8 Pemain Chelsea yang Menjuarai Euro, Cucurella Terbaru

Semuanya berperan membawa negaranya juara

Intinya Sih...

  • Timnas Spanyol menjuarai Euro 2024 dengan andil kolektif para pemain dari berbagai klub, termasuk Marc Cucurella dari Chelsea.
  • Dua pemain Chelsea membawa Timnas Spanyol juara Euro 2012, sementara tiga pemain Chelsea membantu Prancis juara Euro 2000.
  • Jorginho dan Emerson Palmieri dari Chelsea sukses membawa Italia juara Euro 2020 dengan penampilan yang gemilang.

Timnas Spanyol menjuarai Euro 2024 berkat andil kolektif para pemain mereka. Seluruh anggota skuad Spanyol bahu-membahu meski berasal dari berbagai klub. Salah satunya Marc Cucurella, bek kiri yang membela Chelsea.

Cucurella memang kerap dinilai belum tampil maksimal bersama Chelsea. Namun, ia sukses membuktikan kualitas sebenarnya di Euro 2024. Cucurella berperan penting membawa Spanyol juara hingga masuk Team of the Tournament.

Sukses Cucurella di Euro 2024 pun secara tak langsung turut mengangkat nama Chelsea. The Blues layak berbangga karena Cucurella bukan pemain pertama mereka yang berjaya di Euro. Inilah delapan nama yang menjuarai Euro saat berstatus pemain Chelsea.

1. Didier Deschamps menjadi kapten Timnas Prancis saat menjuarai Euro 2000

8 Pemain Chelsea yang Menjuarai Euro, Cucurella TerbaruDidier Deschamps (x.com/EURO2024)

Euro 2000 dimenangi Timnas Prancis bersama tiga pemain Chelsea. Salah satunya Didier Deschamps, gelandang bertahan sekaligus kapten Prancis saat itu. Deschamps tampil dalam seluruh laga Les Blues di Euro 2000.

Sebelumnya, Deschamps pula yang mengapteni Prancis saat juara Piala Dunia 1998. Ia juga punya karier gemilang di level klub. Bersama Chelsea, ia turut memenangi Piala FA 1999/2000. Deschamps bahkan sukses sebagai pelatih dengan membawa Prancis juara Piala Dunia 2018.

2. Marcel Desailly diandalkan di jantung pertahanan Prancis di Euro 2000

8 Pemain Chelsea yang Menjuarai Euro, Cucurella TerbaruMarcel Desailly (x.com/EURO2024)

Marcel Desailly juga berperan penting membawa Prancis juara Euro 2000. Bek tengah tangguh itu tampil penuh dalam seluruh laga timnya. Ia bahkan sempat memakai ban kapten menggantikan Deschamps dalam dua pertandingan.

Seperti Deschamps, Desailly juga saat itu berstatus pemain Chelsea. Ia membela The Blues pada 1998–2004 dan mencatat 222 penampilan. Desailly juga sempat mengangkat tiga trofi bareng Chelsea.

3. Frank Leboeuf tampil satu kali bagi Prancis di Euro 2000

8 Pemain Chelsea yang Menjuarai Euro, Cucurella TerbaruFrank Leboeuf (x.com/EURO2024)

Satu lagi pemain Chelsea di skuad Prancis yang memenangi Euro 2000 adalah Frank Leboeuf. Ia adalah bek yang cukup diandalkan Chelsea pada 1996–2001. Namun, Leboeuf bukanlah pemain utama di timnas negaranya.

Leboeuf hanya bermain satu kali di Euro 2000. Ia tampil melawan Belanda pada laga terakhir fase grup saat Prancis sudah dipastikan lolos ke babak gugur. Namun, Leboeuf tetap berhak mengangkat trofi juara yang diraih timnya. Leboeuf juga punya andil saat Prancis memenangi Piala Dunia 1998 dan Piala Konfederasi 2001.

4. Fernando Torres meraih sepatu emas Euro 2012 dan membawa Spanyol juara

8 Pemain Chelsea yang Menjuarai Euro, Cucurella TerbaruFernando Torres (x.com/EURO2024)

Dua pemain Chelsea juga berjasa membawa Timnas Spanyol juara Euro 2012. Salah satunya Fernando Torres, striker yang baru didatangkan Chelsea pada awal 2011/2012. Torres mencetak 3 gol dan 1 assist yang menghasilkan trofi Euro ketiga bagi Spanyol. Plus, ia menyabet trofi sepatu emas pada akhir turnamen.

Musim panas 2012 pun bergelimang gelar bagi Torres. Pasalnya, ia juga meraih trofi Liga Champions Eropa 2011/2012 bersama Chelsea. Torres menyusul lima pemain lain yang saat itu sudah pernah mengawinkan trofi Euro dan Liga Champions.

Baca Juga: 7 Pemain Inggris yang Terlupakan di Euro 2024, Cuma Cadangan!

5. Juan Mata hanya tampil sebentar di final Euro 2012, tetapi sukses mencetak gol

8 Pemain Chelsea yang Menjuarai Euro, Cucurella TerbaruJuan Mata (x.com/EURO2024)

Skuad Spanyol di Euro 2012 juga berisi winger Chelsea, Juan Mata. Mata adalah pemain andalan Chelsea saat itu. Namun, ia tak banyak dapat kesempatan di timnas. Mata hanya tampil satu kali di Euro 2012, tepatnya di final melawan Italia.

Saat itu, Mata baru diturunkan saat laga memasuki menit ke-86. Hebatnya, ia sukses mencetak gol 3 menit kemudian. Gol Mata mengunci kemenangan Spanyol dengan skor 4-0. Itu adalah kemenangan terbesar di partai final dalam sejarah Euro.

6. Jorginho mengawinkan trofi Liga Champions 2020/2021 dan Euro 2020

8 Pemain Chelsea yang Menjuarai Euro, Cucurella TerbaruJorginho (x.com/EURO2024)

Italia keluar sebagai juara Euro 2020 yang digelar pada musim panas 2021. Sementara, Chelsea adalah kampiun Liga Champions Eropa 2020/2021. Dua pemain Chelsea yang membela Italia di Euro 2020 pun sukses mengawinkan kedua trofi. Salah satunya Jorginho, gelandang bertahan andalan Gli Azzurri.

Jorginho melakoni seluruh laga Italia di Euro 2020 dan hampir selalu tampil penuh. Ia turut mengokohkan lini pertahanan timnya hingga hanya kebobolan 4 kali dalam 7 laga. Berkat suksesnya bersama Chelsea dan Italia, Jorginho terpilih sebagai pemain terbaik Eropa 2021.

7. Emerson Palmieri menjadi andalan Italia pada fase krusial di Euro 2020

8 Pemain Chelsea yang Menjuarai Euro, Cucurella TerbaruEmerson Palmieri (x.com/EURO2024)

Pemain Chelsea lain di skuad Italia saat juara Euro 2020 adalah Emerson Palmieri. Emerson yang berposisi bek kiri awalnya hanya menjadi pelapis Leonardo Spinazzola. Namun, cederanya Spinazzola membuat Italia beralih mengandalkan Emerson pada fase krusial.

Emerson menjadi starter pada laga semifinal dan final Euro 2020. Hasilnya, ia turut membawa Italia mengalahkan Spanyol dan Inggris. Selama Emerson berada di lapangan, Italia hanya kebobolan satu gol.

8. Marc Cucurella berperan dalam pertahanan dan serangan Spanyol di Euro 2024

8 Pemain Chelsea yang Menjuarai Euro, Cucurella TerbaruMarc Cucurella (instagram.com/cucurella3)

Marc Cucurella menjadi pemain Chelsea terbaru yang menjuarai Euro. Ia adalah pemain Spanyol dengan menit bermain terbanyak di Euro 2024 setelah kiper Unai Simon. Sebagai bek, peran Cucurella dalam bertahan amat besar. Ia membuat 8 tekel dan 34 kali merebut bola, salah satu jumlah terbanyak di timnya.

Cucurella bahkan juga punya peran krusial dalam serangan Spanyol. Ia membuat assist bagi gol kemenangan Spanyol di final melawan Inggris. Tak heran jika Cucurella masuk Euro 2024 Team of the Tournament di pos bek kiri.

Delapan pemain pernah menjuarai Euro saat membela Chelsea. Hal itu tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi The Blues. Siapa lagi penggawa Chelsea yang bakal menyusul mereka pada masa depan?

Baca Juga: 6 Pemain Tersubur pada Fase Knockout Euro, Tak Ada Cristiano Ronaldo

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya