyong pada 2021 dan hingga kini masih membela Giallorossi. Namun, Shomurodov tak menjadi pilihan utama di lini depan AS Roma. Ia baru tampil 48 kali dan sempat dipinjamkan ke klub lain dalam 2 musim terakhir.

Baca Juga: Menanti Jay Idzes Cetak Sejarah di Serie A

3. Sardar Azmoun dipinjam AS Roma pada 2023/2024

5 Penyerang asal Asia Terakhir yang Memperkuat Klub Serie A ItaliaSardar Azmoun (instagram.com/sardar_azmoun)

Pada 2023/2024 lalu, AS Roma memboyong striker Asia lain. Sardar Azmoun digaet dari Bayer Leverkusen dengan status pinjaman. Azmoun adalah striker asal Iran yang sempat bersinar saat membela Zenit St Petersburg. Namun, ia gagal tampil maksimal bareng Leverkusen hingga dipinjamkan.

Bersama AS Roma, Azmoun hanya dijadikan pelapis. Ia tampil 29 kali di semua ajang pada 2023/2024, sebagian besar sebagai pengganti. Alhasil, Azmoun hanya bisa menciptakan 3 gol dan 2 assist. Ia pun dipulangkan AS Roma ke Bayer Leverkusen pada musim panas 2024.

4. Mehdi Taremi menjadi amunisi baru di lini depan Inter Milan

5 Penyerang asal Asia Terakhir yang Memperkuat Klub Serie A ItaliaMehdi Taremi (instagram.com/mehditaremiofficial9)

Meski Sardar Azmoun sudah pergi, Serie A 2024/2025 tetap akan dihiasi penampilan striker Iran. Mehdi Taremi yang baru didatangkan Inter Milan adalah salah satu pemain tersubur Timnas Iran. Ketajaman eks FC Porto itu juga sudah terbukti di level klub. Selama bermain di Primeira Liga Portugal dalam 5 musim terakhir, Taremi mencetak 82 gol.

Bersama Inter Milan, Taremi kemungkinan besar tak akan jadi striker utama. Nerazzurri punya Lautaro Martinez dan Marcus Thuram yang lebih muda dan tak kalah tajam. Namun, Taremi bisa menjadi pelapis berkualitas di lini depan Inter Milan.

5. Ali Jasim bisa tampil di Eropa untuk pertama kalinya bersama Como

5 Penyerang asal Asia Terakhir yang Memperkuat Klub Serie A ItaliaAli Jasim (instagram.com/ali_jasim.7)

Tak hanya Iran, Irak juga bakal diwakili satu pemain di Serie A 2024/2025. Ia adalah Ali Jasim, winger atau striker 20 tahun yang baru didatangkan Como. Bersama Como, Jasim berpeluang tampil di Eropa untuk pertama kalinya. Ia sebenarnya pernah diboyong klub Turki, Antalyaspor, pada 2023. Namun, Jasim tak sempat bermain bagi mereka.

Oleh Como, Jasim diberi kontrak 3 tahun alias hingga 2027. Jasim masuk radar Como terutama karena penampilan apiknya bersama Timnas Irak. Ia keluar sebagai top scorer Piala Asia U-23 2024. Jasim juga sudah tampil 13 kali bareng timnas senior dan mencetak 2 gol.

Lima striker Asia di atas bergabung ke klub Serie A dalam 7 tahun terakhir. Hal itu menunjukkan bahwa striker Asia makin dipercaya bisa bersaing di Italia. Adakah yang akan menyusul mereka sebelum bursa transfer musim panas 2024 ditutup?

Baca Juga: Profil Ali Jasim, Winger Muda Irak Gabung Como 1907

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya