5 Pemain Asia yang Pernah Memenangi Piala Liga Inggris, Endo Terbaru

Park Ji Sung tersukses

Liverpool sudah berhasil meraih trofi pada 2023/2024. The Reds menjuarai Piala Liga Inggris usai menundukkan Chelsea di final. Bagi Liverpool, itu adalah raihan trofi kedelapan dalam 6 musim terakhir. Namun, bagi para pemain yang baru bergabung musim ini, itu merupakan trofi perdana mereka bersama Liverpool.

Salah satu pemain anyar tersebut adalah Wataru Endo. Diboyong dari VfB Stuttgart pada musim panas 2023, Endo sudah mengangkat trofi bareng The Reds. Gelandang Jepang itu juga akhirnya meraih gelar perdana sejak mulai berkarier di Eropa pada 2018. Plus, Endo kini tergabung dalam daftar lima pemain Asia yang pernah memenangi Piala Liga Inggris.

1. Park Ji Sung punya koleksi tiga trofi Piala Liga bersama Manchester United

5 Pemain Asia yang Pernah Memenangi Piala Liga Inggris, Endo TerbaruPark Ji Sung (manutd.com)

Pemain Asia pertama yang sukses menjuarai Piala Liga Inggris adalah Park Ji Sung. Park adalah gelandang legendaris Korea Selatan yang berseragam Manchester United pada 2005–2012. Selama 7 tahun, Park turut memenangi 11 trofi bareng Setan Merah. Ia pun masih menjadi pemain Asia tersukses yang pernah berkarier di Inggris.

Koleksi trofi Park bersama Manchester United mencakup tiga gelar Piala Liga. Ia pertama kali meraihnya pada 2005/2006 alias musim perdananya di Inggris. Setelah itu, Park mengangkat dua trofi lagi pada 2008/2009 dan 2009/2010. Sejauh ini, Park masih menjadi satu-satunya pemain Asia yang memenangi Piala Liga Inggris lebih dari sekali.

2. Lee Young Pyo turut memenangi Piala Liga 2007/2008, trofi terakhir Tottenham Hotspur

5 Pemain Asia yang Pernah Memenangi Piala Liga Inggris, Endo TerbaruLee Young Pyo (tottenhamhotspur.com)

Kompatriot Park Ji Sung di Timnas Korea Selatan, Lee Young Pyo, juga sempat menjuarai Piala Liga Inggris. Lee adalah bek kiri yang bermain untuk Tottenham Hotspur pada 2005–2008. Selama membela Tottenham, Lee mencatat 93 penampilan di semua ajang. Ia juga sempat mempersembahkan trofi Piala Liga pada musim terakhirnya alias 2007/2008.

Saat itu, Lee berjasa besar membawa Tottenham melaju ke final Piala Liga. Ia tampil penuh pada babak 16 besar, perempat final, dan dua partai semifinal. Meski akhirnya absen di final, andil Lee dalam kesuksesan Tottenham pun cukup besar. Trofi Piala Liga 2007/2008 sendiri akhirnya menjadi trofi mayor terakhir Tottenham hingga kini.

Baca Juga: Catatan Miris Chelsea Usai Kalah di Final Piala Liga Inggris 2023/2024

3. Ki Sung Yueng menjadi bagian skuad Swansea City yang menjuarai Piala Liga 2012/2013

5 Pemain Asia yang Pernah Memenangi Piala Liga Inggris, Endo TerbaruKi Sung Yueng (premierleague.com)

Pemain Korea Selatan ketiga yang memenangi Piala Liga Inggris adalah Ki Sung Yueng. Sukses Ki yang terjadi pada 2012/2013 terbilang lebih fenomenal. Pasalnya, saat itu Ki tidak membela salah satu klub besar. Ia hanya berseragam Swansea City, klub yang sebelumnya tak pernah memenangi trofi mayor di Inggris.

Penampilan apik Swansea sepanjang 2012/2013 pun terbilang mengejutkan. Di English Premier League (EPL), mereka finis di peringkat ke-9. Swansea juga sukses memenangi trofi Piala Liga. Dalam perjalanan ke final, The Swans bahkan sempat menyingkirkan Liverpool dan Chelsea.

Ki punya andil besar dalam keberhasilan itu. Ia tampil dalam seluruh laga Swansea sejak putaran kedua hingga final. Hebatnya, Ki juga sukses melangkah ke final Piala Liga 2013/2014 saat dipinjam Sunderland. Sayangnya, ia gagal meraih trofi lagi setelah dikalahkan Manchester City di final.

4. Takumi Minamino berperan penting membawa Liverpool juara Piala Liga 2021/2022

5 Pemain Asia yang Pernah Memenangi Piala Liga Inggris, Endo TerbaruTakumi Minamino merayakan gelar juara Piala Liga 2021/2022. (liverpoolfc.com)

Pada 2021/2022, giliran pemain Jepang yang berjaya di ajang Piala Liga Inggris. Ia adalah Takumi Minamino, gelandang yang saat itu berseragam Liverpool. Minamino memang minim menit bermain di EPL musim tersebut. Namun, ia menjadi andalan The Reds di Piala Liga.

Minamino tampil lima kali dalam perjalanan Liverpool ke final. Ia berperan penting membawa Liverpool melaju berkat sumbangsih 4 gol dan 1 assist. Meski Minamino akhirnya diparkir di final, sukses The Reds saat itu tetap tak lepas dari andilnya. Plus, ia punya peran besar dalam membawa Liverpool juara Piala FA pada musim yang sama.

5. Wataru Endo sudah memenangi Piala Liga pada musim perdana membela Liverpool

5 Pemain Asia yang Pernah Memenangi Piala Liga Inggris, Endo TerbaruWataru Endo (liverpoolfc.com)

Wataru Endo juga punya peran yang tak kalah besar saat membawa Liverpool juara Piala Liga 2023/2024. Gelandang bertahan asal Jepang itu tampil dalam tiga laga Liverpool hingga perempat final. Setelah itu, Endo sempat absen di dua partai semifinal. Alasannya adalah karena ia sedang membela negaranya di Piala Asia 2023.

Setelah kembali ke skuad Liverpool, Endo pun langsung masuk skuad The Reds di final melawan Chelsea. Ia tampil 120 menit dalam partai yang berujung babak perpanjangan waktu tersebut. Perannya sebagai gelandang bertahan membuat gawang Liverpool aman sepanjang laga. The Reds pun akhirnya juara berkat gol tunggal Virgil van Dijk pada menit ke-118.

Sudah lima pemain Asia yang berhasil mengangkat trofi Piala Liga Inggris. Keberhasilan itu tentu membanggakan karena Piala Liga merupakan salah satu turnamen mayor di Inggris. Siapa lagi pemain Benua Asia yang bakal menyusul capaian mereka?

Baca Juga: Pembuktian Wataru Endo sebagai Mesin Tempur Liverpool

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya