5 Pemain Pinjaman AS Roma yang Mencetak Banyak Gol, Lukaku Terbaru

Tiga pemain dipermanenkan berkat ketajamannya

Romelu Lukaku tajam bersama AS Roma pada 2023/2024. Striker asal Belgia itu sudah mencetak 16 gol dalam 33 penampilan di semua ajang bareng Giallorossi. Padahal, status Lukaku di AS Roma hanya sebagai pinjaman dari Chelsea. Langkah AS Roma meminjam Lukaku pun sejauh ini terbukti tepat.

Lukaku sendiri bukan pemain pertama yang tajam sebagai pinjaman di AS Roma. Dalam beberapa tahun ke belakang, AS Roma pernah melakukan beberapa peminjaman pemain yang jitu. Termasuk Lukaku, lima pemain berikut ini sukses mencetak banyak gol selama dipinjam AS Roma.

1. Mattia Destro mencetak sebelas gol saat dipinjam AS Roma pada 2012/2013

5 Pemain Pinjaman AS Roma yang Mencetak Banyak Gol, Lukaku TerbaruMattia Destro (instagram.com/mattiadestroofficial)

Pertama, ada Mattia Destro, striker yang pernah malang melintang bersama banyak klub Italia. Salah satu klub yang pernah dibela Destro adalah AS Roma. Ia mulai berseragam AS Roma pada 2012/2013 sebagai pinjaman dari Genoa. Meski hanya dipinjam, Destro ternyata sukses mencetak 11 gol dalam 26 penampilan di semua ajang.

Karena ketajamannya, Destro pun dipermanenkan AS Roma. Ia kembali tajam pada 2013/2014 dengan torehan dua digit gol. Namun, Destro akhirnya tak bertahan lama di ibukota Italia. Ia meninggalkan AS Roma pada musim panas 2015 setelah mengoleksi total 29 gol dalam 68 laga.

2. Mohamed Salah sukses membangkitkan karier berkat peminjaman ke AS Roma pada 2015/2016

5 Pemain Pinjaman AS Roma yang Mencetak Banyak Gol, Lukaku TerbaruMohamed Salah (asroma.com)

Mohamed Salah juga pernah mencetak banyak gol saat dipinjam AS Roma pada 2015/2016. Saat itu, Salah dipinjamkan Chelsea karena kesulitan mendapat menit bermain. Ternyata, peminjaman itu terbukti jitu karena AS Roma dan Salah sama-sama diuntungkan.

Sepanjang 2015/2016, Salah sukses mencetak 15 gol di semua ajang. Ia bahkan menjadi top skor AS Roma pada musim tersebut. Karier Salah pun kembali terangkat setelah sempat meredup setelah pindah dari FC Basel ke Chelsea. AS Roma pun diuntungkan karena bisa mendapat pencetak gol andal.

Seperti Destro, Salah akhirnya dipermanenkan AS Roma berkat ketajamannya selama dipinjam. Setelah itu, ia makin gacor dengan torehan 19 gol dan 15 assist pada 2016/2017. Salah lalu dipinang Liverpool pada musim panas 2017, dan sisanya adalah sejarah.

Baca Juga: Statistik Membuktikan Mohamed Salah Masih Jadi Ujung Tombak Liverpool

3. Edin Dzeko juga mencetak dua digit gol bagi AS Roma pada 2015/2016

5 Pemain Pinjaman AS Roma yang Mencetak Banyak Gol, Lukaku TerbaruEdin Dzeko (asroma.com)

Striker pinjaman AS Roma yang tajam pada 2015/2016 bukan hanya Mohamed Salah. Ada pula Edin Dzeko yang juga dipinjam dari klub Inggris, yaitu Manchester City. Dzeko dipinjamkan karena mulai tersingkir dari tim utama Manchester City musim sebelumnya.

Hasilnya, peminjaman Dzeko pun terbukti tepat. Ia mencetak 10 gol dalam 39 laga sepanjang 2015/2016 hingga dipermanenkan AS Roma. Setelah itu, Dzeko konsisten tampil tajam hingga 2021, bahkan pernah meraih gelar top skor Serie A. Sayangnya, ketajaman Dzeko selama 6 musim tak membuahkan trofi apa pun bagi AS Roma.

4. Borja Mayoral menjadi pemain tertajam AS Roma pada 2020/2021

5 Pemain Pinjaman AS Roma yang Mencetak Banyak Gol, Lukaku TerbaruBorja Mayoral (asroma.com)

Berikutnya ada Borja Mayoral, striker Spanyol jebolan akademi Real Madrid. Mayoral menetap selama 7 tahun di Real Madrid, tetapi minim kesempatan tampil. Ia kerap dipinjamkan ke klub-klub lain, termasuk AS Roma. Mayoral dipinjam AS Roma pada 2020/2021 dengan hasil yang memuaskan.

Mayoral menjadi pemain tertajam AS Roma pada 2020/2021 dengan catatan 17 gol di semua ajang. Namun, tak seperti tiga pemain di atas, Mayoral akhirnya tidak dipermanenkan AS Roma. Setelah dikembalikan ke Real Madrid, Mayoral hijrah ke Getafe dan masih bertahan hingga kini.

5. Romelu Lukaku sudah mencetak 16 gol bagi AS Roma pada 2023/2024 dan masih bisa bertambah

5 Pemain Pinjaman AS Roma yang Mencetak Banyak Gol, Lukaku TerbaruRomelu Lukaku (asroma.com)

Strategi jitu AS Roma dalam meminjam pemain kembali terbukti pada 2023/2024. Romelu Lukaku sukses menjadi top skor sementara Giallorossi musim ini dengan 16 gol. Jumlah itu masih bisa terus bertambah hingga akhir musim. Ongkos peminjaman Lukaku dari Chelsea sebesar Rp98 miliar pun tidak sia-sia.

Sayangnya, kontrak peminjaman Lukaku tidak disertai opsi pembelian. Lukaku pun kemungkinan akan kembali ke Chelsea pada akhir musim. Namun, ia masih bisa mempersembahkan trofi bagi AS Roma sebagai salah perpisahan. AS Roma masih melaju di Liga Europa 2023/2024, kompetisi yang musim lalu hampir mereka menangi.

Meski hanya berstatus pinjaman, lima pemain di atas sukses tampil prima bersama AS Roma. Musim depan, akankah AS Roma kembali menemukan pemain pinjaman yang mampu mencetak banyak gol?

Baca Juga: 4 Pemain Belgia dengan Gol Terbanyak di Serie A Italia, Ada Lukaku

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya