4 Pemain Sheffield United Merapat ke Klub EPL pada Musim Panas 2024

Tinggalkan Sheffield United setelah degradasi

Intinya Sih...

  • Sheffield United degradasi dari English Premier League (EPL) setelah finis sebagai juru kunci klasemen pada musim 2023/2024.
  • Cameron Archer, striker Sheffield United, dilego ke Aston Villa dengan harga 16,65 juta euro, menjadi pemain termahal ketiga yang pernah dijual klub tersebut.
  • William Osula dibeli oleh Newcastle United dengan nilai 11,6 juta euro dan diberikan kontrak jangka panjang berdurasi 5 tahun.

Sheffield United gagal bertahan di English Premier League (EPL). Klub berjuluk The Blades itu finis sebagai juru kunci klasemen EPL 2023/2024. Para pemain Sheffield United pun harus bertarung di EFL Championship pada 2024/2025.

Meski begitu, ada sejumlah pemain Sheffield United yang enggan menanggung nasib tersebut. Mereka memilih hengkang pada musim panas 2024. Sebagian bergabung ke klub penghuni divisi utama liga-liga Eropa. Itu termasuk empat pemain berikut, yang diboyong klub-klub EPL.

1. Cameron Archer dipulangkan Aston Villa dengan harga mahal

4 Pemain Sheffield United Merapat ke Klub EPL pada Musim Panas 2024Cameron Archer bergabung dengan Aston Villa. (avfc.co.uk)

Pertama, ada Cameron Archer, striker 22 tahun yang musim lalu diandalkan Sheffield United. Archer tampil 32 kali bagi The Blades sepanjang 2023/2024. Ia juga menyumbang empat gol, semuanya di Premier League. Jumlah itu memang tak istimewa. Namun, Archer tetap merupakan salah satu pemain tertajam Sheffield United pada 2023/2024.

Karena itu, Sheffield United tak melepas Archer dengan harga murah. Ia dilego ke Aston Villa dengan harga 16,65 juta euro atau Rp288 miliar. Archer pun menjadi pemain termahal ketiga yang pernah dijual Sheffield United.

Aston Villa sendiri bukanlah klub asing bagi Archer. Ia merupakan jebolan akademi Aston Villa. Archer juga sempat membela tim senior The Villans pada 2019–2023. Namun, ia minim kesempatan tampil hingga memilih hijrah ke Sheffield United. Kini, Archer sudah kembali dan siap bersaing mengisi lini depan Aston Villa.

Baca Juga: 5 Debutan yang Bakal Melatih Klub Premier League 2024/2025

2. William Osula diberi kontrak jangka panjang oleh Newcastle United

4 Pemain Sheffield United Merapat ke Klub EPL pada Musim Panas 2024William Osula (newcastleunited.com)

William Osula juga sempat menunjukkan potensinya bersama Sheffield United. Striker 21 tahun itu lebih sering jadi pelapis di lini depan The Blades pada 2023/2024. Namun, ia sempat mencetak tiga gol. Semua golnya tercipta di Piala FA meski laju Sheffield United akhirnya mentok pada putaran keempat.

Potensi Osula ternyata menarik minat Newcastle United. The Magpies pun memboyong striker Denmark itu pada musim panas 2024. Ia dibeli dengan dana 11,6 juta euro atau Rp200 miliar. Nilai itu pun menjadi salah satu yang tertinggi dalam sejarah penjualan Sheffield United.

Osula bahkan diberikan kontrak jangka panjang berdurasi 5 tahun oleh Newcastle United. Kemungkinan, ia tak akan langsung jadi striker andalan The Magpies. Namun, Osula punya banyak waktu untuk berkembang dan membuktikan diri.

3. Daniel Jebbison dilepas gratis ke Bournemouth

4 Pemain Sheffield United Merapat ke Klub EPL pada Musim Panas 2024Daniel Jebbison (instagram.com/jebbisonn)

Ada pula dua pemain Sheffield United yang bergabung ke klub EPL secara gratis. Salah satunya Daniel Jebbison, striker 21 tahun kelahiran Kanada. Jebbison habis kontrak di Sheffield United pada musim panas 2024. Ia lalu diboyong Bournemouth dan diberi kontrak berdurasi 4 tahun.

Jebbison sebenarnya tak banyak menunjukkan kualitasnya bersama Sheffield United. Sejak lulus dari akademi pada 2021, ia hanya tampil 35 kali dan membuat 3 gol. Jebbison juga baru lima kali berlaga di Premier League. Meski demikian, Bournemouth tetap menyambut kedatangannya sebagai striker muda yang menjanjikan.

4. Wes Foderingham bakal menjadi kiper pelapis di West Ham United

4 Pemain Sheffield United Merapat ke Klub EPL pada Musim Panas 2024Wes Foderingham (instagram.com/wes_foderingham)

Satu nama lagi adalah Wes Foderingham, kiper utama Sheffield United dalam 3 musim terakhir. Ia baru bergabung ke West Ham United secara gratis. Foderingham menarik minat West Ham meski tak maksimal pada 2023/2024. Dalam 30 penampilan di EPL, ia kebobolan 79 kali dan hanya mencatat 1 clean sheet.

West Ham memberi kontrak 2 tahun kepada Foderingham. Namun, kiper berusia 33 tahun itu kemungkinan besar hanya akan dijadikan pelapis. Malah, ia tampaknya bakal menjadi kiper ketiga. Pasalnya, The Hammers memiliki Lukasz Fabianski dan Alphonse Areola yang terbilang lebih punya kualitas.

Empat pemain di atas bergabung ke klub EPL pada musim panas 2024. Mereka pun tak perlu bermain di divisi kedua bersama Sheffield United. Namun, apakah mereka akan dapat banyak kesempatan tampil di Premier League 2024/2025?

Baca Juga: 5 Fullback Terakhir yang Dijual Barcelona kepada Klub EPL

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya