4 Pemain Mali yang Membela Klub LaLiga pada 2023/2024

Tiga di antaranya pemain anyar LaLiga

Mali adalah negara Afrika yang kurang ternama di dunia sepak bola. Timnas Mali belum pernah juara Piala Afrika. Mereka juga belum pernah lolos ke Piala Dunia. Namun, Mali pernah menghasilkan beberapa pemain top yang berkarier di liga-liga Eropa.

Di LaLiga Spanyol, ada beberapa pemain Mali yang pernah berprestasi. Beberapa di antaranya adalah Mahamadou Diarra, Seydou Keita, dan Frederic Kanoute. Diarra dan Keita pernah mengangkat trofi LaLiga. Sementara, Kanoute terkenal dengan kesetiaan dan ketajamannya bersama Sevilla.

Kini, para pemain top Mali itu sudah pensiun. Namun, ada empat kompatriot mereka yang lanjut mengibarkan bendera Mali di LaLiga 2023/2024. Inilah keempat pemain tersebut.

1. Ibrahima Kebe belum tampil bagi Girona sejak cedera panjang

4 Pemain Mali yang Membela Klub LaLiga pada 2023/2024Ibrahima Kebe (gironafc.cat)

Pertama, ada Ibrahima Kebe, gelandang 23 tahun lulusan akademi Girona FC. Kebe mulai membela tim senior Girona pada 2020 saat mereka masih bermain di divisi Segunda. Ia turut berperan membawa Girona promosi ke LaLiga pada 2021/2022.

Sayangnya, setelah itu Kebe harus menepi lebih dari setahun akibat masalah pada lututnya. Ia belum sempat bermain di LaLiga. Namun, saat ini, Kebe sudah pulih. Ia kerap duduk di bangku cadangan Girona pada awal LaLiga 2023/2024. Sejauh ini, Kebe memang belum mendapat kesempatan bermain.

2. Ibrahima Kone masih nihil gol bersama Almeria

4 Pemain Mali yang Membela Klub LaLiga pada 2023/2024Ibrahima Kone (instagram.com/ibrah_k9)

Pada musim panas 2023, ada tiga pemain Mali yang menyusul Kebe ke LaLiga. Salah satunya Ibrahima Kone, striker anyar Almeria. Sebelumnya, Kone membela klub Prancis, FC Lorient. Musim 2022/2023 lalu adalah musim tertajam Kone, dengan torehan sembilan gol di semua ajang.

Bersama Almeria, Kone sudah tampil tujuh kali di LaLiga 2023/2024. Namun, ia lebih banyak turun sebagai pengganti. Kone pun kesulitan meneruskan ketajamannya musim lalu. Ia masih nihil gol hingga belum bisa mengangkat Almeria dari dasar klasemen sementara LaLiga.

Baca Juga: 3 Nonkiper yang Memakai Nomor Punggung 25 di LaLiga 2023/2024

3. Hamari Traore langsung jadi andalan Real Sociedad

4 Pemain Mali yang Membela Klub LaLiga pada 2023/2024Hamari Traore (instagram.com/hamarintos27)

LaLiga Spanyol juga kedatangan kapten Timnas Mali, Hamari Traore. Ia adalah bek kanan berusia 31 tahun yang baru bergabung dengan Real Sociedad. Traore diboyong Sociedad setelah menghabiskan 6 musim di Ligue 1 Prancis. Di sana, ia sukses menjadi andalan Stade de Rennais.

Setelah merapat ke Sociedad, Traore masih jadi bagian tim inti. Ia selalu menjadi starter dalam sembilan laga Sociedad di semua ajang pada awal 2023/2024. Traore juga sudah menyumbang satu assist bagi klub barunya. Peran Traore turut membawa Sociedad bersaing di papan atas LaLiga.

4. Rominigue Kouame berpotensi jadi andalan Cadiz

4 Pemain Mali yang Membela Klub LaLiga pada 2023/2024Rominigue Kouame (instagram.com/rominiguekouame29)

Satu lagi pemain Mali yang baru bergabung ke LaLiga adalah Rominigue Kouame. Ia adalah gelandang 26 tahun yang tengah memperkuat Cadiz. Kouame didatangkan dari klub Prancis, FC Troyes. Ia memilih hijrah ke Cadiz setelah Troyes terdegradasi dari Ligue 1 2022/2023.

Bersama Cadiz, Kouame tak langsung jadi pilihan utama. Namun, pada laga teranyar Cadiz di LaLiga 2023/2024 melawan Atletico Madrid, ia tampil penuh. Itu bisa jadi sinyal bahwa Kouame bakal mulai menjelma jadi andalan Cadiz musim ini.

LaLiga Spanyol pernah jadi saksi kiprah gemilang beberapa pemain asal Mali. Kini, empat pemain Mali di atas bakal meneruskan langkah mereka mulai musim 2023/2024. Mampukah mereka bersinar seperti para seniornya yang pernah bermain di LaLiga?

Baca Juga: 5 Pelatih Termuda yang Membesut Klub LaLiga 2023/2024

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya