7 Pemain Spanyol yang Dilepas Gratis pada Musim Panas 2023

Beberapa pemain Spanyol sudah mendapat klub baru

Bursa transfer musim panas 2023 sejauh ini sudah diwarnai sejumlah kejutan. Salah satunya adalah kepergian David De Gea dari Manchester United. Setelah mengabdi sejak 2011, De Gea akhirnya meninggalkan Setan Merah. Ia pergi secara gratis karena gagal bersepakat soal perpanjangan kontrak.

Kepergian De Gea cukup mengejutkan karena ia adalah kiper top andalan Manchester United. De Gea sendiri ternyata bukan satu-satunya pemain Spanyol bernama besar yang dilepas gratis oleh klubnya pada musim panas 2023. Inilah tujuh nama di antaranya.

1. David De Gea

7 Pemain Spanyol yang Dilepas Gratis pada Musim Panas 2023David De Gea (instagram.com/d_degeaofficial)

David De Gea akhirnya menyudahi pengabdian selama 12 tahun kepada Manchester United. Ia menjadi anggota terakhir skuad juara English Premier League (EPL) 2012/2013 yang hengkang dari Old Trafford. Tak cuma trofi EPL, De Gea meninggalkan Manchester United dengan sejumlah prestasi.

Di antaranya, De Gea menjadi kiper dengan penampilan terbanyak bagi Manchester United, yaitu 545 penampilan. Ia juga punya 190 clean sheet, rekor terbanyak bagi Setan Merah. Ada pula delapan trofi kolektif, 2 EPL Golden Glove, serta 4 gelar pemain terbaik Manchester United.

Manchester United bakal segera resmi mendatangkan Andre Onana untuk menggantikan De Gea. Sementara itu, De Gea sendiri belum diketahui akan berlabuh ke mana. Kabarnya, ia diminati beberapa klub Arab Saudi, termasuk Al-Nassr.

2. Cesar Azpilicueta

7 Pemain Spanyol yang Dilepas Gratis pada Musim Panas 2023Cesar Azpilicueta (instagram.com/cesarazpi)

Bukan hanya De Gea yang akhirnya meninggalkan klub EPL setelah belasan tahun mengabdi, Cesar Azpilicueta juga hijrah dari Chelsea, klub yang ia bela sejak 2012. Ia dibiarkan pergi secara gratis sebagai penghormatan baginya meski kontraknya tersisa hingga 2024.

Seperti De Gea, Azpilicueta juga pergi sebagai legenda. Sebanyak 508 laga telah ia mainkan, rekor terbanyak bagi pemain asing dalam sejarah Chelsea. Total sembilan trofi sukses didapat Azpilicueta bersama Chelsea, termasuk 2 EPL dan 1 Liga Champions.

Azpilicueta tak berlama-lama mencari klub baru setelah hengkang. Ia segera bergabung dengan Atletico Madrid dan mendapat kontrak 1 tahun. Bagi Azpilicueta, ini adalah kali pertama ia kembali ke LaLiga Spanyol sejak 2010.

3. Sergio Busquets

7 Pemain Spanyol yang Dilepas Gratis pada Musim Panas 2023Sergio Busquets adalah salah satu lulusan akademi Barcelona. (instagram.com/5sergiob)

Pemain Spanyol lain yang ahirnya pergi setelah lama membela satu klub adalah Sergio Busquets. Sang gelandang meninggalkan Barcelona untuk pertama kali dalam kariernya. Sejak mulai berseragam Barca pada 2008, prestasi Busquets sudah menggunung.

Busquets mencatat total 722 laga bersama Barcelona, rekor terbanyak ketiga dalam sejarah klub. Ada 32 trofi yang ia raih, termasuk 9 trofi LaLiga dan 3 Liga Champions. Bahkan, hingga musim terakhirnya, kontribusi Busquets bagi kesuksesan Barcelona masih begitu besar.

Kini, Busquets sudah bergabung dengan klub MLS Amerika Serikat, Inter Miami. Ia pun bakal reuni dengan mantan rekannya di Barcelona, Lionel Messi. Busquets diikat kontrak 2,5 tahun di Inter Miami alias hingga akhir 2025.

Baca Juga: Sergio Busquets Ungkap Alasan Pilih Inter Miami Ketimbang Klub Arab

4. Jordi Alba

7 Pemain Spanyol yang Dilepas Gratis pada Musim Panas 2023Jordi Alba (instagram.com/jordialbaoficial)

Proses regenerasi yang terjadi di Barcelona juga mencakup perginya Jordi Alba. Bek kiri andalan Barcelona sejak 2012 itu akhirnya memutuskan hengkang. Alba pergi secara gratis setelah bersepakat dengan Barcelona untuk memutus kontraknya 1 tahun lebih awal.

Selama membela Barcelona, catatan Alba mencakup 459 laga dengan 27 gol dan 99 assist. Ia juga mengangkat 18 trofi bareng Blaugrana. Sejauh ini, Alba belum bergabung dengan klub baru, tetapi ia dikabarkan sedang bernegosiasi untuk merapat ke Inter Miami.

5. Marco Asensio

7 Pemain Spanyol yang Dilepas Gratis pada Musim Panas 2023Marco Asensio (instagram.com/marcoasensio10)

Real Madrid sang rival abadi Barcelona juga melepas seorang pemain Spanyol yang cukup lama mengabdi. Marco Asensio akhirnya meninggalkan Real Madrid setelah kontraknya tak diperpanjang. Total 9 musim yang dihabiskan Asensio bersama Real Madrid pun berakhir.

Hingga musim terakhirnya, Asensio masih sering tampil bagi Real Madrid. Jumlah penampilannya pun mencapai 286 laga di semua ajang. Setelah hengkang, Asensio segera bergabung ke Paris Saint-Germain (PSG) dengan kontrak hingga 2026.

6. Sergio Ramos

7 Pemain Spanyol yang Dilepas Gratis pada Musim Panas 2023Sergio Ramos (instagram.com/sergioramos)

Sebaliknya, PSG juga melepas Sergio Ramos secara gratis. Ramos sebenarnya sukses mengisi tempat di tim inti PSG sepanjang 2022/2023. Namun, mantan bek Real Madrid itu tetap meninggalkan PSG pada akhir musim karena kontraknya sudah habis.

Sudah berusia 37 tahun, Ramos masih belum mau mengakhiri kariernya. Namun, ada kemungkinan ia tidak akan lanjut bermain di Eropa. Klub yang dikabarkan meminati Ramos mencakup Inter Miami serta klub-klub Arab Saudi.

7. Diego Costa

7 Pemain Spanyol yang Dilepas Gratis pada Musim Panas 2023Diego Costa (instagram.com/diego.costa)

Satu lagi pemain top Spanyol yang dilepas gratis oleh klubnya adalah Diego Costa. Sang striker kelahiran Brasil tersebut telah meninggalkan Wolverhampton Wanderers atau Wolves. Bersama Wolves, Costa memang gagal memberi kesan berarti.

Sepanjang 2022/2023, Costa bermain 25 kali di semua ajang bagi Wolves, tetapi hanya mencetak satu gol. Kini, Costa harus mencari klub baru. Namun, tidak banyak kabar soal klub yang berminat memboyong striker 34 tahun tersebut.

Tujuh pemain Spanyol di atas dilepas gratis oleh klubnya pada musim panas 2023. Ada yang sudah bergabung dengan klub baru, ada pula yang masih mencari. Menarik menantikan seperti apa kelanjutan karier mereka musim depan.

Baca Juga: Bawa Serigala Saat Diperkenalkan Wolves, Diego Costa: Saya Takut

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya