3 Pemain Borussia Dortmund yang Buat Gol pada Fase Grup Euro 2024

Fuellkrug sudah mengoleksi dua gol #EURO2024

Borussia Dortmund tampil cukup apik pada 2023/2024. Meski gagal meraih trofi, Dortmund sempat mencapai babak final Liga Champions Eropa. Kiprah banyak pemain Dortmund pun masuk radar timnas negaranya masing-masing. Alhasil, ada delapan penggawa Die Borussen yang dipanggil memperkuat timnas di Euro 2024.

Hingga selesainya fase grup Euro 2024, kedelapan pemain tersebut masih bertahan. Mereka turut membawa negaranya masing-masing melangkah ke fase knockout. Beberapa bahkan sudah memberi kontribusi lebih berupa torehan gol. Inilah tiga pemain Borussia Dortmund yang mencetak gol pada fase grup Euro 2024.

1. Niclas Fuellkrug mencetak dua gol bagi Jerman meski selalu tampil sebagai pengganti

3 Pemain Borussia Dortmund yang Buat Gol pada Fase Grup Euro 2024Niclas Fuellkrug (instagram.com/niclas.fuellkrug24)

Timnas Jerman membawa tiga pemain Borussia Dortmund ke Euro 2024. Hebatnya, dua pemain di antaranya sukses mencetak gol di fase grup. Yang pertama adalah striker mereka, Niclas Fuellkrug. Tak seperti di klub, Fuellkrug memang hanya berstatus striker pelapis bagi timnas. Namun, hal itu tak menghalanginya untuk pamer ketajaman.

Fuellkrug berhasil membuat 2 gol dalam 3 laga fase grup Euro 2024. Padahal, ia selalu turun sebagai pemain pengganti. Gol pertamanya hadir pada laga pembuka Grup A melawan Skotlandia. Masuk lapangan pada menit ke-63, Fuellkrug langsung menjebol gawang lawan pada menit ke-68. Laga itu sendiri dimenangi Jerman dengan skor 5-1.

Berikutnya, Fuellkrug menjadi penyelamat Jerman pada laga penutup grup kontra Swiss. Ia turun sejak menit ke-76, lalu mencetak gol pada injury time. Jerman pun menuai hasil imbang 1-1 setelah sempat tertinggal. Fuellkrug sendiri berhasil menambah koleksinya menjadi 13 gol dalam 19 caps bersama timnas di semua ajang.

Baca Juga: 5 Pemain Bundesliga 2 Jerman yang Berpartisipasi di Euro 2024

2. Emre Can menciptakan gol indah saat Jerman membantai Skotlandia pada laga pembuka Euro 2024

3 Pemain Borussia Dortmund yang Buat Gol pada Fase Grup Euro 2024Emre Can (x.com/EURO2024)

Emre Can sang kapten Borussia Dortmund juga sudah mencetak gol di Euro 2024. Uniknya, Can sebenarnya hampir tidak dibawa Timnas Jerman ke Euro 2024. Ia baru dipanggil jelang turnamen dimulai untuk mengggantikan Aleksandar Pavlovic yang cedera.

Hasilnya, kehadiran Can di skuad Jerman terbukti tidak sia-sia. Gelandang bertahan 30 tahun itu memang hanya diplot sebagai pelapis di lini tengah. Namun, ia sempat menyumbang gol saat Jerman membantai Skotlandia di fase grup. Tampil dalam 10 menit terakhir laga, Can mencetak gol kelima Jerman pada injury time.

Proses gol Can pun terbilang cantik. Dari luar kotak penalti, Can melepaskan tembakan akurat ke sudut kiri gawang Skotlandia. Bagi Can, itu adalah gol internasional keduanya, sekaligus yang pertama di Euro. Gol debut Can bagi timnas sendiri terjadi sudah cukup lama, tepatnya pada 2017 silam.

3. Marcel Sabitzer membawa Austria kalahkan Belanda sekaligus menjadi juara Grup D

3 Pemain Borussia Dortmund yang Buat Gol pada Fase Grup Euro 2024Marcel Sabitzer (instagram.com/marcel7sabitzer)

Satu lagi pemain Borussia Dortmund yang sudah membuat gol di Euro 2024 adalah Marcel Sabitzer. Sabitzer adalah gelandang anyar Borussia Dortmund yang langsung jadi andalan pada 2023/2024. Peran serupa ia emban di timnas negaranya, Austria. Sabitzer selalu tampil penuh dalam tiga laga Austria di fase grup Euro 2024.

Austria sendiri tergabung dalam Grup D yang keras karena berisi Belanda, Prancis, dan Polandia. Hebatnya, mereka berhasil keluar sebagai juara grup berkat dua kemenangan. Yang pertama diraih pada laga melawan Polandia dengan skor 2-1. Sabitzer menjadi pemberi assist untuk gol kedua Austria di laga tersebut.

Berikutnya, Sabitzer kembali bersinar pada laga terakhir grup kontra Belanda. Austria dan Belanda sempat saling berbalas gol pada laga tersebut. Saat kedudukan 2-2, Sabitzer muncul sebagai pahlawan. Golnya pada menit ke-80 memastikan kemenangan sekaligus status juara grup bagi Austria.

Seluruh pemain Borussia Dortmund yang tampil di Euro 2024 sukses mencapai fase knockout. Tiga di antaranya sudah mencetak gol, lima sisanya pun bisa menyusul. Namun, incaran terbesar mereka tentu adalah gelar juara Euro 2024. Adakah pemain Borussia Dortmund yang bisa meraihnya?

Baca Juga: 4 Pemain Nomor 10 di Timnas Italia dalam 4 Edisi Euro Terakhir

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya