5 Pemain Italia yang Meraih Trofi bersama Klub Inggris, Ada Juara EPL

Mereka memenangi berbagai macam trofi

Sejak dulu, ada banyak pesepak bola asal Italia yang mencoba berkarier di Inggris. Riccardo Calafiori adalah salah satu nama terbaru yang mengambil langkah tersebut. Calafiori resmi bergabung ke Arsenal pada musim panas 2024. Melihat kualitasnya, bek tengah 22 tahun itu amat mungkin bersinar di Arsenal.

Calafiori bahkan mungkin bisa membantu Arsenal memenangi trofi. Jika berhasil, ia bakal bergabung ke barisan pemain Italia yang pernah meraih trofi di Inggris. Sejauh ini, sudah banyak pemain yang mengisi daftar tersebut. Inilah lima nama di antaranya.

1. Gianfranco Zola memenangi enam trofi bareng Chelsea

5 Pemain Italia yang Meraih Trofi bersama Klub Inggris, Ada Juara EPLGianfranco Zola (chelseafc.com)

Salah satu pemain Italia yang sukses melegenda di Inggris adalah Gianfranco Zola. Zola merupakan striker yang membela Chelsea pada 1996–2003. Selama 7 tahun, ia konsisten tampil apik bersama The Blues. Zola berlaga 312 kali di semua ajang dan mencetak 80 gol serta 39 assist.

Jumlah itu mencakup 229 penampilan dan 59 gol di EPL. Zola pun menjadi pemain Italia yang paling sering tampil di EPL dan salah satu yang tersubur. Zola memang tak berhasil membawa Chelsea juara liga. Namun, kontribusinya menghasilkan total enam trofi bagi The Blues. Itu termasuk 2 Piala FA, 1 Piala Winners, dan 1 Piala Super Eropa.

2. Mario Balotelli masih menjadi satu-satunya pemain Italia yang pernah juara EPL

5 Pemain Italia yang Meraih Trofi bersama Klub Inggris, Ada Juara EPLMario Balotelli (x.com/ManCity)

Sejauh ini, hanya ada satu pemain Italia yang pernah mengangkat trofi Premier League. Ia adalah Mario Balotelli, striker Italia yang terkenal bengal. Balotelli adalah salah satu pemain kunci Manchester City saat menjuarai EPL 2011/2012. Ia tampil 23 kali di EPL musim tersebut dan menyumbang 13 gol.

Sebelumnya, Balotelli juga turut membawa Manchester City juara Piala FA 2010/2011. Secara total, ia membela The Citizens selama 2,5 musim pada 2010–2013. Statistiknya adalah 80 penampilan dan 30 gol di semua ajang. Balotelli juga sempat berbaju Liverpool pada 2014/2015. Namun, ia tumpul dan tak memenangi trofi bersama The Reds.

Baca Juga: Mengenang Trio Balotelli-Borini-Lambert, Rekor 1000 Menit Tanpa Gol

3. Matteo Darmian mengangkat tiga trofi saat membela Manchester United

5 Pemain Italia yang Meraih Trofi bersama Klub Inggris, Ada Juara EPLMatteo Darmian mencium trofi Liga Europa 2016/2017. (instagram.com/matteodarmian36)

Manchester United juga pernah meraih sukses bersama pemain asal Italia. Salah satunya Matteo Darmian, bek kanan yang membela Setan Merah pada 2015–2019. Darmian cukup diandalkan Manchester United dalam 2 musim pertamanya. Ia pun turut berjasa membawa mereka meraih tiga trofi.

Ketiga trofi itu adalah Piala FA 2015/2016 serta Liga Europa dan Piala Liga pada 2016/2017. Setelah itu, Darmian mulai jarang bermain bagi Manchester United. Ia pun hijrah ke Inter Milan dan masih menetap hingga kini.

4. Jorginho meraih empat trofi internasional bersama Chelsea

5 Pemain Italia yang Meraih Trofi bersama Klub Inggris, Ada Juara EPLJorginho (instagram.com/jorginhofrello)

Trofi Liga Champions Eropa pun pernah diraih pemain Italia bersama klub Inggris. Salah satu yang sukses mendapatkannya adalah Jorginho. Gelandang Italia kelahiran Brasil itu membawa Chelsea berjaya di Liga Champions 2020/2021. Ia berlaga 12 kali dalam perjalanan Chelsea jadi kampiun, termasuk tampil penuh di final.

Jorginho melengkapi keberhasilan itu dengan raihan dua trofi tambahan. The Blues dibawanya memenangi Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antarklub. Satu trofi lain yang sempat didapat Jorginho bersama Chelsea adalah Liga Europa 2018/2019. Artinya, Jorginho meraih total empat trofi internasional selama memperkuat The Blues.

5. Gianluca Scamacca membawa West Ham United akhiri 43 tahun puasa trofi mayor

5 Pemain Italia yang Meraih Trofi bersama Klub Inggris, Ada Juara EPLGianluca Scamacca mengangkat trofi Liga Konferensi Eropa 2022/2023. (instagram.com/iamscamacca)

Pemain Italia terbaru yang meraih trofi bareng klub EPL adalah Gianluca Scamacca. Ia menjadi bagian skuad West Ham United yang merajai Liga Konferensi Eropa 2022/2023. Scamacca memang tidak tampil di final karena saat itu sedang cedera. Namun, ia tetap punya andil penting berupa 3 gol dalam 7 penampilan.

Bagi West Ham United, itu adalah trofi mayor pertama mereka sejak 1980. Sementara, Scamacca baru kali itu mengangkat trofi sejak memulai karier profesional. Hebatnya, Scamacca langsung meraih trofi keduanya pada 2023/2024. Ia turut membawa Atalanta menjuarai Liga Europa.

Lima nama di atas hanya sebagian kecil pemain Italia yang pernah meraih trofi di Inggris. Kemungkinan besar, masih ada banyak pemain Italia yang akan menyusul sukses mereka. Apakah Riccardo Calafiori bakal termasuk?

Baca Juga: 5 Pemain Aktif Atalanta yang Pernah Membela Tim EPL, Scamacca Terbaru!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya