5 Pemain yang Kembali ke Ligue 1 Prancis pada Musim Panas 2024

Mereka sudah pernah bermain di Ligue 1

Klub-klub Ligue 1 Prancis cukup aktif pada bursa transfer musim panas 2024. Semua klub mendatangkan pemain baru untuk menyongsong 2024/2025. Beberapa klub melakukan transaksi dengan sesama penghuni Ligue 1. Namun, banyak juga pemain yang bergabung dari luar Prancis.

Beberapa pemain yang didatangkan dari luar Prancis itu ternyata bukan nama asing. Mereka sudah pernah berkarier di Ligue 1 pada masa lalu. Sempat hengkang ke luar Prancis, kini mereka memilih kembali ke Ligue 1. Inilah lima pemain di antaranya.

1. Thomas Meunier bergabung ke LOSC Lille berbekal pengalaman sukses bersama PSG

5 Pemain yang Kembali ke Ligue 1 Prancis pada Musim Panas 2024Thomas Meunier (instagram.com/thomas12meunier)

Pertama, ada Thomas Meunier, bek kanan Belgia berusia 32 tahun. Meunier baru saja hijrah dari Trabzonspor ke klub papan atas Ligue 1, LOSC Lille. Bagi Meunier, Lille adalah klub Prancis kedua dalam kariernya. Ia sempat membela Paris Saint-Germain (PSG) pada 2016–2020 dan memenangi tiga trofi Ligue 1.

Pengalaman sukses di PSG adalah bekal Meunier untuk bersinar bareng Lille. Selain itu, ia punya fleksibilitas untuk mengisi posisi lain di lini belakang. Meunier pun tampil sebagai bek tengah pada babak kualifikasi Liga Champions 2024/2025. Hasilnya, ia turut membawa Lille melaju ke putaran final.

2. Aissa Mandi juga adalah bek anyar LOSC Lille yang sarat pengalaman di Ligue 1

5 Pemain yang Kembali ke Ligue 1 Prancis pada Musim Panas 2024Aissa Mandi (instagram.com/aissamandi23)

Tak hanya Meunier, Lille juga mendatangkan bek anyar lain yang sudah berpengalaman di Ligue 1. Ia adalah Aissa Mandi, bek tengah Aljazair kelahiran Prancis. Mandi mengawali karier bersama Stade de Reims pada 2009–2016. Ia melakoni 170 laga bersama Reims, termasuk 126 partai Ligue 1.

Mandi lalu meninggalkan Prancis dan berkarier selama 8 tahun di LaLiga Spanyol. Ia baru kembali ke Ligue 1 usai digaet Lille pada musim panas 2024. Mandi digaet secara gratis dan diberi kontrak 2 tahun. Ia sudah tampil empat kali bersama Lille sejak bergabung, termasuk tiga kali di Ligue 1.

Baca Juga: 6 Pemain Paling Gemilang pada Pekan Ketiga Ligue 1 2024/2025

3. Tanguy Ndombele kembali ke Ligue 1 usai flop bersama Tottenham Hotspur

5 Pemain yang Kembali ke Ligue 1 Prancis pada Musim Panas 2024Tanguy Ndombele (instagram.com/ndombele_22)

Berikutnya, ada Tanguy Ndombele, gelandang Prancis yang baru didatangkan OGC Nice. Ndombele bergabung ke Nice secara gratis usai habis kontrak bersama Tottenham Hotspur. Selama berseragam Tottenham, Ndombele terbilang flop. Ia gagal bersinar meski dibeli mahal dari Olympique Lyon pada 2019.

Saat membela Lyon, Ndombele memang tampil apik hingga menarik perhatian Tottenham. Ia bermain 96 kali bagi Lyon hanya dalam 2 musim. Andilnya turut membawa Lyon konsisten di tiga besar klasemen Ligue 1. Kini, Ndombele diharapkan bisa kembali ke performa terbaiknya itu bersama Nice.

4. Malang Sarr minim kesempatan tampil di Chelsea hingga dilepas gratis ke RC Lens

5 Pemain yang Kembali ke Ligue 1 Prancis pada Musim Panas 2024Malang Sarr (instagram.com/malang_sarr)

Malang Sarr juga gagal bersinar selama berseragam klub London, yaitu Chelsea. Sarr adalah bek tengah yang sempat jadi andalan OGC Nice pada 2016–2020. Namun, setelah digaet Chelsea, karier Sarr anjlok. Ia gagal merebut tempat inti di lini belakang The Blues.

Selama 4 tahun di Inggris, Sarr hanya tampil 21 kali bersama Chelsea. Ia akhirnya dilepas Chelsea pada musim panas 2024 karena habis kontrak. Sarr lalu merapat ke RC Lens secara gratis. Sayangnya, nasib Sarr belum membaik pada awal 2024/2025. Sejauh ini, ia baru tampil satu kali bagi Lens dan absen dalam empat laga lainnya.

5. Djibril Sidibe bergabung ke FC Toulouse dengan status eks juara Ligue 1

5 Pemain yang Kembali ke Ligue 1 Prancis pada Musim Panas 2024Djibril Sidibe (instagram.com/djibrilsidibe_s3)

Satu nama lagi yang memutuskan kembali ke Ligue 1 adalah Djibril Sidibe. Ia adalah bek senior Prancis yang pernah membela AS Monaco pada 2016–2022. Sidibe bahkan turut membawa AS Monaco juara Ligue 1 2016/2017. Namun, ia lalu memilih bertualang ke Yunani bersama AEK Athens dalam 2 musim terakhir.

Sidibe pulang ke Ligue 1 pada musim panas 2024 setelah digaet FC Toulouse. Namun, pria 32 tahun itu hanya diberi kontrak 1 tahun. Ia juga tampaknya hanya akan dijadikan pelapis di lini belakang Toulouse. Sidibe sudah tampil tiga kali di Ligue 1 2024/2025, semuanya sebagai pengganti.

Lima pemain di atas merapat ke Ligue 1 dari luar Prancis pada musim panas 2024. Namun, mereka bukan sosok asing karena sudah pernah bermain di Ligue 1 sebelumnya. Pengalaman tersebut adalah aset mereka yang berharga bagi klub barunya masing-masing.

Baca Juga: 5 Transfer Masuk Termahal Klub Ligue 1 pada Musim Panas 2024

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya