4 Pemain Newcastle United 2023 dengan Penampilan Terbanyak di UCL

Dua pemain pernah tampil di final

Newcastle United sukses menjadi salah satu peserta UEFA Champions League (UCL) 2023/2024. Itu merupakan raihan membanggakan sekaligus langka bagi The Magpies. Penampilan di UCL musim ini merupakan yang ketiga bagi Newcastle, plus yang pertama sejak 2002/2003.

Tidak heran jika sebagian besar anggota skuad Newcastle musim ini minim pengalaman tampil di UCL. Banyak yang bahkan sama sekali belum pernah bermain di ajang tersebut. Namun, ada sedikit pengecualian dalam diri beberapa pemain.

Empat pemain Newcastle United berikut ini cukup sering mencicipi atmosfer Liga Champions bersama klub mereka sebelumnya. Meski jumlah penampilannya tak terlampau banyak, setidaknya mereka bisa disebut cukup berpengalaman di UCL. Inilah keempat pemain tersebut.

1. Kieran Trippier pernah tampil di final UCL bareng Tottenham Hotspur

4 Pemain Newcastle United 2023 dengan Penampilan Terbanyak di UCLKieran Trippier (instagram.com/ktrippier2)

Kieran Trippier adalah pemain Newcastle United musim ini yang paling berpengalaman di Liga Champions. Sebelum gabung Newcastle, Trippier pernah melakoni 30 pertandingan UCL. Rinciannya adalah 16 laga bersama Atletico Madrid dan 14 penampilan bareng Tottenham Hotspur.

Bahkan, Trippier pernah tampil di final Liga Champions. Sang bek kanan asal Inggris bermain saat Tottenham Hotspur menantang Liverpool di partai puncak UCL 2018/2019. Sayangnya, Trippier batal mengangkat trofi karena Tottenham keok 0-2 dari Liverpool.

Kualitas dan pengalaman Trippier di Liga Champions bakal amat dibutuhkan Newcastle United. Trippier sendiri memang merupakan pemain kunci The Magpies sejak bergabung pada Januari 2022. Bahkan, pada 2022/2023 lalu, ia terpilih sebagai pemain terbaik Newcastle United.

2. Sandro Tonali tampil 18 kali di Liga Champions bersama AC Milan

4 Pemain Newcastle United 2023 dengan Penampilan Terbanyak di UCLSandro Tonali (instagram.com/sandrotonali)

Pada musim panas 2023, Newcastle United kedatangan tambahan pemain yang berpengalaman di Eropa. Sandro Tonali diboyong dari AC Milan dengan harga 64 juta euro atau Rp1,05 triliun. Gelandang berusia 23 tahun tersebut pantas dibeli mahal karena merupakan andalan AC Milan.

Tonali melakoni seluruh laga AC Milan di Liga Champions dalam 2 musim terakhir. Ia mencatat total 18 penampilan, termasuk 12 penampilan pada 2022/2023 hingga babak semifinal. Kini, Tonali pun mulai menjelma jadi andalan Newcastle United di lini tengah.

Baca Juga: 5 Pengguna Nomor Punggung 8 Newcastle United sebelum Sandro Tonali

3. Fabian Schar sudah lama tidak bermain di kompetisi Eropa

4 Pemain Newcastle United 2023 dengan Penampilan Terbanyak di UCLFabian Schar (instagram.com/fabianschaer_official)

Ada pula Fabian Schar, bek tengah Newcastle United asal Swiss. Schar punya pengalaman tampil 13 kali di UCL. Namun, itu sudah lama terjadi. Schar hanya bermain di Liga Champions pada 2013/2014 dan 2014/2015 saat masih membela FC Basel.

Sejak itu, Schar tak pernah lagi bermain di kompetisi Eropa. Maka, penampilan di UCL 2023/2024 bakal jadi yang pertama baginya setelah sekian lama. Schar sendiri adalah bek andalan Newcastle saat ini, maka ia hampir pasti akan diturunkan di Liga Champions.

4. Loris Karius punya pengalaman buruk di Liga Champions

4 Pemain Newcastle United 2023 dengan Penampilan Terbanyak di UCLLoris Karius (instagram.com/loriskarius)

Satu lagi pemain Newcastle United yang banyak tampil di UCL adalah Loris Karius. Sama seperti Schar, Karius juga punya catatan 13 penampilan di Liga Champions. Semuanya terjadi dalam semusim saja, yaitu 2017/2018, saat masih berseragam Liverpool.

Sayangnya, kiprah Karius di Liga Champions pada musim tersebut berujung tragis. Ia memang sukses membawa The Reds mencapai babak final. Namun, Karius membuat dua blunder fatal di partai puncak yang membuat Liverpool kalah 1-3 dari Real Madrid.

Laga final itu akhirnya menjadi penampilan terakhir Karius di Liga Champions. Itu juga menjadi partai terakhirnya bersama Liverpool. Sejak itu, Karius kesulitan untuk membangkitkan kariernya. Ia beruntung karena Newcastle mau menampungnya, meski statusnya hanya kiper ketiga.

Newcastle United menyongsong musim pertama mereka di Liga Champions dalam lebih dari 20 tahun. Empat pemain di atas bisa memegang peranan penting karena pengalamannya di ajang tersebut. Sejauh mana Newcastle bisa melangkah di UCL musim ini?

Baca Juga: Kieran Trippier Jadi Bukti Daya Tarik Megaproyek Newcastle

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya