5 Pemain Negara Debutan yang Tajam di Euro, Mikautadze Terbaru

#Euro2024 Mereka mencetak masing-masing tiga gol

Timnas Georgia telah tersingkir dari Euro 2024. Langkah mereka terhenti pada babak 16 besar usai dikalahkan Spanyol. Meski demikian, Georgia tetap layak berbangga atas pencapaian mereka. Tim berjuluk Jvarosnebi itu menapak babak knockout dalam debutnya di turnamen mayor.

Selain itu, beberapa pemain Georgia sempat bersinar di Euro 2024. Salah satunya Georges Mikautadze, striker andalan mereka yang sukses membuat tiga gol. Mikautadze menjadi pemain terbaru yang tajam di Euro meski membela tim debutan. Inilah lima pemain yang pernah melakukannya.

1. Davor Suker menghiasi debut Kroasia di Euro 1996 dengan tiga gol

5 Pemain Negara Debutan yang Tajam di Euro, Mikautadze TerbaruDavor Suker (x.com/EURO2024)

Pertama, ada Davor Suker, top skor sepanjang masa Timnas Kroasia. Suker pernah bersinar bersama Kroasia di Euro 1996. Saat itu, Kroasia menjadi salah satu dari empat negara debutan Euro. Mereka pun tak diramalkan bisa berbuat banyak. Namun, Vatreni ternyata mampu mencapai babak gugur.

Suker adalah salah satu pahlawan Kroasia saat itu. Ia mencetak dua gol pada babak grup yang turut meloloskan Kroasia. Suker lalu membuat gol ketiganya pada laga perempat final menghadapi Jerman. Kroasia memang akhirnya tersingkir karena kalah 1-2. Meski demikian, Suker tetap menjadi salah satu pemain tertajam Euro 1996 dengan tiga gol.

2. Hristo Stoichkov juga membuat tiga gol di Euro 1996

5 Pemain Negara Debutan yang Tajam di Euro, Mikautadze TerbaruHristo Stoichkov (x.com/EURO2024)

Euro 1996 juga menjadi panggung ketajaman striker Bulgaria, Hristo Stoichkov. Seperti Kroasia, Bulgaria saat itu berstatus negara debutan. Namun, penampilan mereka juga cukup bagus. Bulgaria sempat menahan imbang Spanyol dan mengalahkan Romania pada fase grup.

Stoichkov menjadi bintang Bulgaria dengan torehan tiga gol pada fase grup. Ia mencetak masing-masing satu gol pada setiap laga. Sayangnya, ketajaman Stoichkov tak cukup mengantarkan negaranya lolos. Bulgaria tersingkir usai finis di bawah Prancis dan Spanyol di klasemen akhir grup.

Baca Juga: 3 Remaja Termuda yang Mencetak Gol saat Debut Euro

3. Zlatko Zahovic membuat tiga gol pada debut Slovenia di Euro 2000

5 Pemain Negara Debutan yang Tajam di Euro, Mikautadze TerbaruZlatko Zahovic (x.com/nzs_si)

Pada edisi 2000, ada lagi pemain negara debutan yang mencetak tiga gol di Euro. Ia adalah Zlatko Zahovic, top skor sepanjang masa Timnas Slovenia. Euro 2000 merupakan turnamen mayor perdana Slovenia setelah merdeka dari Yugoslavia. Istimewanya, Zahovic sempat mencetak dua gol saat Slovenia mengimbangi Yugoslavia 3-3 pada fase grup.

Slovenia lalu kalah 1-2 dari Spanyol pada laga kedua meski Zahovic mencetak satu gol. Pada laga penutup grup, Slovenia ditahan imbang 0-0 oleh Norwegia. Raihan dua poin tak cukup mengantarkan Slovenia melaju. Namun, koleksi tiga gol Zahovic membuatnya berdiri sejajar dengan Thierry Henry dan Sergio Conceicao.

4. Gareth Bale membuat tiga gol dan membawa Wales ke semifinal Euro 2016

5 Pemain Negara Debutan yang Tajam di Euro, Mikautadze TerbaruGareth Bale (x.com/EURO2024)

Negara debutan dengan prestasi terbaik di Euro dalam 30 tahun terakhir adalah Wales. Saat debut di Euro 2016, Wales langsung mencapai babak semifinal. Salah satu pemain Wales yang paling berjasa saat itu tentu Gareth Bale. Selain sebagai kapten, Bale juga menjadi pemain tersubur negaranya dengan tiga gol.

Ketiga gol Bale terjadi pada babak grup ke gawang Slovakia, Inggris, dan Rusia. Bale tidak menambah gol pada babak knockout, tetapi perannya bagi Wales tetap penting. Pada akhir turnamen, koleksi gol Bale hanya kalah dari Antoine Griezmann yang menjadi top skor.

5. Georges Mikautadze masih memimpin daftar top skor sementara Euro 2024

5 Pemain Negara Debutan yang Tajam di Euro, Mikautadze TerbaruGeorges Mikautadze (instagram.com/georgesmkd)

Georges Mikautadze adalah pemain terbaru yang subur bersama tim debutan Euro. Mikautadze sukses mengangkat prestasi Timnas Georgia di Euro 2024 berkat tiga golnya. Seluruh gol Mikautadze tercipta pada fase grup. Striker 23 tahun itu pun turut meloloskan Georgia ke babak gugur.

Keran gol Mikautadze baru tertutup saat Georgia menghadapi Spanyol pada babak 16 besar. Hasilnya, Georgia menyerah 1-4 dan tersingkir. Meski demikian, Mikautadze masih memimpin daftar top skor sementara Euro 2024. Bukan mustahil, hal itu akan tetap bertahan hingga akhir turnamen.

Lima pemain di atas menjadi pahlawan negaranya saat melakoni debut di Euro. Sebagian besar sukses membawa timnya melewati fase grup. Mereka membuktikan bahwa status debutan bukan halangan untuk bersinar di Euro.

Baca Juga: 3 Pencetak Gol Termuda Swiss dalam Sejarah Euro

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya