3 Pemain Korea Selatan yang Meraih Trofi Bareng Klub Bundesliga Jerman

Kim Min Jae punya kans besar untuk menyusul

Sejarah Bundesliga Jerman cukup sering diwarnai pemain asal Korea Selatan. Pada musim 2023/2024 ini pun ada lagi pemain Korea Selatan yang menjajal ketatnya Bundesliga. Ia adalah Kim Min Jae, bek anyar Bayern Munich yang diboyong dari Napoli pada musim panas 2023.

Kim Min Jae sudah menunjukkan ketangguhannya mengawal pertahanan Napoli pada musim 2022/2023. Tentu saja kini Kim bakal jadi aset berharga di lini belakang Bayern Munich. Sebaliknya, Kim sendiri beruntung bisa membela klub sebesar dan sesukses Bayern Munich.

Bersama Bayern Munich, Kim berpeluang meraih banyak trofi. Ia pun bisa menyusul tiga pemain Korea Selatan lain yang lebih dulu memenangi trofi bareng klub Bundesliga. Inilah ketiga pemain tersebut.

1. Cha Bum Kun sukses melegenda di Jerman

3 Pemain Korea Selatan yang Meraih Trofi Bareng Klub Bundesliga JermanCha Bum Kun (twitter.com/bayer04_en)

Pemain Korea Selatan pertama yang bermain di Bundesliga Jerman adalah Cha Bum Kun. Cha merupakan eks striker legendaris Korea Selatan. Meski sudah pensiun sejak 1989, Cha masih memegang rekor sebagai top skor sepanjang masa Timnas Korea Selatan hingga kini.

Cha berkarier di Jerman sejak 1979 hingga pensiun. Ia pernah berseragam Eintracht Frankfurt selama 4 musim, kemudian Bayer Leverkusen selama 6 musim. Bersama kedua klub, Cha sukses jadi andalan karena ketajamannya.

Secara total, Cha bermain 308 kali di Bundesliga dan membuat 98 gol. Jumlah itu membuatnya jadi pemain Korea Selatan tersubur di Bundesliga sampai saat ini. Ketajaman Cha memang tak pernah berbuah trofi Bundesliga, tetapi ia pernah berjaya di ajang lain.

Bersama Frankfurt, Cha mengangkat trofi Piala UEFA 1979/1980 dan DFB-Pokal 1980/1981. Ia juga meraih trofi bareng Bayer Leverkusen, yaitu Piala UEFA 1987/1988. Maka, Cha Bum Kun layak disebut salah satu pemain Korea Selatan paling legendaris di Jerman bahkan di Eropa.

Baca Juga: 4 Pemain Inggris Tersubur di Bundesliga Jerman, Harry Kane Menyusul?

2. Park Joo Ho menangi trofi DFB-Pokal bersama Borussia Dortmund

3 Pemain Korea Selatan yang Meraih Trofi Bareng Klub Bundesliga JermanPark Joo Ho (bvb.de)

Setelah Cha Bum Kun, banyak pemain Korea Selatan lain yang ikut berkarier di Jerman. Namun, mereka kesulitan meraih trofi seperti Cha. Barulah pada 2016/2017, Park Joo Ho berhasil menyusul. Ia memenangi trofi DFB-Pokal bersama Borussia Dortmund.

Park Joo Ho sendiri adalah pemain berposisi bek kiri atau gelandang. Park mengawali karier di Jerman bersama Mainz 05 pada 2013–2015 dan cukup diandalkan. Setelah itu, Park menyeberang ke Borussia Dortmund.

Kepindahan ke Dortmund membuat menit bermain Park berkurang. Ia hanya tampil 11 kali bareng Dortmund di semua ajang, dengan torehan 1 gol dan 1 assist. Namun, Park tetap tercatat sebagai salah satu peraih trofi DFB-Pokal 2016/2017 bersama Die Borussen.

3. Jeong Woo Yeong jadi pemain Korea Selatan pertama yang raih trofi Bundesliga

3 Pemain Korea Selatan yang Meraih Trofi Bareng Klub Bundesliga JermanJeong Woo Yeong (instagram.com/jeong_wooyeong)

Pada musim 2018/2019, akhirnya ada pemain Korea Selatan yang meraih trofi Bundesliga Jerman. Ia adalah Jeong Woo Yeong, penyerang jebolan akademi Bayern Munich. Jeong lebih banyak bermain bagi tim reserve Bayern Munich, tetapi ia juga sempat tampil bareng tim utama di Bundesliga.

Alhasil, Jeong pun turut tercatat sebagai pemenang Bundesliga 2018/2019 bareng Bayern Munich. Namun, Jeong segera meninggalkan Bayern Munich pada musim panas 2019. Saat ini, Jeong masih bermain di Bundesliga. Ia baru bergabung dengan VfB Stuttgart pada musim panas 2023.

4. Kim Min Jae bisa jadi pemain Korea Selatan tersukses di Jerman

3 Pemain Korea Selatan yang Meraih Trofi Bareng Klub Bundesliga JermanKim Min Jae (instagram.com/kiminjae3)

Bagaimana kans Kim Min Jae untuk menyusul kesuksesan tiga pemain di atas bersama klub Bundesliga Jerman? Bisa dibilang sangat besar. Pasalnya, Bayern Munich sedang amat dominan di Bundesliga. Die Roten selalu keluar sebagai kampiun dalam 11 musim terakhir.

Dalam periode yang sama, Bayern Munich juga sukses memenangi 18 trofi lain. Kedatangan Kim pun menambah kekuatan skuad Die Roten. Maka, tak berlebihan jika menyebut bahwa Kim Min Jae punya kans jadi pemain Korea Selatan tersukses di Jerman bersama Bayern Munich.

Perjalanan Kim Min Jae meraih sukses di Jerman dimulai pada musim 2023/2024. Trofi Piala Super Jerman 2023 sudah lepas, tetapi masih ada banyak gelar yang bisa diraih. Berapa trofi yang bisa didapat Kim pada musim pertamanya bersama Bayern Munich?

Baca Juga: 5 Pemain Anyar Bundesliga Jerman Dibeli Lebih Mahal dari Harga Pasar

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya