4 Pemain yang Mencatat Rekor Tertua di Euro 2024, Ada yang Juara!

Masih bisa bersaing dengan pemain muda #EURO2024

Euro 2024 telah selesai dengan keluarnya Spanyol sebagai juara. La Furia Roja meraih gelar keempat, rekor terbanyak dalam sejarah Euro. Namun, Spanyol bukan satu-satunya peraih rekor di Euro 2024. Turnamen di Jerman itu juga dihiasi sejumlah momen individual yang tercatat dalam buku sejarah.

Beberapa rekor di Euro 2024 diciptakan oleh pemain yang sudah tua. Mereka seolah ingin membuktikan bahwa dirinya belum habis dan tak kalah dari para pemain muda. Empat pemain berikut ini membuat rekor dengan embel-embel tertua di Euro 2024.

1. Luka Modric menjadi pencetak gol tertua dalam sejarah Euro

4 Pemain yang Mencatat Rekor Tertua di Euro 2024, Ada yang Juara!Luka Modric (x.com/EURO2024)

Pertama, ada Luka Modric, kapten Timnas Kroasia. Modric membuat rekor saat membuat gol ke gawang Italia pada matchday terakhir Grup B. Ia tercatat sebagai pencetak gol tertua dalam sejarah Euro. Usia Modric saat itu tepatnya adalah 38 tahun 289 hari.

Berkat aksinya itu, Modric juga diganjar penghargaan Man of the Match. Namun, rekor dan penghargaan itu tak berarti banyak bagi Modric. Pasalnya, Kroasia tetap gagal mengalahkan Italia. Mereka tertahan 1-1 gara-gara kebobolan pada menit akhir. Alhasil, langkah Kroasia terhenti pada fase grup dengan koleksi hanya dua poin.

2. Cristiano Ronaldo adalah kapten tertua yang tampil di Euro

4 Pemain yang Mencatat Rekor Tertua di Euro 2024, Ada yang Juara!Cristiano Ronaldo (x.com/EURO2024)

Cristiano Ronaldo sebenarnya sempat berpeluang memecahkan rekor Luka Modric. Berusia 39 tahun, CR7 bakal jadi pencetak gol tertua jika bisa menjebol gawang lawan di Euro 2024. Sayangnya, striker Portugal itu gagal melakukannya. Kans membuat gol dari titik penalti pun tak mampu dimanfaatkan Ronaldo pada babak 16 besar.

Meski demikian, Ronaldo tetap mencatat beberapa rekor di Euro 2024. Ia menjadi pemain pertama yang tampil dalam enam edisi Euro. Ronaldo juga kini berstatus pembuat assist terbanyak di Euro. Torehan satu assist pada fase grup Euro 2024 membuat koleksinya bertambah jadi delapan.

Ronaldo juga mencatat rekor sebagai kapten tertua yang tampil di Euro. Ia memimpin skuad Portugal saat menantang Prancis pada babak perempat final. Usianya pada laga tersebut adalah 39 tahun 151 hari. Sayangnya, ia tak mampu mempertajam rekor tersebut karena Portugal kalah dan tersingkir.

Baca Juga: 3 Supersub Spanyol selama Euro 2024

3. Pepe masih solid berlaga di Euro 2024 pada usia 41 tahun

4 Pemain yang Mencatat Rekor Tertua di Euro 2024, Ada yang Juara!Pepe (instagram.com/euro2024)

Laga Portugal melawan Prancis pada perempat final Euro 2024 juga spesial bagi Pepe. Bek Portugal itu masih dipercaya tampil penuh meski sudah berusia 41 tahun 130 hari. Pepe pun memantapkan status sebagai pemain tertua yang pernah berlaga di Euro.

Pepe bahkan mencatat rekor tersebut sembari tampil heroik. Ia menjadi bek terbaik Portugal pada laga melawan Prancis, mengungguli rekan-rekannya yang masih muda. Aksi Pepe turut membuat gawang Portugal aman selama 120 menit. Sayangnya, Selecao das Quinas tetap tersingkir gara-gara kalah adu penalti.

4. Jesus Navas menjadi pemain tertua yang menjuarai Euro

4 Pemain yang Mencatat Rekor Tertua di Euro 2024, Ada yang Juara!Jesus Navas mengangkat trofi Euro 2024. (instagram.com/sefutbol)

Seorang pemain tua juga menciptakan rekor pada akhir Euro 2024. Ia adalah Jesus Navas, bek kanan Spanyol. Berkat keberhasilan Spanyol menjuarai Euro 2024, Navas pun tercatat dalam buku rekor. Ia menjadi pemain tertua yang pernah memenangi Euro, dengan usia 38 tahun 236 hari.

Navas mengalahkan rekor yang sebelumnya dipegang bek Portugal, Ricardo Carvalho. Carvalho berusia 38 tahun 53 hari saat Portugal menjuarai Euro 2016. Namun, seperti Carvalho pada 2016, Navas juga tidak tampil di final Euro 2024.

Dengan demikian, Navas gagal mematahkan rekor Jens Lehmann sebagai pemain tertua di final Euro. Lehmann berusia 38 tahun 232 hari saat berlaga di final Euro 2008. Sementara, pemain tertua yang tampil sekaligus menang di final Euro adalah Arnold Muhren. Ia membawa Belanda memenangi final Euro 1988 pada usia 37 tahun 23 hari.

Euro 2024 tak hanya milik para pemain muda. Empat pemain tua di atas pun tak mau ketinggalan membuat sensasi. Sampai kapan rekor yang mereka ciptakan di Euro 2024 akan bertahan?

Baca Juga: 5 Kiper yang Menahan Tendangan Penalti di Euro 2024, Heroik!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya