3 Pemain Kroasia Terakhir yang Menjuarai Liga Europa, Pasalic Terbaru

Mereka berperan penting saat klubnya juara

Pesepak bola asal Kroasia sempat memiliki rekor unik di Liga Champions Eropa. Selama 1 dekade pada 2013–2022, selalu ada pemain Kroasia di skuad juara Liga Champions. Rentetan itu sempat terputus pada 2022/2023. Namun, Real Madrid yang menjuarai Liga Champions 2023/2024 pun memiliki pemain Kroasia, yaitu Luka Modric.

Uniknya, fenomena serupa kini mulai terjadi di Liga Europa. Dalam sedekade terakhir, ada cukup banyak pemain Kroasia yang membawa klubnya juara Liga Europa. Bahkan, selalu ada pemain Kroasia yang memenanginya dalam 3 musim ke belakang. Inilah para pemain tersebut.

1. Kristijan Jakic diandalkan Eintracht Frankfurt saat juara Liga Europa 2021/2022

3 Pemain Kroasia Terakhir yang Menjuarai Liga Europa, Pasalic TerbaruKristijan Jakic (instagram.com/jakic97)

Pada 2021/2022, klub yang membawa pulang trofi Liga Europa adalah Eintracht Frankfurt. Frankfurt berjaya usai menundukkan Rangers FC di final. Salah satu pemain yang berjasa bagi Frankfurt saat itu adalah Kristijan Jakic. Meski baru bergabung pada awal musim, gelandang Kroasia itu langsung menjadi andalan Frankrut.

Jakic tampil 45 kali bagi Frankfurt sepanjang 2021/2022. Itu mencakup seluruh laga Frankfurt di Liga Europa, kecuali leg pertama semifinal. Sebagai gelandang bertahan, Jakic turut mengokohkan pertahanan Frankfurt. Ia adalah gelandang Frankfurt dengan jumlah tekel dan intersep terbanyak di Liga Europa musim tersebut.

2. Ivan Rakitic meraih trofi Liga Europa keduanya bareng Sevilla pada 2022/2023

3 Pemain Kroasia Terakhir yang Menjuarai Liga Europa, Pasalic TerbaruIvan Rakitic mengangkat trofi Liga Europa 2022/2023. (instagram.com/ivanrakitic)

Berikutnya, ada Ivan Rakitic yang turut memenangi Liga Europa 2022/2023 bareng Sevilla. Sevilla sebenarnya memulai musim tersebut di Liga Champions. Mereka terusir ke Liga Europa usai finis di peringkat ketiga fase grup. Namun, hal itu malah dimanfaatkan Rakitic dan rekan-rekannya untuk meraih trofi.

Rakitic sendiri punya peran penting dalam keberhasilan Sevilla saat itu. Meski sudah berusia 35 tahun, gelandang serbabisa itu hampir selalu tampil penuh dalam setiap laga timnya di Liga Europa. Ada sumbangsih dua assist yang ia ciptakan dalam perjalanan ke final. Plus, Rakitic menjadi kapten pada laga perempat final melawan Manchester United.

Bagi Rakitic, trofi Liga Europa 2022/2023 adalah raihannya yang kedua di ajang tersebut. Ia juga menjadi bagian skuad Sevilla saat menjuarai Liga Europa 2013/2014. Sementara itu, Sevilla makin menegaskan dominasi di Liga Europa dengan meraih gelar ketujuh.

3. Mario Pasalic turut membawa Atalanta menangi Liga Europa 2023/2024

3 Pemain Kroasia Terakhir yang Menjuarai Liga Europa, Pasalic TerbaruMario Pasalic (instagram.com/pasalicmario)

Pemain Kroasia terbaru yang mengangkat trofi Liga Europa adalah Mario Pasalic. Pasalic adalah gelandang andalan Atalanta pada 2023/2024. Ia tampil 50 kali di semua ajang, termasuk 11 penampilan di Liga Europa. Meski hanya dua kali jadi starter, Pasalic tetap punya andil dalam keberhasilan Atalanta.

Pasalic mengenakan ban kapten Atalanta dalam salah satu laga fase grup. Ia juga tampil penuh pada leg pertama perempat final kontra Liverpool di Anfield. Pasalic bahkan mencetak gol pemasti kemenangan Atalanta dengan skor 3-0. Plus, ia tampil 30 menit pada final melawan Bayer Leverkusen yang juga dimenangi Atalanta 3-0.

Atalanta dan Pasalic pun sama-sama meraih trofi Eropa pertamanya. Mereka bahkan hampir menyempurnakan musim dengan menjuarai Coppa Italia 2023/2024. Sayangnya, Pasalic gagal mencegah Atalanta takluk 0-1 dari Juventus di final.

Selalu ada pemain Kroasia yang mengangkat trofi Liga Europa dalam 3 musim terakhir. Bukan mustahil, rentetan itu bakal memanjang seperti yang pernah terjadi di Liga Champions. Akankah ada lagi pemain Kroasia yang menjuarai Liga Europa pada 2024/2025?

Baca Juga: 10 Potret Mario Pasalic, Gelandang Kroasia Andalan Atalanta

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya