3 Pemain Barcelona yang Mencetak Gol di Fase Grup Euro 2024

Ada yang gagal lolos ke babak 16 besar #EURO2024

Barcelona adalah salah satu klub yang paling banyak mengirimkan pemainnya ke Euro 2024. Total, ada sebelas penggawa El Barca yang berangkat ke turnamen di Jerman tersebut. Banyak dari mereka pun tak sekadar dibawa, tetapi juga menjadi andalan timnas negaranya.

Hingga selesainya fase grup Euro 2024, beberapa pemain Barcelona sudah berhasil unjuk gigi. Itu termasuk tiga pemain yang sukses mencetak gol. Sayangnya, tidak semuanya berhasil melaju ke babak 16 besar. Inilah ketiga pemain Barcelona yang sempat menjebol gawang lawan di fase grup Euro 2024.

1. Ilkay Gundogan memastikan kemenangan Jerman atas Hungaria di Grup A

3 Pemain Barcelona yang Mencetak Gol di Fase Grup Euro 2024Ilkay Gundogan (instagram.com/ilkayguendogan)

Pemain Barcelona pertama yang membuat gol di Euro 2024 adalah Ilkay Gundogan. Gelandang sekaligus kapten Jerman itu membuat gol pada matchday kedua Grup A melawan Hungaria. Gundogan memanfaatkan assist Maximilian Mittelstadt untuk menceploskan bola ke gawang lawan.

Gol tersebut sekaligus menjadi pengunci kemenangan Jerman 2-0 atas Hungaria. Sebelumnya, Jerman unggul via gol Jamal Musiala yang juga hasil umpan Gundogan. Berkat kemenangan itu, Jerman pun memastikan diri lolos ke babak 16 besar.

Sebagai gelandang, Gundogan memang aktif membantu serangan Jerman selama fase grup. Ia adalah salah satu pemain Jerman yang paling sering melakukan tembakan. Plus, kepemimpinannya membawa Jerman meraih hasil nyaris sempurna dalam tiga laga.

2. Ferran Torres mencetak gol tunggal kemenangan Spanyol atas Albania

3 Pemain Barcelona yang Mencetak Gol di Fase Grup Euro 2024Ferran Torres (instagram.com/adidasfootball)

Spanyol adalah negara yang paling banyak membawa pemain Barcelona ke Euro 2024. Ada empat penggawa Blaugrana yang tampil membela Spanyol. Semuanya sudah tampil di fase grup, tetapi hanya Ferran Torres yang membuat gol. Torres mencetak gol tunggal kemenangan Spanyol atas Albania pada laga penutup Grup B.

Bagi Torres, itu adalah gol ketiganya di Euro. Sebelumnya, Torres juga sudah membuat 2 gol dalam 6 penampilan di Euro 2020. Secara keseluruhan, ia bahkan sudah mengoleksi 20 gol dalam 44 caps bagi timnas. Torres pun berstatus pemain tersubur kedua di skuad Spanyol saat ini, hanya kalah dari Alvaro Morata.

Torres sebenarnya tidak menjadi pemain inti Spanyol di Euro 2024. Winger 24 tahun itu jadi starter di laga melawan Albania hanya karena Spanyol sudah lolos ke babak 16 besar. Namun, ketajamannya masih akan dibutuhkan di fase knockout jika Spanyol kesulitan membuat gol.

3. Robert Lewandowski sempat membuat gol tetapi gagal membawa Polandia lolos dari fase grup

3 Pemain Barcelona yang Mencetak Gol di Fase Grup Euro 2024Robert Lewandowski (instagram.com/_rl9)

Satu lagi pemain Barcelona yang membuat gol di fase grup Euro 2024 adalah Robert Lewandowski. Striker andalan sekaligus kapten Polandia itu mencetak gol pada laga terakhir Grup D. Ia menjebol gawang Prancis via penalti yang menyamakan kedudukan jadi 1-1. Skor itu pun bertahan hingga akhir laga.

Bagi Lewandowksi, itu adalah golnya yang keenam dalam 13 penampilan di Euro. Ia juga mempertahankan rekor selalu membuat gol di setiap edisi Euro sejak 2012. Lewandowski pun makin mantap sebagai pemain tersubur Polandia dalam sejarah Euro.

Sayangnya, gol Lewandowski ke gawang Prancis tak cukup membawa Polandia ke babak 16 besar. Polandia bahkan sudah tersingkir sejak laga kedua karena dua kali kalah. Dengan demikian, kiprah Lewandowski di Euro kemungkinan besar sudah berakhir. Berusia 35 tahun, kecil kemungkinan Lewandowski masih akan berlaga di Euro 2028.

Ilkay Gundogan dan Ferran Torres akan lanjut berkompetisi di babak knockout Euro 2024. Selain mereka, beberapa pemain Barcelona lain pun masih akan terus berlaga bersama negaranya. Siapa lagi penggawa El Barca yang akan menghiasi Euro 2024 dengan golnya?

Baca Juga: Prancis Lolos, Mbappe dan Lewandowski Berbalas Penalti

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya