4 Pemain Brasil yang Juara Premier League Bersama Manchester City

Savinho bisa menyusul

Manchester City mendominasi English Premier League (EPL) dalam 4 musim terakhir. Namun, The Citizens tidak lantas bersantai pada musim panas 2024. Mereka telah mendatangkan satu pemain penuh talenta asal Brasil. Ia adalah Savinho, winger muda yang bersinar bareng Girona FC pada 2023/2024.

Savinho berperan besar membawa Girona finis di tiga besar LaLiga Spanyol musim lalu. Kini, ia pasti membidik prestasi lebih hebat, yaitu mengantarkan Manchester City juara EPL. Savinho bisa menjadi pemain Brasil kelima yang memenangi EPL bareng The Citizens. Inilah empat nama yang sudah lebih dahulu melakukannya.

1. Fernandinho adalah pemain Brasil pertama yang membawa Manchester City juara Premier League

4 Pemain Brasil yang Juara Premier League Bersama Manchester CityFernandinho mengangkat trofi EPL 2020/2021. (mancity.com)

Pemain Brasil pertama yang menjuarai Premier League bersama Manchester City adalah Fernandinho. Gelandang plontos itu bergabung ke Manchester City pada musim panas 2013. Hebatnya, Fernandinho langsung jadi andalan The Citizens di pos gelandang bertahan. Ia tampil 33 kali di EPL 2013/2014 dan sukses membawa Manchester City juara.

Sejak itu, Fernandinho terus menjadi sosok kunci di lini tengah Manchester City. Ia menetap hingga 2022 dan mencatat total 383 penampilan di semua ajang. Koleksi trofinya mencapai 13 buah, termasuk 5 trofi EPL. Dua trofi kasta tertinggi Liga Inggris terakhirnya pada 2021 dan 2022 bahkan ia dapatkan sebagai kapten Manchester City.

2. Ederson meraih enam trofi Premier League bareng Manchester City dan masih bisa bertambah

4 Pemain Brasil yang Juara Premier League Bersama Manchester CityEderson (mancity.com)

Manchester City mendatangkan tiga pemain Brasil sekaligus pada awal 2017/2018. Salah satunya Ederson Moraes, kiper yang diboyong dari Benfica. Ederson didatangkan untuk mengemban peran kiper utama Manchester City. Hasilnya, ia mencatat 17 clean sheet di Premier League 2017/2018 dan turut membawa The Citizens juara.

Ederson konsisten tampil prima hingga terus diandalkan Manchester City. Ia sempat meraih EPL Golden Glove tiga kali beruntun pada 2020–2022. Tambahan lima trofi EPL pun didapatkan Ederson bersama Manchester City. Artinya, Ederson kini punya koleksi enam trofi kasta tertinggi Liga Inggris.

Jumlah itu membuat Ederson tercatat sebagai pemain Brasil tersukses di Premier League. Ia merebut predikat tersebut dari Fernandinho. Karena masih aktif bermain di EPL, Ederson berpeluang untuk terus mempertajam rekornya.

Baca Juga: 6 Pemain Brasil yang Direkrut Manchester City pada Era Pep Guardiola

3. Gabriel Jesus empat kali berjasa membawa Manchester City juara Premier League

4 Pemain Brasil yang Juara Premier League Bersama Manchester CityGabriel Jesus (mancity.com)

Gabriel Jesus juga bergabung ke Manchester City pada 2017/2018. Berbeda dengan Ederson, Gabriel Jesus tak melulu diandalkan The Citizens. Pemain berposisi striker itu kerap tampil sebagai pengganti pada musim debutnya. Namun, ia sukses mencetak 13 gol yang turut membawa Manchester City juara.

Pada musim-musim berikutnya, nasib Gabriel Jesus terbilang tak banyak berubah. Ia tak pernah benar-benar menjadi striker andalan Manchester City. Padahal, Gabriel Jesus punya statistik yang cukup gemilang. Ia mencetak 95 gol dan 45 assist dalam 236 laga di semua ajang.

Produktivitas Gabriel Jesus turut menghasilkan empat trofi Premier League bagi Manchester City. Namun, ia akhirnya hengkang pada 2022 demi kesempatan tampil yang lebih besar. Gabriel Jesus kini membela Arsenal, tetapi sejauh ini belum berhasil membawa The Gunners juara.

4. Danilo hanya bertahan 2 musim di Manchester City, tetapi sukses meraih dua trofi Premier League

4 Pemain Brasil yang Juara Premier League Bersama Manchester CityDanilo (mancity.com)

Satu lagi pemain Brasil yang pernah membawa Manchester City juara Premier League adalah Danilo. Ia adalah bek kanan yang membela Manchester City pada 2017–2019. Dalam 2 musim, Danilo tak banyak dapat kesempatan tampil. Ia hanya bermain 60 kali di semua ajang sebelum akhirnya dilepas ke Juventus.

Meski demikian, Danilo tetap terbilang sukses bersama Manchester City. Ia memenangi 5 trofi, termasuk 2 trofi EPL. Jumlah itu bahkan lebih banyak dari koleksinya selama 5 musim membela Juventus sejauh ini.

Manchester City diunggulkan untuk kembali menjuarai Premier League pada 2024/2025. Artinya, Savinho punya kans untuk segera menyusul capaian empat pemain di atas. Berapa kiranya trofi kasta tertinggi Liga Inggris yang akan dimenangi Savinho selama membela Manchester City?

Baca Juga: 4 Pemain Manchester United yang Cedera pada Pramusim 2024/2025

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya