4 Pemain Turki yang Merumput di Serie A 2023/2024

Hakan Calhanoglu paling lama berkarier di Serie A

Serie A Italia pernah diramaikan sejumlah pemain asal Turki. Salah satunya Emre Belozoglu, eks gelandang top Turki. Ada pula Hakan Sukur, top skor sepanjang masa Timnas Turki. Pada era yang lebih modern, ada Merih Demiral, bek tengah yang pernah meraih scudetto bareng Juventus.

Saat ini, para pemain tersebut sudah tidak bermain di Italia. Namun, masih ada penerus mereka yang kini berkiprah di Serie A. Dua di antaranya baru bergabung pada musim panas 2023. Inilah empat pemain Turki yang merumput di Serie A 2023/2024.

1. Hakan Calhanoglu pemain Turki yang paling lama bermain di Serie A

4 Pemain Turki yang Merumput di Serie A 2023/2024Hakan Calhanoglu (instagram.com/hakancalhanoglu)

Pertama, ada Hakan Calhanoglu, gelandang Inter Milan. Calhanoglu saat ini sedang menjalani musim ketujuh di Serie A Italia. Maka, ia sah menjadi pemain Turki yang paling lama bermain di Serie A. Jumlah penampilan Calhanoglu pun adalah yang terbanyak, yaitu 209 laga di Serie A.

Sebagian besar penampilan di Serie A ia lakoni bersama AC Milan. Calhanoglu memang sempat memperkuat Rossoneri selama 4 musim sebelum membelot ke Inter Milan. Bersama Inter Milan, jumlah penampilan Calhanoglu di Serie A bisa terus bertambah.

Calhanoglu juga telah memenangi 2 trofi Coppa Italia dan 2 Piala Super Italia bareng Inter Milan. Sayangnya, ia belum pernah meraih scudetto. Saat AC Milan juara Serie A 2021/2022, Calhanoglu sudah keburu pindah. Namun, ia punya peluang membawa Inter Milan menyabet scudetto pada 2023/2024 ini.

2. Mehmet Zeki Celik kerap dirotasi di AS Roma

4 Pemain Turki yang Merumput di Serie A 2023/2024Mehmet Zeki Celik (instagram.com/zekicelik17)

Sementara, Mehmet Zeki Celik mulai bermain di Serie A pada 2022/2023 lalu. Ia membela AS Roma setelah sukses di Ligue 1 Prancis bersama LOSC Lille. Musim pertama Celik di Italia terbilang cukup bagus. Ia bermain 34 kali di semua ajang, termasuk 24 laga Serie A.

Celik juga turut membawa AS Roma ke final Europa League 2022/2023. Namun, posisi Celik di tim inti Giallorossi sebenarnya tak melulu aman. Ia kerap dirotasi dan bahkan makin sering tersisih. Musim ini, Celik baru tampil satu kali saja bersama Roma.

Baca Juga: 4 Bek Aktif Inter Milan yang Direkrut dari Sesama Klub Italia

3. Kenan Yildiz debut di Serie A 2023/2024

4 Pemain Turki yang Merumput di Serie A 2023/2024Kenan Yildiz (instagram.com/kenanyildiz_official)

Ada pula dua pemain Turki yang baru bermain di Serie A pada 2023/2024 ini. Salah satunya Kenan Yildiz, gelandang 18 tahun jebolan akademi Juventus. Yildiz lahir di Jerman, tetapi sejauh ini memilih untuk membela timnas junior Turki.

Yildiz saat ini masih berstatus pemain tim junior Juventus. Namun, ia sudah melakoni debut di Serie A 2023/2024 sejak pekan pertama. Yildiz bahkan sudah tiga kali tampil di Serie A meski hanya beberapa menit. Besar kemungkinan jumlah itu akan terus bertambah sepanjang musim ini.

4. Berkan Kutlu dipinjam Genoa dari Galatasaray

4 Pemain Turki yang Merumput di Serie A 2023/2024Berkan Kutlu (instagram.com/iamberkankutlu)

Terakhir, ada Berkan Kutlu, gelandang 25 tahun yang berstatus pinjaman di Serie A 2023/2024. Kutlu sedang dipinjam Genoa dari klub raksasa Turki, Galatasaray. Sejauh ini, ia sudah bermain tiga kali bagi Genoa, semuanya sebagai pengganti.

Sebagai gelandang, Kutlu memiliki fleksibilitas tinggi. Dalam tiga penampilan bersama Genoa, ia bahkan selalu melakoni peran berbeda. Jika diberi lebih banyak kesempatan, maka Kutlu bisa jadi aset berharga di lini tengah Genoa.

Pemain Turki yang paling disorot di Serie A 2023/2024 tentu adalah Hakan Calhanoglu. Namun, kiprah tiga pemain lain juga layak diamati. Siapa di antara mereka yang bakal paling bersinar musim ini?

Baca Juga: Saat Liam Gallagher Sindir Suporter Inter Milan dalam Konser

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya