5 Pemain yang Mencetak Hattrick Bersama 2 Klub LaLiga Spanyol

Bahkan, ada yang cetak hattrick bagi tiga klub berbeda

Alvaro Morata sedang gacor bersama Atletico Madrid pada musim 2023/2024. Striker asal Spanyol itu sudah mencetak 17 gol dalam 24 penampilan di semua ajang. Musim 2023/2024 pun bisa menjadi musim tertajam dalam karier Morata. Sejauh ini, torehan terbanyak Morata dalam semusim adalah 20 gol yang ia raih pada 2016/2017 dan 2020/2021.

Terbaru, Morata pamer ketajaman dengan mencetak hattrick pada pekan ke-19 LaLiga melawan Girona FC. Itu adalah hattrick pertama Morata bagi Atletico Madrid. Namun, khusus di ajang LaLiga, itu adalah hattrick kedua Morata. Sebelumnya, ia juga pernah membuat trigol di LaLiga saat masih membela Real Madrid.

Dengan demikian, Alvaro Morata tergabung ke dalam barisan pemain yang pernah membuat hattrick bagi dua klub di LaLiga bersama deretan nama pemain lainnya ini.

1. David Villa membuat hattrick di LaLiga saat berseragam Real Zaragoza dan Valencia

5 Pemain yang Mencetak Hattrick Bersama 2 Klub LaLiga SpanyolDavid Villa (twitter.com/RealZaragoza)

Pertama, ada David Villa, salah satu pemain tertajam dalam sejarah LaLiga. Eks striker asal Spanyol itu berkarier di LaLiga pada 2003–2014. Ia pernah bermain bagi empat klub dan menorehkan total 186 gol, jumlah terbanyak ke-12 dalam sejarah LaLiga. Villa juga sempat mencetak hattrick di LaLiga bersama dua klub.

Hattrick pertama dicetak Villa bagi Real Zaragoza pada 2003/2004, alias musim debutnya di LaLiga. Saat itu, Villa bahkan membuat empat gol sekaligus dalam pertandingan melawan Sevilla. Sayangnya, Zaragoza gagal memenangi laga tersebut karena tertahan imbang 4-4.

Setelah membela Real Zaragoza, Villa pindah ke Valencia dan sukses mempertahankan ketajaman. Ia mencetak dua hattrick bersama Valencia di LaLiga pada 2005/2006 dan 2007/2008. Villa juga pernah berseragam Barcelona dan Atletico Madrid, tetapi tidak mencetak hattrick bagi mereka. 

Baca Juga: 5 Pemain yang Tampil Apik di Paruh Pertama LaLiga 2023/24

2. Roberto Soldado pernah mencetak hattrick bagi tiga klub di LaLiga

5 Pemain yang Mencetak Hattrick Bersama 2 Klub LaLiga SpanyolRoberto Soldado (instagram.com/r9soldado)

Roberto Soldado malah pernah membuat hattrick di LaLiga tak hanya bagi dua klub, tetapi tiga klub. Hattrick pertama Soldado tercipta di LaLiga 2006/2007 saat sang striker Spanyol membela Osasuna. Soldado lalu pindah ke Getafe dan mencetak 1 hattrick di LaLiga 2007/2008 serta 2 hattrick di LaLiga 2008/2009.

Tak selesai sampai di situ, Soldado membuat tambahan tiga hattrick di LaLiga saat membela Valencia. Maka, secara total, Soldado punya koleksi tujuh hattrick di LaLiga. Soldado bahkan juga pernah membuat hattrick saat bermain di luar Spanyol, tepatnya saat berseragam Tottenham Hotspur dan Fenerbahce.

3. Kevin Gameiro membukukan hattrick bareng dua klub dalam dua musim LaLiga beruntun

5 Pemain yang Mencetak Hattrick Bersama 2 Klub LaLiga SpanyolKevin Gameiro (instagram.com/kevingameirooff)

Ada pula pemain asing yang pernah membukukan hattrick di LaLiga bersama dua klub. Salah satunya Kevin Gameiro, striker asal Prancis. Gameiro cukup lama bermain di LaLiga, tepatnya pada 2013–2021. Musim terbaiknya adalah 2015/2016 saat ia membela Sevilla. Gameiro mencetak 16 gol di LaLiga pada musim tersebut, termasuk satu hattrick ke gawang Getafe.

Gameiro lalu pindah membela Atletico Madrid pada 2016/2017. Hebatnya, ia pun mencetak trigol di LaLiga musim tersebut. Kali itu ke gawang Sporting Gijon. Klub terakhir yang dibela Gameiro di LaLiga adalah Valencia. Namun, ia tidak mencetak hattrick bagi mereka.

4. Youssef En-Nesyri pernah membuat hattrick bersama Leganes dan Sevilla

5 Pemain yang Mencetak Hattrick Bersama 2 Klub LaLiga SpanyolYoussef En-Nesyri (instagram.com/ennesyri15)

Youssef En-Nesyri pun pernah membuat hattrick bagi dua klub di LaLiga. En-Nesyri membuat hattrick pertamanya pada musim 2018/2019 saat membela Leganes. Striker asal Maroko tersebut lalu diboyong Sevilla pada Januari 2020 dan masih bertahan hingga kini. Sejauh ini, En-Nesyri sudah menciptakan dua hattrick bagi Sevilla di LaLiga.

Kedua hattrick En-Nesyri tercipta pada musim 2020/2021, bahkan hanya berjarak dua pekan. Ia membuat trigol saat Sevilla mengalahkan Real Sociedad 3-2 pada 9 Januari 2021. Tepat 14 hari kemudian, En-Nesyri memborong tiga gol kemenangan Sevilla atas Cadiz di LaLiga.

Karena masih aktif membela Sevilla, En-Nesyri masih bisa menambah koleksi hattrick di LaLiga. Namun, hal itu belum akan terjadi dalam waktu dekat. En-Nesyri untuk sementara bakal absen membela Sevilla karena harus memperkuat Timnas Maroko di Piala Afrika 2023.

5. Alvaro Morata sukses mencetak hattrick di LaLiga bagi Duo Madrid

5 Pemain yang Mencetak Hattrick Bersama 2 Klub LaLiga SpanyolAlvaro Morata merayakan gol ke gawang Girona di LaLiga 2023/2024. (instagram.com/atleticodemadrid)

Alvaro Morata menjadi pemain terbaru yang mencetak hattrick bersama dua klub di LaLiga. Uniknya, Morata melakukannya bagi duo Madrid, yaitu Real Madrid dan Atletico Madrid. Hattrick Morata bagi Real Madrid terjadi di LaLiga 2016/2017. Tiga gol Morata membawa Real Madrid menang 4-2 atas Leganes pada pekan ke-30 musim tersebut.

Sementara, hattrick bagi Atletico Madrid baru saja dibukukan Morata pada pekan ke-19 LaLiga 2023/2024 melawan Girona. Sayangnya, kali itu Morata berada di pihak yang kalah meski berhasil membuat tiga gol. Hattrick Morata sempat membawa Atletico Madrid menyamakan skor jadi 3-3, tetapi mereka akhirnya harus keok 3-4.

Tidak mudah mencetak hattrick di kompetisi elite seperti LaLiga Spanyol, apalagi bersama dua klub berbeda. Lima pemain di atas terbukti berkualitas karena mampu melakukannya. Siapa lagi pemain yang bisa menyusul mereka?

Baca Juga: 5 Pemain Spanyol Tertajam dalam Sejarah Liga Champions, Ada Morata

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya