Pemain Denmark Tersubur dalam Sejarah Euro, Ada yang Masih Aktif

Kasper Dolber sempat tampil di Euro 2024 #EURO2024

Timnas Denmark meraih hasil mengecewakan di Euro 2024. Performa Denmark sudah tak meyakinkan sejak melakoni fase grup. Mereka lolos sebagai runner-up Grup C, tetapi tidak impresif karena tak meraih kemenangan. Memasuki fase gugur, langkah Denmark pun langsung dihentikan oleh Jerman pada babak 16 besar.

Denmark juga tumpul di Euro 2024. Dalam 4 laga, mereka hanya mencetak 2 gol via Christian Eriksen dan Morten Hjulmand. Alhasil, daftar top skor sepanjang masa Denmark di Euro pun belum mengalami perubahan. Inilah lima pemain Denmark teratas di daftar tersebut, yang mengoleksi masing-masing tiga gol.

1. Frank Arnesen mencetak tiga gol di Euro, semuanya pada edisi 1984

Pemain Denmark Tersubur dalam Sejarah Euro, Ada yang Masih AktifFrank Arnesen (dbu.dk)

Pertama, ada Frank Arnesen, pencetak tiga gol bagi Denmark di Euro 1984. Ketiga gol Arnesen saat itu terjadi pada fase grup. Denmark pun dibawanya finis sebagai runner-up grup. Karena Euro 1984 hanya diikuti delapan tim, mereka langsung lolos ke babak semifinal.

Menghadapi Spanyol di semifinal, Arnesen sempat menyumbang assist. Namun, Denmark tertahan 1-1 dan akhirnya kalah adu penalti. Euro 1984 sendiri menjadi satu-satunya edisi yang diikuti Arnesen. Ia tidak berangkat ke Euro 1988 karena sudah keburu pensiun dari timnas.

2. Henrik Larsen menjadi pahlawan Denmark saat juara Euro 1992 dengan torehan tiga gol

Pemain Denmark Tersubur dalam Sejarah Euro, Ada yang Masih AktifHenrik Larsen mengangkat trofi Euro 1992. (dbu.dk)

Timnas Denmark pernah membuat kejutan besar dengan menjuarai Euro 1992. Ledakan Denmark saat itu menjadi awal mula julukan Tim Dinamit yang melekat pada mereka. Salah satu anggota skuad Denmark yang meledak di Euro 1992 adalah Henrik Larsen. Larsen membuat tiga gol yang membawa Denmark juara sekaligus membuatnya menjadi top skor.

Dua gol Larsen khususnya krusial karena tercipta pada babak semifinal kontra Belanda. Pada babak final, Larsen tak mencetak gol tetapi juga berjasa dalam kemenangan Denmark atas Jerman. Larsen kembali menjadi bagian skuad Denmark di Euro 1996. Namun, ia tidak mencetak gol dan gagal meloloskan Denmark dari fase grup.

Baca Juga: 4 Pemain Liverpool yang Belum Bermain di Fase Grup Euro 2024

3. Brian Laudrup mencetak tiga gol di Euro 1996 tetapi gagal membawa Denmark lolos dari grup

Pemain Denmark Tersubur dalam Sejarah Euro, Ada yang Masih AktifBrian Laudrup (x.com/EURO2024)

Brian Laudrup juga adalah bagian skuad Denmark yang juara Euro 1992. Ia tampil dalam lima laga Denmark hingga final dan menyumbang satu assist. Pada edisi 1996, Laudrup makin produktif. Ia sukses mencetak tiga gol, semuanya pada fase grup. Rinciannya, Laudrup membuat 1 gol ke gawang Portugal dan 2 gol ke gawang Turki.

Sayangnya, ketajaman Laudrup gagal membawa Denmark melangkah jauh. Mereka terhenti pada fase grup karena kalah bersaing dengan Portugal dan Kroasia. Laudrup kemudian sempat bersinar lagi di Piala Dunia 1998. Setelah itu, ia pensiun dari timnas sehingga tidak tampil di Euro 2000.

4. Jon Dahl Tomasson adalah top skor sepanjang masa Denmark dengan 52 gol, termasuk 3 gol di Euro

Pemain Denmark Tersubur dalam Sejarah Euro, Ada yang Masih AktifJon Dahl Tomasson (dbu.dk)

Timnas Denmark tampil buruk di Euro 2000, bahkan gagal mencetak satu gol pun. Jon Dahl Tomasson yang menjadi striker utama Denmark saat itu pun harus menanggung malu. Namun, ia berhasil bangkit di Euro 2004. Tomasson menjadi protagonis Denmark dengan torehan 3 gol dan 1 assist, semuanya pada fase grup.

Sayangnya, Tomasson tumpul saat Denmark digebuk Ceko pada babak perempat final. Ia juga tidak menambah gol di Euro 2008 karena Denmark gagal lolos. Tomasson sendiri punya koleksi total 52 gol bagi Timnas Denmark. Jumlah itu membuatnya menjadi top skor sepanjang masa negaranya hingga kini.

5. Kasper Dolberg mencetak tiga gol di Euro 2020 tetapi gagal menambah koleksi pada 2024

Pemain Denmark Tersubur dalam Sejarah Euro, Ada yang Masih AktifKasper Dolberg (instagram.com/kasperdolberg)

Pemain Denmark kelima yang mencetak tiga gol di Euro adalah Kasper Dolberg. Ia melakukannya pada edisi 2020. Dolberg mencetak 2 gol pada babak 16 besar dan 1 gol pada laga perempat final. Denmark pun dibawanya menembus semifinal, capaian terbaik mereka di Euro sejak 1992.

Di Euro 2024, Dolberg kembali menjadi bagian skuad Denmark. Sayangnya, kali ini ia gagal mencetak gol karena minim kesempatan bermain. Dolberg hanya tampil 7 menit pada laga kontra Slovenia dan setengah jam saat melawan Inggris. Dolberg pun hanya jadi penonton saat Denmark dikalahkan Jerman pada babak 16 besar.

Di antara lima pemain di atas, hanya Kasper Dolberg yang masih aktif bermain. Striker 26 tahun itu pun masih punya peluang tampil dan mencetak gol di edisi Euro berikutnya. Jika berhasil, Dolberg bakal memegang predikat pemain Denmark tersubur di Euro sendirian.

Baca Juga: 6 Pemain Terpenting di Skuad Denmark selama Euro 2024

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya