5 Pemain Cetak Gol saat Debut Bersama Fiorentina, Ada yang Baru

Ada yang membuat hattrick pada debutnya

Intinya Sih...

  • Albert Gudmundsson mencetak hattrick pada debutnya bersama Fiorentina, meski hanya tampil sebagai pengganti.
  • Nuno Gomes mencetak hattrick saat debut bersama Fiorentina dan membuat 13 gol pada musim debutnya.
  • Luca Toni mencetak 33 gol dalam satu musim pertamanya bersama Fiorentina, rekor tertinggi dalam sejarah klub.

Fiorentina meraih kemenangan perdana di Serie A Italia 2024/2025 pada pekan kelima. Menjamu Lazio, La Viola menang 2-1 usai tertinggal lebih dulu. Bintang kemenangan Fiorentina atas Lazio adalah Albert Gudmundsson. Striker Islandia itu memborong dua gol Fiorentina meski hanya tampil sebagai pengganti.

Torehan Gudmundsson makin mengesankan karena itu adalah laga debutnya bersama Fiorentina. Ia baru bergabung musim ini sebagai pinjaman dari Genoa. Gudmundsson pun masuk ke barisan pemain Fiorentina yang sukses mencetak gol saat debut. Termasuk Gudmundsson, inilah lima nama di antaranya.

1. Nuno Gomes membuat hattrick pada debutnya bareng Fiorentina di Coppa Italia 2000/2001

5 Pemain Cetak Gol saat Debut Bersama Fiorentina, Ada yang BaruNuno Gomes (x.com/acffiorentina)

Aksi Gudmundsson membuat brace saat debut bersama Fiorentina memang memukau. Namun, Fiorentina pernah punya pemain yang debutnya bahkan lebih gemilang. Ia adalah Nuno Gomes, eks striker top Portugal. Tak hanya dua, Gomes mencetak tiga gol sekaligus alias hattrick saat debut bareng La Viola.

Gomes membela Fiorentina pada 2000–2002. Debutnya terjadi pada laga putaran pertama Coppa Italia 2000/2001. Menghadapi Salernitana, trigol Gomes turut membawa Fiorentina menang 5-0. Fiorentina pun melaju, bahkan akhirnya jadi juara Coppa Italia musim tersebut. Gomes sendiri sempat mencetak gol pada laga final kontra Parma.

Secara keseluruhan, Gomes membuat 13 gol pada musim debutnya di Fiorentina. Namun, Gomes tak lama menetap di Fiorentina. Setelah mewarnai musim keduanya dengan catatan tujuh gol, ia hengkang pada musim panas 2002.

Baca Juga: 3 Pemain Pinjaman Fiorentina dari Sesama Klub Serie A pada 2024/2025

2. Luca Toni membuat rekor 33 gol pada musim debutnya membela Fiorentina

5 Pemain Cetak Gol saat Debut Bersama Fiorentina, Ada yang BaruLuca Toni (x.com/acffiorentina)

Luca Toni juga melakoni debut bersama Fiorentina di ajang Coppa Italia. Ia tampil pada putaran pertama Coppa Italia 2005/2006 melawan Cisco Lodigiani. Toni memang hanya membuat satu gol pada laga tersebut. Namun, torehannya itu mengawali total 33 gol yang ia buat sepanjang musim.

Jumlah 33 gol itu adalah rekor dalam sejarah Fiorentina. Tak ada pemain Fiorentina lain yang mampu mencapai jumlah tersebut dalam semusim. Toni juga tajam pada musim keduanya dengan catatan 16 gol. Sayangnya, ia hanya bertahan 2 musim di Fiorentina sebelum diboyong Bayern Munich.

3. Alberto Gilardino membuat gol di Liga Champions saat debut bersama Fiorentina

5 Pemain Cetak Gol saat Debut Bersama Fiorentina, Ada yang BaruAlberto Gilardino (x.com/acffiorentina)

Sementara, laga debut Alberto Gilardino bareng Fiorentina terjadi di Liga Champions Eropa. Gilardino saat itu tampil pada laga kualifikasi Liga Champions 2008/2009. Melawan Slavia Praha, satu gol Gilardino turut membawa Fiorentina menang agregat 2-0. Fiorentina pun melaju ke putaran final, meski kemudian tersingkir pada fase grup.

Gilardino sendiri akhirnya menutup 2008/2009 dengan 25 gol di semua ajang. Ia menetap selama 3,5 tahun sebelum hengkang ke Genoa. Namun, Gilardino sempat kembali ke Fiorentina pada 2014/2015 sebagai pinjaman. Secara total, Gilardino mengoleksi 63 gol dalam 157 penampilan bersama Fiorentina.

4. Nicolas Gonzalez membuat 1 gol dan 1 assist pada laga debut membela Fiorentina

5 Pemain Cetak Gol saat Debut Bersama Fiorentina, Ada yang BaruNicolas Gonzalez (instagram.com/nicoigonzalez)

Berikutnya, ada Nicolas Gonzales, winger yang masih berstatus pemain Fiorentina. Namun, Gonzalez musim ini sedang dipinjam Juventus. Gonzalez menarik minat Juventus usai tampil tajam pada 2023/2024 lalu. Ia menjadi top scorer La Viola dengan 16 gol di semua ajang.

Ketajaman Gonzalez di Fiorentina memang sudah tampak pada laga debutnya. Ia membuat 1 gol dan 1 assist saat debut di Coppa Italia 2021/2022. Sejak itu, pria Argentina tersebut hampir selalu diandalkan Fiorentina. Sayangnya, La Viola mungkin akan segera ditinggal Gonzalez. Pasalnya, Juventus punya opsi untuk membelinya pada akhir 2024/2025.

5. Albert Gudmundsson gacor saat tampil perdana pada 2024/2025 meski baru pulih

5 Pemain Cetak Gol saat Debut Bersama Fiorentina, Ada yang BaruAlbert Gudmundsson (instagram.com/acffiorentina)

Albert Gudmundsson menjadi pemain Fiorentina terbaru yang mencetak gol saat debut. Gudmundsson resmi dipinjam Fiorentina dari Genoa pada pertengahan Agustus 2024. Namun, debutnya bareng La Viola sempat tertunda karena cedera. Gudmundsson baru bisa tampil pada pekan kelima Serie A 2024/2025 melawan Lazio.

Gudmundsson tak menjadi starter pada laga tersebut. Ia baru turun pada paruh babak saat Fiorentina tertinggal 0-1. Hebatnya, Gudmundsson sukses mewarnai 45 menit debutnya dengan dua gol. Kedua golnya memang hanya tercipta dari eksekusi penalti. Namun, itu sudah cukup membuat Gudmundsson jadi pahlawan kemenangan Fiorentina.

Gol pada laga debut bisa mengawali koleksi banyak gol seorang pemain di sebuah klub. Empat pemain di atas yang mendahului Albert Gudmundsson telah membuktikannya. Bisakah Gudmundsson mengikuti jejak mereka di Fiorentina?

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Torino dalam 5 Laga Awal Serie A 2024/2025

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya