4 Pemain Inggris yang Merapat ke Serie A Italia pada Musim Panas 2024

Tiga pemain datang dari klub besar Premier League

Serie A Italia 2024/2025 bakal diramaikan cukup banyak pemain Inggris. Beberapa dari mereka sudah cukup lama bermain di Italia. Misalnya, ada Fikayo Tomori yang memperkuat AC Milan sejak awal 2021. Tammy Abraham pun masih bermain di Italia sejak tahun yang sama.

Ada pula empat pemain Inggris yang baru merapat ke Serie A. Mereka bergabung ke klub Serie A dari luar Italia pada musim panas 2024. Siapa saja mereka dan ke klub mana mereka merapat?

1. Ben Godfrey digaet Atalanta dari Everton

4 Pemain Inggris yang Merapat ke Serie A Italia pada Musim Panas 2024Ben Godfrey (instagram.com/atalantabc)

Pertama, ada Ben Godfrey, bek tengah yang membela Everton selama 4 musim ke belakang. Godfrey cukup diandalkan Everton dalam 2 musim pertamanya. Namun, cedera parah pada 2022/2023 membuatnya kehilangan tempat inti. Musim lalu, Godfrey hanya tampil 16 kali di semua ajang.

Godfrey akhirnya dilepas Everton ke Atalanta pada musim panas 2024. Nilai transfernya mencapai 12 juta euro atau Rp205 miliar. Godfrey pun menjadi pemain Inggris pertama Atalanta dalam hampir 40 tahun. Sebelumnya, pemain Inggris terakhir yang berseragam La Dea adalah Trevor Francis pada 1986/1987.

Sejak bergabung, Godfrey sudah dua kali tampil bagi Atalanta. Ia merumput pada laga Piala Super UEFA 2024 dan partai pembuka Serie A 2024/2025. Namun, Godfrey hanya duduk di bangku cadangan dalam dua laga terbaru Atalanta.

2. Omari Forson dilepas Manchester United lalu bergabung ke AC Monza

4 Pemain Inggris yang Merapat ke Serie A Italia pada Musim Panas 2024Omari Forson (acmonza.com)

Ada pula tiga pemain Inggris yang dilepas klub-klub elite Premier League ke Serie A. Salah satunya Omari Forson, winger 20 tahun jebolan akademi Manchester United. Forson sempat tampil bareng tim senior Setan Merah pada 2023/2024. Ia bermain 4 kali di Premier League dan 3 kali di Piala FA.

Kontrak Forson bersama Manchester United habis pada musim panas 2024. Ia sempat ditawari perpanjangan kontrak, tetapi akhirnya memutuskan hengkang. Forson lalu memilih AC Monza sebagai pelabuhan terbarunya. Ia bergabung secara gratis dan diberi kontrak hingga 2028.

Sayangnya, sejauh ini debut Forson bersama AC Monza masih tertunda. Ia sempat mengalami cedera otot saat baru bergabung. Setelah pulih, Forson pun baru sebatas jadi pengisi bangku cadangan timnya.

Baca Juga: 3 Pemain yang Berhasil Diboyong Gratis AC Monza pada 2024

3. Brooke Norton-Cuffy hengkang dari Arsenal ke Genoa karena nihil kesempatan tampil

4 Pemain Inggris yang Merapat ke Serie A Italia pada Musim Panas 2024Brooke Norton-Cuffy (instagram.com/nortoncuffy)

Brooke Norton-Cuffy juga merupakan lulusan akademi klub besar Inggris, yaitu Arsenal. Ia menandatangani kontrak profesional pertamanya bareng The Gunners pada 2021. Namun, selama 3 musim berikutnya, Norton-Cuffy hanya jadi pinjaman di klub-klub lain. Ia sama sekali tak pernah tampil bersama tim senior Arsenal.

Tak heran jika Norton-Cuffy akhirnya hengkang pada musim panas 2024. Bek kanan 20 tahun itu digaet Genoa dengan harga 2 juta euro atau Rp34 miliar. Ia juga diberikan kontrak jangka panjang hingga 2029. Namun, sejauh ini Norton-Cuffy belum tampil bersama Genoa.

4. Tino Anjorin hijrah secara gratis dari Chelsea ke Empoli

4 Pemain Inggris yang Merapat ke Serie A Italia pada Musim Panas 2024Tino Anjorin (instagram.com/faustinoanjorin)

Satu lagi pemain Inggris anyar di Serie A 2024/2025 adalah Tino Anjorin. Ia adalah gelandang serang 22 tahun hasil didikan akademi Chelsea. Anjorin debut bersama tim senior Chelsea pada 2019. Namun, selama 5 tahun berikutnya, ia hanya mencatat total lima penampilan bareng The Blues.

Anjorin habis kontrak bersama Chelsea pada musim panas 2024. Ia lalu berlabuh secara gratis di klub papan bawah Serie A, Empoli. Namun, Anjorin baru bergabung ke Empoli pada pengujung bursa transfer. Ia pun belum mendapat kesempatan tampil bareng klub barunya.

Empat pemain Inggris di atas memang tak memiliki nama besar. Namun, tiga di antaranya merupakan jebolan akademi klub besar Premier League. Mereka punya potensi untuk bersinar di Serie A Italia jika diberi cukup kesempatan tampil.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir FC Porto dari Serie A

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya