5 Pemain yang Juara EPL Bersama Manchester City dan Klub Lain

Gabriel Jesus dan Oleksandr Zinchenko menyusul?

Arsenal punya kans bagus menjuarai English Premier League (EPL) 2022/2023. Jika nantinya berhasil, gelar EPL musim ini akan jadi yang pertama bagi sebagian besar pemain Arsenal. Pengecualian adalah dua penggawa baru The Gunners, Gabriel Jesus dan Oleksandr Zinchenko.

Ya, Jesus dan Zinchenko sudah pernah juara Premier saat membela Manchester City. Namun, gelar EPL musim ini tetap akan spesial bagi keduanya. Itu akan membuat mereka punya koleksi trofi EPL bersama dua klub berbeda.

Selain itu, Jesus dan Zinchenko bisa menyusul lima pemain yang pernah juara EPL bersama Manchester City dan klub lain. Siapa saja mereka?

1. Kolo Toure

5 Pemain yang Juara EPL Bersama Manchester City dan Klub LainKolo Toure (arsenal.com)

Ada dua pemain yang pernah menjuarai Premier League bersama Arsenal dan Manchester City. Keduanya lebih dulu mengangkat trofi bareng Arsenal. Salah satunya Kolo Toure, bek asal Pantai Gading yang berseragam Arsenal pada 2002–2009.

Toure adalah bagian skuad The Invincibles Arsenal yang menjuarai EPL 2003/2004 tanpa kalah. Toure juga meraih empat trofi lain bersama The Gunners. Setelah itu, ia melanjutkan karier bersama Manchester City yang mulai menjelma jadi klub besar.

Bersama Manchester City, Toure turut memenangi EPL 2011/2012. Sukses itu pun bersejarah karena merupakan trofi Premier League pertama The Citizens. Pada pengujung kariernya, Toure juga sempat berseragam Liverpool, tetapi tak meraih gelar bersama mereka.

2. Gael Clichy

5 Pemain yang Juara EPL Bersama Manchester City dan Klub LainGael Clichy (mancity.com)

Gael Clichy bahu-membahu bersama Kolo Toure membawa Arsenal juara Premier League 2003/2004. Padahal, itu adalah musim pertama merumput di Inggris bagi Clichy. Bek kiri asal Prancis ini kemudian terus jadi andalan Arsenal hingga 2011, sebelum akhirnya hijrah ke Manchester City.

Hebatnya, musim pertama Clichy bersama Manchester City pun langsung berbuah gelar EPL. Ia bahkan sukses mengangkat trofi Premier League ketiganya pada 2013/2014. Clichy pun tercatat sebagai salah satu pemain Prancis tersukses dalam sejarah Premier League.

Baca Juga: 5 Klub yang Paling Sering Dibobol Carlos Tevez dalam Kariernya

3. Carlos Tevez

5 Pemain yang Juara EPL Bersama Manchester City dan Klub LainCarlos Tevez (premierleague.com)

Hanya ada satu pemain yang pernah juara EPL bersama Manchester City dan Manchester United. Pemain yang pernah membela dua klub rival sekota tersebut memang terbilang langka. Carlos Tevez adalah salah satunya.

Tevez lebih dulu membela Manchester United pada 2007–2009. Dalam dua musim, ia dua kali mengangkat trofi EPL bersama Setan Merah. Tambahan empat trofi juga diraih Tevez di Manchester United, termasuk Liga Champions Eropa.

Sayangnya, Tevez sempat berselisih dengan pihak manajemen Manchester United. Ia pun memilih pindah ke Manchester City, bahkan menetap lebih lama bersama mereka. Tevez turut membawa Manchester City memenangi persaingan melawan Manchester United ke tangga juara EPL 2011/2012.

4. James Milner

5 Pemain yang Juara EPL Bersama Manchester City dan Klub LainJames Milner (mancity.com)

Ada pula pemain yang meraih trofi EPL bersama Manchester City dan Liverpool. Ia adalah James Milner, pemain senior asal Inggris. Milner menjuarai Premier League bareng Manchester City pada 2011/2012 dan 2013/2014.

Milner kemudian hijrah ke Liverpool dan meraih trofi EPL 2019/2020. Ia juga memenangi enam gelar lain bersama The Reds.

Saat ini, Milner masih setia membela Liverpool. Namun, ada kemungkinan ia akan segera hengkang karena kontraknya habis pada musim panas 2023.

5. Riyad Mahrez

5 Pemain yang Juara EPL Bersama Manchester City dan Klub LainRiyad Mahrez (rfi.fr)

Satu pemain lagi adalah Riyad Mahrez, winger asal Aljazair. Mahrez adalah bagian dari skuad Leicester City yang membuat sejarah dengan menjuarai EPL 2015/2016. Berkat sukses itu, Mahrez mulai populer dan akhirnya direkrut Manchester City pada 2018.

Bersama Manchester City, Mahrez meraih tiga gelar EPL lagi. Dengan koleksi empat trofi, Mahrez pun menjadi pemain Afrika tersukses di EPL. Ia bahkan masih bisa menambah jumlah itu pada musim ini atau musim-musim mendatang.

Gabriel Jesus dan Oleksandr Zinchenko bakal menyusul lima pemain di atas jika Arsenal juara EPL 2022/2023. Bisakah mereka membantu The Gunners akhirnya menuntaskan misi juara?

Baca Juga: 5 Fakta Riyad Mahrez, Pesepak Bola yang Ulang Tahun pada 21 Februari

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya