4 Pemain Non-Eropa yang Menjadi Kapten Klub Premier League 2024/2025

Ada dua kapten baru

English Premier League (EPL) adalah liga yang disesaki pemain asing. Dilansir Transfermarkt, persentase pemain asing di EPL 2024/2025 mencapai 67 persen. Sebagian besar pemain asing di sana berasal dari sesama negara Eropa. Namun, ada pula puluhan pemain non-Eropa yang turut meramaikan persaingan.

Banyak pemain non-Eropa di EPL yang menjadi andalan klubnya masing-masing. Bahkan, ada empat nama yang dipercaya menjadi kapten sepak bola. Dua di antaranya baru mulai menjabat musim ini. Siapa saja keempat pemain non-Eropa yang menjadi kapten klub Premier League 2024/2025 itu?

1. Son Heung Min memasuki musim keduanya sebagai kapten Tottenham Hotspur

4 Pemain Non-Eropa yang Menjadi Kapten Klub Premier League 2024/2025Son Heung Min (instagram.com/spursofficial)

Pertama, ada Son Heung Min, striker Korea Selatan yang menjabat kapten Tottenham Hotspur. Son adalah satu-satunya kapten asal Asia di Premier League 2024/2025. Ia bahkan sudah memasuki musim keduanya sebagai kapten. Son mengemban jabatan itu sejak Harry Kane hengkang ke Bayern Munich pada musim panas 2023.

Musim debut Son sebagai kapten Tottenham sempat berjalan mulus. Tottenham dibawanya memuncaki klasemen EPL pada awal 2023/2024. Sayangnya, performa The Lilywhites belakangan menurun. Son memang tampil apik dengan torehan 17 gol dan 10 assist. Namun, ia hanya mampu membawa Tottenham finis di peringkat kelima EPL.

Memasuki 2024/2025, start Tottenham di EPL tak sebagus musim lalu. Son baru bisa memimpin klubnya meraih 2 kemenangan dalam 5 pekan awal. Tottenham menang 4-0 atas Everton pada pekan kedua berkat brace Son. Namun, The Lilywhites menelan dua kekalahan beruntun dari Newcastle United dan Arsenal.

2. Sam Morsy sukses mengapteni Ipswich Town promosi ke Premier League

4 Pemain Non-Eropa yang Menjadi Kapten Klub Premier League 2024/2025Sam Morsy (instagram.com/ipswichtown)

Sementara, Sam Morsy sudah menjabat kapten Ipswich Town sejak 2021. Padahal, saat itu Morsy baru bergabung ke Ipswich Town. Meski demikian, penunjukkan sang gelandang Mesir sebagai kapten terbukti tepat. Morsy sukses mengantarkan Ipswich Town promosi ke Premier League 2024/2025.

Morsy kini memasuki musim keempatnya sebagai kapten Ipswich Town. Meski sudah berpengalaman, tampil di EPL 2024/2025 bakal jadi tantangan baru baginya. Pasalnya, ini adalah musim pertama Morsy bermain di kasta tertinggi Liga Inggris.

Benar saja, Morsy belum berhasil membawa Ipswich Town menang. Dalam 5 pekan awal EPL 2024/2025, Tractor Boys bermain imbang 3 kali dan kalah 2 kali. Morsy selalu tampil sebagai starter dalam empat laga tersebut. Bukan gol maupun assist, Morsy justru sudah mengoleksi tiga kartu kuning.

Baca Juga: Bruno Guimaraes dan Nomor 39 yang Terinspirasi dari Sopir Taksi

3. Mario Lemina menjadi pemain Gabon kedua yang menjabat kapten di Premier League

4 Pemain Non-Eropa yang Menjadi Kapten Klub Premier League 2024/2025Mario Lemina (wolves.co.uk)

Ada pula dua kapten non-Eropa yang baru menjabat pada 2024/2025. Salah satunya Mario Lemina, gelandang Wolverhampton Wanderers asal Gabon. Lemina pun menjadi pemain Gabon kedua yang mengapteni klub Premier League. Ia menyusul jejak Pierre-Emerick Aubameyang, kapten Arsenal pada periode 2019–2021.

Lemina sebenarnya belum lama membela Wolves. Ia baru bergabung pada Januari 2023 lalu. Namun, Lemina sudah dipercaya jadi kapten karena punya peran vital di lini tengah Wolves. Pada 2024/2025, ia selalu tampil dalam lima pekan awal EPL. Lemina juga sudah membuat gol dan assist musim ini meski berposisi gelandang bertahan.

4. Bruno Guimaraes menjadi kapten Newcastle United menggantikan Jamal Lascelles

4 Pemain Non-Eropa yang Menjadi Kapten Klub Premier League 2024/2025Bruno Guimaraes (instagram.com/brunoguimaraes)

Bruno Guimaraes juga baru menjabat sebagai kapten Newcastle United pada 2024/2025. Newcastle sejatinya masih dipimpin Jamaal Lascelles, bek tengah andalan mereka. Namun, Lascelles dihantam cedera anterior cruciate ligament (ACL) pada akhir musim lalu. Ia diperkirakan bakal absen selama 6–9 bulan.

Guimaraes pun ditunjuk sebagai kapten pengganti Lascelles musim ini. Sejauh ini, gelandang Brasil itu menjalankan kepemimpinan dengan cukup solid. Ia sudah mengapteni The Magpies dalam 5 laga dengan hasil 3 kali menang, 1 kali imbang, dan 1 kali kalah. Bukan mustahil, Guimaraes bakal tetap menjadi kapten Newcastle meski Lascelles sudah pulih nanti.

Empat pemain non-Eropa di atas tak sekadar meramaikan persaingan di EPL 2024/2025. Mereka juga dipercaya mengemban jabatan penting, yaitu kapten klub. Siapa di antara mereka yang bakal memimpin klubnya meraih prestasi terbaik musim ini?

Baca Juga: 3 Striker West Ham United untuk Premier League 2024/2025

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya