3 Pemain Swiss yang Menjuarai Liga Top Eropa pada 2023/2024

Ketiganya meraih lebih dari satu trofi

Swiss adalah negara dengan prestasi semenjana di dunia sepak bola. Timnas Swiss sering ikut Piala Dunia dan Piala Eropa, tetapi capaian mereka biasa saja. Nama Swiss di dunia sepak bola pun lebih sering diangkat para pemain mereka di level klub. Cukup banyak pemain Swiss yang pernah berprestasi di liga-liga top Eropa.

Hal itu terbukti lagi pada 2023/2024. Beberapa pemain Swiss yang bermain di liga top Eropa sukses bersinar. Tiga di antaranya bahkan membawa klubnya meraih gelar juara liga. Inilah ketiga pemain Swiss yang menjuarai liga top Eropa pada 2023/2024.

1. Manuel Akanji meraih trofi Premier League kedua bersama Manchester City

3 Pemain Swiss yang Menjuarai Liga Top Eropa pada 2023/2024Manuel Akanji (mancity.com)

Pertama, ada Manuel Akanji, bek tengah Swiss yang membela Manchester City sejak 2022/2023. Pada musim debutnya berseragam The Citizens, Akanji langsung bergelimang sukses. Ia turut membawa Manchester City memenangi tiga trofi, termasuk English Premier League (EPL). Peran Akanji pun vital dengan total 48 penampilan di semua ajang.

Sukses Akanji bersama Manchester City ternyata berlanjut pada 2023/2024. Akanji berhasil meraih gelar juara EPL keduanya secara beruntun. Perannya di jantung pertahanan The Citizens pun masih besar. Ia lagi-lagi mencatat total 48 penampilan, termasuk 30 kali di Premier League.

Selain EPL, Akanji juga ikut mengangkat trofi Piala Super UEFA dan Piala Dunia Antarklub pada 2023/2024. Dengan demikian, Akanji sudah mengoleksi 5 trofi dalam 2 musim pertamanya bersama Manchester City. Kemungkinan besar, jumlah itu masih akan terus bertambah.

Baca Juga: Beda Nasib Granit Xhaka dan Harry Kane Usai Tinggalkan London Utara

2. Granit Xhaka membawa Bayer Leverkusen juara Bundesliga Jerman untuk pertama kali

3 Pemain Swiss yang Menjuarai Liga Top Eropa pada 2023/2024Granit Xhaka (instagram.com/granitxhaka)

Sementara, dua pemain Swiss lain menjuarai liga top Eropa bersama klub barunya pada 2023/2024. Salah satunya Granit Xhaka, eks gelandang Arsenal yang kini membela Bayer Leverkusen. Xhaka baru didatangkan Leverkusen dari Arsenal pada musim panas 2023. Namun, ia langsung menjadi andalan di lini tengah Leverkusen.

Sepanjang 2023/2024, Xhaka melakoni 50 penampilan di semua ajang bersama Leverkusen. Hasilnya luar biasa. Pria 31 tahun itu turut membawa Leverkusen menjuarai Bundesliga Jerman untuk pertama kalinya. Leverkusen bahkan tak sekadar juara, tetapi juga mencatat rekor tak terkalahkan di Bundesliga sepanjang musim.

Selain itu, Xhaka berperan vital membawa Leverkusen juara DFB-Pokal. Ia bahkan menjadi pencetak gol tunggal kemenangan Leverkusen di partai final. Satu lagi prestasi Leverkusen pada 2023/2024 adalah mencapai final Liga Europa. Sayangnya, Xhaka dan rekan-rekannya gagal juara usai dikalahkan Atalanta.

3. Yann Sommer membawa Inter Milan meraih scudetto pada musim debutnya di Italia

3 Pemain Swiss yang Menjuarai Liga Top Eropa pada 2023/2024Yann Sommer mencium trofi Serie A Italia 2023/2024. (instagram.com/yannsommer)

Yann Sommer juga langsung sukses setelah bergabung dengan klub baru pada 2023/2024. Sommer pindah dari Bayern Munich ke Inter Milan pada musim panas 2023. Segera, kiper 35 tahun itu dijadikan pilihan utama di bawah mistar Nerazzurri. Sommer pun sukses membayar kepercayaan tersebut dengan prestasi.

Sommer tampil 43 kali di semua ajang sepanjang 2023/2024. Di Serie A Italia, ia bermain 34 kali dan mencatat 19 clean sheet. Penampilan kokoh Sommer pun turut membawa Inter Milan meraih scudetto. Selain itu, ia menutup musim sebagai kiper dengan clean sheet terbanyak di Serie A.

Sommer juga tampil penuh dan mencatat clean sheet dalam dua laga di Supercoppa Italia 2023. Hasilnya, Inter Milan jadi juara usai menundukkan Lazio dan Napoli. Dua trofi dalam 1 musim menjadi awal yang manis bagi petualangan Sommer bersama Inter Milan.

Ketiga pemain Swiss di atas tak hanya membawa klubnya juara liga top Eropa pada 2023/2024. Mereka menyempurnakan prestasinya dengan meraih tambahan trofi lain. Terbukti bahwa Swiss juga bisa berprestasi di dunia sepak bola melalui para pemain mereka.

Baca Juga: Sinar Terang Yann Sommer dan Kegeniusan Inter Milan

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya