7 Pencetak Gol Swiss di Euro 2024, Bobol Gawang 3 Tim Besar

Jerman, Italia, dan Inggris jadi korban #EURO2024

Timnas Swiss tampil memukau di Euro 2024 dan lolos dari fase grup tanpa terkalahkan. Mereka lalu membuat kejutan pada babak 16 besar dengan menyingkirkan Italia. Langkah Swiss baru terhenti oleh Inggris pada perempat final, itu pun melalui adu penalti.

Swiss juga patut berbangga dengan kesuburan mereka di Euro 2024. Tim asuhan Hakan Yakin mencetak 8 gol dalam 5 laga, tanpa penalti maupun gol bunuh diri lawan. Sumber gol mereka pun bukan satu atau dua pemain saja. Tujuh pemain berikut inil sukses menyumbang gol bagi Swiss di Euro 2024.

1. Kwadwo Duah mencatat debut impian di Euro dengan membobol gawang Hungaria

7 Pencetak Gol Swiss di Euro 2024, Bobol Gawang 3 Tim BesarKwadwo Duah (instagram.com/k.duah97)

Swiss mengawali Euro 2024 dengan meyakinkan. Mereka menang 3-1 atas Hungaria pada matchday pembuka Grup A. Kwadwo Duah mencetak gol pertama Swiss pada menit ke-12. Ia memanfaatkan umpan Michel Aebischer untuk menjebol gawang Hungaria. Sempat dikira offside, gol Duah disahkan setelah wasit berkonsultasi dengan tim VAR.

Bagi Duah, gol tersebut menandai debut impiannya di Euro. Striker 27 tahun itu baru pertama kali dipanggil timnas pada awal Juni 2024. Ia lalu dibawa ke Euro 2024 dan langsung membuat gol pada debutnya. Selain Hungaria, Duah juga sempat tampil melawan Jerman dan Italia. Ia turun sebagai pemain pengganti tetapi tidak mencetak gol.

2. Michel Aebischer membuat assist dan gol saat melawan Hungaria

7 Pencetak Gol Swiss di Euro 2024, Bobol Gawang 3 Tim BesarMichel Aebischer (instagram.com/michel.aebischer)

Salah satu aktor utama kemenangan Swiss atas Hungaria adalah Michel Aebischer. Setelah membuat assist bagi gol Kwadwo Duah, Aebischer sendiri juga mencetak gol. Sepakan terukurnya dari luar kotak penalti menjebol gawang Hungaria pada akhir babak pertama.

Gol itu pun spesial bagi Aebischer karena merupakan gol pertamanya bagi timnas. Ia sudah membela negaranya sejak 2019, tetapi baru kali ini mencetak gol. Aebischer sendiri adalah gelandang andalan Swiss di Euro 2024. Ia menjadi starter dalam semua laga timnya, bahkan hampir selalu tampil penuh.

3. Breel Embolo mencetak dua gol bagi Swiss di Euro 2024

7 Pencetak Gol Swiss di Euro 2024, Bobol Gawang 3 Tim BesarBreel Embolo (instagram.com/swissnatimen)

Pencetak gol ketiga Swiss pada laga melawan Hungaria di Grup A adalah Breel Embolo. Turun sebagai pengganti, Embolo membuat gol pada injury time babak kedua. Ia memanfaatkan kesalahan bek lawan untuk menguasai bola di kotak penalti lawan. Tanpa kesulitan, Embolo lalu melambungkan bola melewati kiper Hungaria.

Itu bukan satu-satunya gol Embolo di Euro 2024. Ia kembali pamer ketajaman saat Swiss bentrok dengan Inggris pada perempat final. Gol Embolo pada menit ke-75 sempat membuat Swiss unggul. Sayangnya, mereka lalu tertahan imbang dan akhirnya kalah adu penalti.

Baca Juga: 3 Gol Xherdan Shaqiri di 3 Edisi Euro, Ciptakan Sejarah!

4. Xherdan Shaqiri mencetak gol indah ke gawang Skotlandia pada laga kedua fase grup

7 Pencetak Gol Swiss di Euro 2024, Bobol Gawang 3 Tim BesarXherdan Shaqiri (instagram.com/swissnatimen)

Berikutnya, ada Xherdan Shaqiri, gelandang senior Swiss yang masih dibawa ke Euro 2024. Shaqiri memang tidak menjadi pemain inti Swiss. Namun, ia sempat menunjukkan tajinya pada laga kedua grup melawan Skotlandia. Shaqiri membobol gawang Skotlandia melalui sepakan melengkung dari luar kotak penalti.

Gol tersebut makin menegaskan ciri khas Shaqiri di Euro. Ia memang rutin mencetak gol indah di Euro sejak edisi 2016. Gol ke gawang Skotlandia sendiri adalah torehan kelima Shaqiri di Euro. Ia pun mantap sebagai pemain Swiss tersubur dalam sejarah Euro.

5. Dan Ndoye hampir membawa Swiss menang atas Jerman pada fase grup

7 Pencetak Gol Swiss di Euro 2024, Bobol Gawang 3 Tim BesarDan Ndoye (instagram.com/swissnatimen)

Satu lagi pencetak gol Swiss pada fase grup Euro 2024 adalah Dan Ndoye. Gelandang 23 tahun itu membobol gawang Jerman pada laga terakhir Grup A. Ndoye menyontek bola hasil umpan Remo Freuler pada menit ke-28. Swiss pun unggul 1-0 atas sang tuan rumah.

Keunggulan Swiss sempat bertahan hingga laga hampir usai. Sayangnya, gol Ndoye gagal menjadi gol kemenangan timnya. Jerman menyamakan kedudukan pada injury time untuk memasakan hasil imbang 1-1.

6. Remo Freuler melengkapi 2 assist pada fase grup dengan 1 gol pada babak knockout Euro 2024

7 Pencetak Gol Swiss di Euro 2024, Bobol Gawang 3 Tim BesarRemo Freuler (instagram.com/swissnatimen)

Remo Freuler tampil apik pada fase grup Euro 2024 dengan membuat dua assist. Memasuki fase knockout, ia melengkapi torehannya dengan mencetak gol. Freuler mencetak gol pertama Swiss saat membekuk juara bertahan Italia pada babak 16 besar.

Berawal dari umpan Ruben Vargas, Freuler menerima bola di kotak penalti Italia. Sentuhan Freuler sempat membuat bola melambung. Namun, ia justru memanfaatkannya untuk melepaskan sepakan voli menembus gawang Azzurri. Selain mengawali kemenangan Swiss, gol itu spesial bagi Freuler karena merupakan gol pertamanya di Euro.

7. Ruben Vargas memastikan kemenangan Swiss atas Italia dengan gol cantik

7 Pencetak Gol Swiss di Euro 2024, Bobol Gawang 3 Tim BesarRuben Vargas (instagram.com/swissnatimen)

Ruben Vargas adalah pembuat assist untuk gol pertama Swiss ke gawang Italia. Ia lalu menyempurnakan performanya dengan mencetak gol kedua Swiss. Gol Vargas bahkan tercipta dengan cantik. Ia melepaskan tendangan dari sudut kotak penalti yang tak bisa dijangkau kiper lawan.

Aksi Vargas mengunci kemenangan Swiss atas Italia dengan skor 2-0. Ia juga diganjar penghargaan Man of the Match pada akhir laga. Sayangnya, Vargas tak bisa berbuat banyak saat Swiss ditaklukkan Inggris pada perempat final.

Swiss mampu mencetak gol melalui tujuh pemain di Euro 2024. Mereka juga sukses menjebol gawang Jerman, Italia, dan Inggris. Meski sudah gugur, performa Swiss di Euro 2024 patut diacungi jempol!

Baca Juga: Dituding Tolak Ambil Penalti Saat Inggris vs Swiss, Foden Bela Diri

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya