5 Pemain Terakhir yang Dilepas Liverpool ke Luar Eropa

Jordan Henderson dan Fabinho bisa menyusul

Eksodus pemain Liverpool pada musim panas 2023 sepertinya masih akan berlanjut. Setelah melepas permanen 4 pemain, The Reds berpotensi kehilangan 2 penggawa lagi. Jordan Henderson dan Fabinho sama-sama sedang diincar klub Arab Saudi.

Liverpool juga sudah melepas Roberto Firmino ke klub Arab Saudi, Al Ahli. Maka, The Reds bisa jadi bakal ditinggal tiga pemainnya sekaligus ke Asia. Itu akan jadi catatan unik mengingat Liverpool jarang melepas pemain ke luar Eropa.

Sejauh ini, inilah lima pemain terakhir yang dilepas Liverpool ke luar Eropa.

1. Doni

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Liverpool ke Luar EropaDoni (liverpoolfc.com)

Pertama, ada Donieber Alexander Marangon atau biasa dipanggil Doni. Ia adalah kiper asal Brasil yang berseragam Liverpool pada 2011–2013. Doni diboyong Liverpool setelah meraih banyak prestasi bersama AS Roma. Namun, bersama Liverpool, ia hanya diplot sebagai pelapis.

Doni bertahan selama 1,5 musim di Liverpool dan mencatat 4 penampilan. Ia dilepas ke klub Brasil, Botafogo, pada paruh musim 2012/2013. Botafogo sendiri akhirnya menjadi klub terakhir Doni. Ia pensiun pada akhir 2012/2013 tanpa sempat bermain bagi mereka.

2. Oussama Assaidi

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Liverpool ke Luar EropaOussama Assaidi (twitter.com/LFC)

Dalam sejarahnya, hanya segelintir pemain yang pernah dilepas Liverpool ke klub Asia. Oussama Assaidi adalah salah satu di antara yang sedikit itu. Assaidi dilepas Liverpool ke Al-Ahli Dubai, klub asal Uni Emirat Arab, pada Januari 2015.

Assaidi sendiri adalah winger asal Maroko. Ia bergabung dengan Liverpool pada 2012, tetapi hanya bermain semusim sebelum dipinjamkan ke klub lain. Catatan Assaidi selama berseragam Liverpool hanyalah 12 penampilan dan sumbangan 1 assist di semua ajang.

Baca Juga: Liverpool Jadi Korban Serbuan Uang Arab Saudi

3. Steven Gerrard

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Liverpool ke Luar EropaSteven Gerrard (liverpoolfc.com)

Steven Gerrard sang legenda Liverpool pun termasuk pemain yang pernah dilepas ke luar Eropa. Setelah loyal mengabdi mulai pada 1998, ia akhirnya meninggalkan Liverpool pada 2015. Ia pergi secara gratis setelah kontraknya tidak diperpanjang The Reds.

Enam bulan sebelum pergi, Gerrard sudah sepakat untuk merapat ke klub Major League Soccer (MLS) Amerika Serikat, LA Galaxy. Gerrard pun sempat memainkan 39 laga bersama LA Galaxy sebelum pensiun pada 2016. Setelah itu, ia beralih profesi menjadi pelatih.

Uniknya, Gerrard kini bisa menjadi arsitek di balik kepindahan pemain Liverpool ke luar Eropa. Gerrard baru saja diresmikan sebagai pelatih klub Arab Saudi, Al-Ittifaq. Ia pun tengah berburu pemain baru pada musim panas 2023, salah satunya kapten Liverpool, Jordan Henderson.

4. Allan

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Liverpool ke Luar EropaAllan (liverpoolfc.com)

Berikutnya, ada Allan Rodrigues de Souza, gelandang asal Brasil. Allan bergabung dengan Liverpool pada 2015. Saat itu usianya baru 18 tahun, sehingga ia dipinjamkan ke klub-klub lain untuk menambah jam terbang.

Sayangnya, Allan akhirnya selalu hanya jadi pemain pinjaman. Ia tak pernah dapat kesempatan tampil bersama Liverpool. Pada Januari 2020, Allan akhirnya dijual The Reds. Ia kembali ke negara asalnya dan bergabung dengan Atletico Mineiro.

5. Roberto Firmino

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Liverpool ke Luar EropaRoberto Firmino (instagram.com/roberto_firmino)

Roberto Firmino adalah pemain terbaru yang dilepas Liverpool ke klub luar Eropa. Firmino meninggalkan Liverpool secara gratis setelah kontraknya habis pada musim panas 2023. Ia sudah resmi bergabung dengan klub Arab Saudi, Al Ahli.

Bagi Liverpool, kepergian Firmino adalah kehilangan yang cukup besar. Firmino dikenal sebagai pemain yang tidak egois dan nyaris tak pernah membuat masalah. Kualitasnya sebagai penggedor jala lawan pun tak perlu diragukan.

Selama 8 musim berseragam Liverpool, Firmino bermain 362 kali dan mengoleksi 111 gol serta 79 assist. Total tujuh trofi yang didapat Liverpool dalam 5 musim terakhir pun tak lepas dari andil Firmino. Rasanya pantas jika ia digolongkan sebagai legenda Liverpool.

Lima pemain di atas hijrah dari Liverpool dan bergabung dengan klub di luar Eropa. Apakah Jordan Henderson dan Fabinho bakal menyusl mereka dalam waktu dekat?

Baca Juga: Liverpool Kehilangan Henderson, Gabung Gerrard di Arab Saudi

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya