5 Pemain yang Juara Liga Domestik Bersama PSG dan Real Madrid

Kylian Mbappe berpeluang menyusul

Kylian Mbappe memulai lembaran baru dalam kariernya pada 2024/2025. Setelah 7 tahun membela Paris Saint-Germain (PSG), ia hijrah ke Real Madrid. Mbappe meninggalkan PSG dengan sejumlah prestasi, termasuk enam trofi Ligue 1 Prancis.

Kini, sang striker Prancis siap meraih sukses serupa bersama Real Madrid. Kemungkinan besar, incaran utama Mbappe adalah memenangi Liga Champions Eropa. Namun, ia tentu juga ingin mengangkat trofi LaLiga Spanyol. Bersama Real Madrid, kans Mbappe melakukannya terbilang besar. Los Blancos sedang dominan di LaLiga dengan 3 kali juara dalam 5 musim terakhir.

Mbappe sendiri adalah satu dari sekian banyak pemain yang pernah membela PSG dan Real Madrid. Sebagian dari mereka sukses menjuarai liga domestik bersama kedua klub. Inilah lima nama di antaranya.

1. David Beckham menjuarai liga domestik di Inggris, Spanyol, dan Prancis

5 Pemain yang Juara Liga Domestik Bersama PSG dan Real MadridDavid Beckham (realmadrid.com)

Pertama, ada David Beckham, gelandang Inggris yang melegenda bersama Manchester United. Beckham memenangi 12 trofi bareng Setan Merah, termasuk 6 trofi English Premier League. Namun, Beckham bukan sekadar jago kandang. Ia juga sukses di Spanyol bersama Real Madrid dan di Prancis bersama PSG.

Beckham memperkuat Real Madrid pada 2003–2007. Ia merupakan bagian dari skuad Los Galacticos yang sayangnya tak banyak meraih trofi. Beruntung, Beckham sempat menjuarai LaLiga pada 2006/2007 alias musim terakhirnya di Spanyol.

Beckham lalu sempat bermain di Amerika Serikat sembari memopulerkan Major League Soccer (MLS). Namun, ia akhirnya menutup kariernya di Eropa. Beckham bergabung ke PSG pada Januari 2013. Ia tampil sepuluh kali di Ligue 1 2012/2013 dan turut membawa Les Parisiens juara. Pada akhir musim, Beckham mengumumkan keputusannya gantung sepatu.

2. Angel Di Maria meraih 1 trofi LaLiga dan 5 trofi Ligue 1

5 Pemain yang Juara Liga Domestik Bersama PSG dan Real MadridAngel Di Maria (psg.fr)

Angel Di Maria juga hanya memenangi satu trofi LaLiga dalam 4 musim berseragam Real Madrid. Namun, raihannya itu disertai sejumlah rekor. Di Maria turut membawa Los Blancos juara LaLiga 2011/2012 dengan koleksi poin dan gol terbanyak. Winger Argentina itu juga memenangi lima trofi lain bersama Real Madrid.

Usai meninggalkan Real Madrid, Di Maria sempat flop di Manchester United. Beruntung, kariernya naik lagi bersama PSG. Ia berseragam PSG pada 2015–2022 dan memenangi 19 trofi, termasuk 5 trofi Ligue 1. Di Maria pun memegang rekor sebagai pemain Argentina dengan koleksi trofi Ligue 1 terbanyak.

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Termuda Real Madrid di Liga Champions

3. Keylor Navas bergelimang trofi bersama Real Madrid dan PSG

5 Pemain yang Juara Liga Domestik Bersama PSG dan Real MadridKeylor Navas (instagram.com/keylornavas1)

Ada pula penjaga gawang yang bergelimang sukses bersama Real Madrid dan PSG. Ia adalah Keylor Navas, kiper asal Kosta Rika. Navas membela Real Madrid pada 2014–2019 dan sempat menjadi kiper utama selama 3 musim. Prestasinya mencakup 12 gelar juara, termasuk trofi LaLiga 2016/2017.

Navas lalu hijrah dari Real Madrid ke PSG pada 2019. Ia menetap selama 5 musim dan meraih 10 trofi, termasuk 3 trofi Ligue 1. Navas meninggalkan PSG pada akhir 2023/2024 setelah habis kontrak. Namun, ia belum mendapatkan klub baru hingga pertengahan September 2024.

4. Sergio Ramos melegenda di Real Madrid, tetapi sempat terbuang ke PSG

5 Pemain yang Juara Liga Domestik Bersama PSG dan Real MadridSergio Ramos (instagram.com/sergioramos)

Sergio Ramos yang melegenda bersama Real Madrid pun sempat hijrah ke PSG. Ramos loyal membela Real Madrid pada 2005–2021 dan meraih banyak prestasi. Ia tampil 671 kali Los Blancos, rekor terbanyak keempat dalam sejarah mereka. Ramos juga meraih 22 trofi bareng Real Madrid, termasuk 5 gelar juara LaLiga.

Sayangnya, Ramos seolah terbuang dari Real Madrid pada 2021. Ramos saat itu habis kontrak, tetapi masih ingin bertahan di Real Madrid. Namun, Los Blancos hanya menawari perpanjangan kontrak 1 tahun. Ramos yang merasa layak mendapat tawaran lebih pun menolak dan memutuskan hengkang.

Ramos lalu bergabung ke PSG dan menetap selama 2 tahun. Meski banyak diganggu cedera, ia sempat memenangi 2 trofi Ligue 1 dan 1 Piala Super Prancis. Kini, Ramos sedang berstatus tanpa klub usai meninggalkan Sevilla pada musim panas 2024.

5. Marco Asensio tiga kali juara LaLiga bareng Real Madrid dan kini mulai mengoleksi trofi Ligue 1

5 Pemain yang Juara Liga Domestik Bersama PSG dan Real MadridMarco Asensio (instagram.com/marcoasensio10)

Ada pula eks pemain Real Madrid yang kini masih aktif membela PSG. Ia adalah Marco Asensio, winger Spanyol yang memperkuat Real Madrid pada 2014–2023. Asensio punya koleksi 16 trofi bersama Los Blancos, termasuk 3 trofi LaLiga. Namun, seperti Ramos, ia dibiarkan pergi oleh Real Madrid setelah kontraknya habis.

Asensio lalu merapat ke PSG dan diberi kontrak 3 tahun. Ia tak banyak tampil pada 2023/2024 lalu, tetapi sudah mendapatkan trofi Ligue 1 pertamanya. Musim ini, Asensio sudah lebih diandalkan PSG dan siap meraih tambahan trofi.

Real Madrid dan PSG adalah klub yang dominan di liga domestik masing-masing. Tak heran jika banyak pemain yang bisa menjuarai liga bersama kedua klub. Kemungkinan besar, Kylian Mbappe pun bakal menyusul capaian para pemain tersebut.

Baca Juga: 4 Pemain Kunci yang Tinggalkan PSG pada Musim Panas 2024

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya