4 Pemain Panathinaikos yang Tampil di Euro 2024, Siapa Saja?

Tiga di antaranya membela Timnas Slovenia #EURO2024

Timnas Yunani tidak tampil di Euro 2024. Yunani sebenarnya sempat hampir lolos ke putaran final. Mereka berhasil mencapai final playoff kualifikasi dan hanya perlu melewati adangan Georgia. Namun, Yunani harus mengakui keunggulan Georgia via adu penalti. Sang juara Euro 2004 pun dipastikan absen dalam tiga edisi Euro beruntun.

Meski tidak tampil, Yunani seolah tetap mengirimkan wakilnya di Euro 2024. Pasalnya, ada 12 pemain klub Yunani yang dibawanya negaranya masing-masing ke turnamen tersebut. Klub yang terbanyak diwakili adalah Panathinaikos. Raksasa Yunani itu mengirimkan empat pemain berikut ini ke Euro 2024.

1. Benjamin Verbic adalah salah satu pemain senior di skuad Timnas Slovenia

4 Pemain Panathinaikos yang Tampil di Euro 2024, Siapa Saja?Benjamin Verbic (instagram.com/benjaminverbic7)

Slovenia adalah peserta Euro 2024 yang paling banyak membawa pemain Panathinaikos. Tepatnya, mereka membawa tiga pemain sekaligus. Salah satunya Benjamin Verbic, winger senior Slovenia. Verbic yang berusia 30 tahun sudah membela negaranya sejak 2015.

Sejauh ini, Verbic telah tampil 59 kali dan mencetak 6 gol bagi Timnas Slovenia. Penampilan terbarunya terjadi di partai pembuka Grup C Euro 2024 melawan Denmark, Minggu (16/6/2024) malam WIB. Meski tidak menjadi starter, Verbic sempat bermain selama 24 menit pada laga yang berkesudahan imbang 1-1 tersebut.

2. Andraz Sporar menjadi striker andalan Slovenia di Euro 2024

4 Pemain Panathinaikos yang Tampil di Euro 2024, Siapa Saja?Andraz Sporar (instagram.com/nzs_si)

Slovenia juga membawa Andraz Sporar, striker berusia 30 tahun. Sporar adalah salah satu pemain tertajam Panathinaikos pada 2023/2024 dengan torehan 13 gol. Ia juga punya koleksi gol yang apik bersama timnas. Sejak debut pada 2016, Sporar telah mencetak 12 gol dalam 54 caps di semua ajang.

Tak heran jika Sporar diplot sebagai striker utama Slovenia dalam laga pertama mereka di Euro 2024. Ia menjadi starter kontra Denmark dan baru diganti saat laga hampir berakhir. Meski gagal mencetak gol, Sporar tampaknya akan terus menjadi andalan Slovenia di Euro 2024.

Baca Juga: Slovenia vs Serbia: Duel Panas Dua Negara Pecahan

3. Adam Gnezda Cerin tampil 90 menit pada laga Slovenia melawan Denmark di Euro 2024

4 Pemain Panathinaikos yang Tampil di Euro 2024, Siapa Saja?Adam Gnezda Cerin (instagram.com/adam.gc)

Adam Gnezda Cerin juga menjadi starter bagi Slovenia pada laga melawan Denmark. Cerin adalah gelandang tengah yang berusia 24 tahun. Ia sempat beberapa kali cedera saat membela Panathinaikos pada 2023/2024. Beruntung, Cerin pulih tepat waktu sehingga bisa tampil di Euro 2024.

Bagi Cerin, laga melawan Denmark di Euro 2024 adalah penampilannya yang ke-32 bagi timnas. Itu juga merupakan partai debutnya di turnamen mayor. Cerin sempat hampir menghiasi debutnya itu dengan gol. Namun, sundulannya ke gawang Denmark pada menit ke-67 gagal menemui sasaran.

4. Filip Mladenovic dipanggil memperkuat Timnas Serbia di Euro 2024

4 Pemain Panathinaikos yang Tampil di Euro 2024, Siapa Saja?Filip Mladenovic (instagram.com/filipmladenovic25)

Ada pula bek kiri andalan Panathinaikos, Filip Mladenovic. Ia dipanggil memperkuat negaranya, Sebia, di Euro 2024. Mladenovic sudah tampil pada laga pembuka Grup C antara Serbia melawan Inggris. Ia turun sebagai pemain pengganti, bukan di pos bek sayap melainkan gelandang kiri.

Mladenovic dan rekan-rekannya sempat memberi perlawanan kepada Inggris. Mereka tidak kalah jauh dalam hal penguasaan bola dan jumlah tembakan. Sayangnya, Serbia tetap harus mengawali Euro 2024 dengan kekalahan. Mereka takluk 0-1 karena gagal membalas gol tunggal Jude Bellingham pada awal pertandingan.

Empat pemain di atas seolah menjadi perwakilan Yunani, khususnya Panathinaikos, di Euro 2024. Jika mereka berprestasi, nama Panathinaikos sebagai klub mereka pasti turut terangkat. Sejauh mana mereka bisa membawa negaranya melangkah di Euro 2024?

Baca Juga: 3 Pemain Everton yang Berpartisi di Euro 2024, Ada Pickford!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya