5 Pemain yang Kembali ke LaLiga pada Musim Panas 2024

Ada yang berpengalaman juara LaLiga

Intinya Sih...

  • Pemain anyar di LaLiga 2024/2025 sudah berpengalaman di liga tersebut sebelumnya, seperti Diego Llorente yang pernah membela empat klub berbeda di LaLiga.
  • Adrian San Miguel kembali ke Real Betis setelah tampil 32 kali di LaLiga pada musim 2012/2013 sebagai bagian dari akademi Real Betis.
  • James Rodriguez bergabung ke Rayo Vallecano dengan pengalaman sukses bersama Real Madrid dan menjadi andalan di lini tengah mereka.

LaLiga Spanyol adalah salah satu liga sepak bola terbaik di dunia. Banyak pemain yang punya impian bermain di sana. Daya pikat LaLiga bahkan kerap menarik para pemain yang sudah hengkang. Tidak jarang, pemain yang meninggalkan LaLiga memilih untuk kembali.

Hal itu terjadi lagi pada bursa transfer musim panas 2024. Ada banyak pemain anyar yang bergabung ke LaLiga dari luar Spanyol. Sebagian dari mereka sudah pernah bermain di LaLiga. Misalnya lima nama berikut ini.

1. Diego Llorente berpengalaman membela empat klub LaLiga sebelum digaet Real Betis

5 Pemain yang Kembali ke LaLiga pada Musim Panas 2024Diego Llorente (instagram.com/diego_2llorente)

Pertama, ada Diego Llorente, bek senior Spanyol yang merapat ke Real Betis. Llorente digaet Real Betis dari Leeds United, klub yang dibelanya selama 4 tahun. Meski cukup lama berkarier di Inggris, Llorente sama sekali tak asing dengan atmosfer LaLiga. Malah, ia punya pengalaman tampil di LaLiga bersama empat klub berbeda.

Llorente pernah membela Real Madrid, Rayo Vallecano, Malaga, dan Real Sociedad. Real Betis pun menjadi klub LaLiga kelima yang ia perkuat. Kaya pengalaman menjadi salah satu alasan Llorente langsung diandalkan Real Betis. Sejak bergabung, ia telah bermain lima kali bagi klub barunya, semuanya sebagai starter.

2. Adrian kembali ke Real Betis setelah habis kontrak di Liverpool

5 Pemain yang Kembali ke LaLiga pada Musim Panas 2024Adrian (instagram.com/realbetisbalompie)

Real Betis juga menggaet kiper anyar dari klub Inggris. Ia adalah Adrian San Miguel, kiper pelapis Liverpool dalam 5 musim terakhir. Adrian bergabung ke Real Betis setelah kontraknya di Liverpool habis. Ia meninggalkan The Reds dengan catatan 36 penampilan dan raihan lima gelar juara.

Adrian sendiri sama sekali bukan sosok asing bagi Real Betis. Ia adalah jebolan akademi mereka sendiri. Adrian sempat membela tim utama Real Betis pada 2012/2013. Meski hanya semusim, ia tampil 32 kali di LaLiga musim tersebut. Kini, Adrian berpeluang menambah koleksi penampilannya di LaLiga.

Baca Juga: 5 Pemain Termahal Liverpool dari Klub LaLiga

3. James Rodriguez gabung Rayo Vallecano berbekal pengalaman sukses di Real Madrid

5 Pemain yang Kembali ke LaLiga pada Musim Panas 2024James Rodriguez (instagram.com/jamesrodriguez10)

LaLiga Spanyol juga bakal kembali dihiasi aksi James Rodriguez pada 2024/2025. James kembali ke LaLiga untuk pertama kalinya sejak 2020. Saat itu, ia menyudahi kariernya bersama Real Madrid setelah 6 tahun. Prestasi James bersama Los Blancos sendiri mencakup dua trofi LaLiga pada 2016/2017 dan 2019/2020.

Berbekal pengalaman sukses itu, James bergabung ke Rayo Vallecano pada musim panas 2024. Usia sang gelandang Kolombia memang sudah tak muda, tepatnya 33 tahun. Namun, kualitas dan pengalaman James bakal jadi aset berharga bagi Vallecano. Ia diberi nomor punggung 10 dan kemungkinan besar bakal jadi andalan di lini tengah mereka.

4. Jasper Cillessen pernah membela Barcelona dan Valencia

5 Pemain yang Kembali ke LaLiga pada Musim Panas 2024Jasper Cillessen (instagram.com/jaspercillessen)

Las Palmas juga mendapatkan pemain anyar dengan pengalaman dua kali juara LaLiga. Ia adalah Jasper Cillessen, kiper Belanda yang pernah memperkuat Barcelona. Meski hanya pelapis, Cillessen sukses memenangi lima trofi bareng Blaugrana pada 2016–2019. Setelah itu, ia juga sempat berseragam Valencia selama 3 musim.

Dalam 2 musim terakhir, Cillessen membela NEC Nijmegen di negaranya sendiri. Namun, ia kini siap kembali meramaikan LaLiga Spanyol. Cillessen langsung dilpot menjadi kiper utama Las Palmas setelah bergabung. Ia sudah tampil empat kali bagi klub barunya, tetapi belum berhasil membawa mereka menang.

5. Pape Gueye sempat bermain di LaLiga meski hanya sebagai pinjaman

5 Pemain yang Kembali ke LaLiga pada Musim Panas 2024Pape Gueye (instagram.com/villarrealcf)

Sementara, Pape Gueye punya pengalaman tampil dalam 16 partai LaLiga pada 2022/2023. Namun, status Gueye saat itu hanya pinjaman di Sevilla dari Olympique Marseille. Kini, Gueye sudah resmi menjadi pemain tetap di klub LaLiga. Ia digaet Villarreal dari Marseille pada musim panas 2024.

Gueye sendiri adalah gelandang bertahan asal Senegal berusia 25 tahun. Sejak bergabung ke Villarreal, ia sudah tampil empat kali di LaLiga 2024/2025. Sialnya, Gueye terkena kartu merah pada penampilan terakhirnya.

Lima nama di atas berstatus pemain anyar di LaLiga 2024/2025. Namun, mereka sudah berpengalaman bermain di LaLiga sebelumnya. Bermodal pengalaman tersebut, mampukah mereka bersinar di LaLiga musim ini?

Baca Juga: 4 Pemain LaLiga Ini Paling Sering Mencetak Gol Pembuka sejak 2023/2024

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya