4 Pemain Inggris yang Membela Olympique Marseille sebelum Greenwood

Chris Waddle paling sukses 

Keberadaan pemain Inggris di Ligue 1 Prancis bukanlah hal yang langka. Sejak dahulu, sudah banyak pemain Inggris yang mencoba peruntungan di Prancis. Beberapa klub elite Prancis pun tak segan memakai jasa mereka. Salah satunya Olympique Marseille, yang pernah diperkuat pemain Inggris sejak 1930-an.

Pada musim panas 2024, jumlah pemain Inggris yang pernah membela Marseille bertambah. Les Olympiens kedatangan Mason Greenwood, winger jebolan akademi Manchester United. Melihat kualitasnya, Greenwood potensial menjadi pemain top Marseille. Tak heran jika ia diikat dengan kontrak jangka panjang berdurasi 5 tahun.

Jika mampu bersinar, Greenwood bakal menambah positif kesan pemain Inggris bagi Marseille. Sebelumnya, Les Olympiens pernah punya beberapa pemain Inggris yang tampil cukup baik. Inilah empat nama di antaranya.

1. Chris Waddle meraih tiga trofi Ligue 1 beruntun bersama Marseille

4 Pemain Inggris yang Membela Olympique Marseille sebelum GreenwoodChris Waddle (om.fr)

Chris Waddle adalah pemain Inggris paling top dalam sejarah Marseille. Waddle didatangkan Marseille dari Tottenham Hotspur pada 1989. Ia tak butuh waktu lama untuk menjadi pujaan baru publik Marseille berkat kehebatannya. Pada musim debutnya, Waddle mencetak 9 gol dan 12 assist di Ligue 1 yang turut membawa Marseille juara.

Selama 2 musim berikutnya, Waddle terus menjadi pemain kunci Marseille. Ia selalu berhasil membawa Marseille mempertahankan gelar juara liga. Maka, ada total tiga trofi Ligue 1 yang diraih Waddle bersama Marseille. Ia pun tercatat sebagai pemain Inggris tersukses dalam sejarah Ligue 1.

Di kancah Eropa, Waddle juga hampir membawa Marseille berjaya. Ia sukses mengantarkan Marseille ke final Liga Champions 1990/1991. Sayangnya, mereka dikalahkan Red Star Belgrade via adu penalti. Waddle meninggalkan Marseille pada 1992 dengan catatan 28 gol dan 36 assist dalam 140 penampilan.

2. Tyrone Mears sempat meloloskan Marseille ke perempat final Piala UEFA

4 Pemain Inggris yang Membela Olympique Marseille sebelum GreenwoodTyrone Mears merayakan gol ke gawang Ajax Amsterdam di Piala UEFA 2008/2009. (uefa.com)

Marseille juga pernah diperkuat pemain Inggris dengan status pinjaman. Salah satunya Tyrone Mears yang dipinjam dari Derby County pada 2008/2009. Mears yang berposisi bek kanan memang hanya tujuh kali berlaga bagi Marseille. Namun, hampir seluruh penampilannya ia lakoni secara penuh.

Mears juga sempat mencetak sebuah gol penting bagi Marseille. Ia membobol gawang Ajax Amsterdam pada leg kedua babak 16 besar Piala UEFA. Gol itu memastikan Marseille melangkah ke perempat final. Sayangnya, Marseille kemudian disingkirkan Shakhtar Donetsk. Mears sendiri akhirnya dikembalikan ke Derby County pada akhir musim.

Baca Juga: 7 Pemain yang Pernah Membela Olympique Marseille dan Manchester United

3. Joey Barton menjadi gelandang andalan Marseille meski hanya dipinjam

4 Pemain Inggris yang Membela Olympique Marseille sebelum GreenwoodJoey Barton (x.com/OM_English)

Joey Barton juga hanya membela Marseille sebagai pinjaman pada 2012/2013. Gelandang Inggris yang terkenal bengal itu dipinjam dari Queens Park Rangers (QPR). Pada awal musim, Barton sempat tak bisa tampil bagi Marseille karena larangan bertanding. Namun, ia langsung menjelma menjadi pemain penting Marseille setelah bisa bermain.

Selama dipinjam, Barton bermain 33 kali dan menyumbang 1 gol serta 3 assist. Marseille pun sukses dibawanya finis sebagai runner-up Ligue 1. Performa apik Barton membuat Marseille sempat mencoba mempermanenkan statusnya. Namun, mereka gagal mencapai kesepakatan dengan QPR hingga harus memulangkan Barton.

4. Emran Soglo mencetak gol pada debutnya bareng Marseille pada 2023/2024

4 Pemain Inggris yang Membela Olympique Marseille sebelum GreenwoodEmran Soglo mencetak gol bagi Marseille pada pekan kedua Ligue 1 2023/2024. (om.fr)

Sebelum kedatangan Mason Greenwood, skuad Marseille 2024/2025 sudah berisi satu pemain Inggris. Ia adalah Emran Soglo, gelandang berusia 19 tahun. Soglo lahir di Prancis, tetapi memilih membela timnas junior Inggris. Ia pernah menimba ilmu di akademi beberapa klub, termasuk Marseille sejak 2022.

Soglo mulai membela tim senior Marseille pada 2023/2024. Debutnya terjadi pada pekan kedua Ligue 1 melawan FC Metz. Hebatnya, Soglo langsung menghiasi debutnya dengan sebuah gol. Ia juga sempat membuat assist saat Marseille menjamu AS Monaco pada pekan ke-19.

Sejauh ini, Soglo sudah melakoni sembilan penampilan bersama Marseille. Bukan mustahil, ia akan lebih diandalkan pada 2024/2025. Soglo saat ini memiliki kontrak hingga 2025 di Marseille, dengan opsi perpanjangan 2 tahun.

Empat pemain Inggris di atas sempat memberi kesan positif saat membela Marseille. Mason Greenwood tentu diharapkan bisa melakukan hal yang sama. Jika berhasil, Greenwood bakal sekaligus membangkitkan lagi kariernya yang sempat meredup.

Baca Juga: 5 Rekrutan Terakhir Marseille dari Premier League, Ada Greenwood!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya