3 Pemain Argentina Terakhir yang Menjadi Top Scorer Copa America

Semuanya sukses membawa Argentina juara

Copa America 2024 selesai dengan keluarnya Argentina sebagai juara. Tim Tango sukses mempertahankan gelar yang mereka dapat pada edisi 2021 lalu. Di final, Argentina menang 1-0 atas Kolombia. Gol semata wayang Argentina dicetak Lautaro Martinez pada babak perpanjangan waktu.

Bagi Martinez, itu adalah gol kelimanya di Copa America 2024. Striker Inter Milan itu pun sukses merebut gelar top scorer pada akhir turnamen. Martinez juga menambah panjang deretan pemain Argentina yang pernah menjadi top scorer Copa America. Inilah tiga nama terakhir yang sukses melakukannya.

1. Gabriel Batistuta menjadi top scorer Copa America 1991 dan 1995

3 Pemain Argentina Terakhir yang Menjadi Top Scorer Copa AmericaGabriel Batistuta (conmebol.com)

Pertama, ada Gabriel Batistuta, striker legendaris Argentina. Batistuta pernah memegang predikat pencetak gol terbanyak sepanjang masa Argentina. Ia mengoleksi 56 gol dalam 78 penampilan bersama timnas. Sebanyak 13 gol di antaranya lahir di Copa America. Batistuta pun menjadi salah satu pemain tersubur di ajang tersebut.

Batistuta juga pernah dua kali merebut sepatu emas Copa America. Ia bahkan langsung menjadi top scorer pada debutnya di Copa America 1991. Batistuta mencetak 6 gol dalam 6 penampilan di sepanjang turnamen. Argentina pun dibawanya menjadi juara usai mengalahkan Kolombia pada laga penentuan putaran kedua.

Batistuta kembali mengantarkan Argentina juara Copa America 1993. Namun, kali itu ia tidak menjadi top scorer. Sebaliknya, Argentina gagal juara saat Batistuta menjadi pemain tersubur Copa America 1995. Ia mencetak empat gol, tetapi tak mampu membawa timnya melewati Brasil pada perempat final.

2. Lionel Messi membawa Argentina juara Copa America 2021 sekaligus menjadi top scorer

3 Pemain Argentina Terakhir yang Menjadi Top Scorer Copa AmericaLionel Messi mengangkat trofi pemain terbaik Copa America 2021. (copaamerica.com)

Setelah menjuarai edisi 1993, Argentina sempat lama puasa gelar juara Copa America. Kemunculan Lionel Messi pun awalnya tak mampu mengubah keadaan. Namun, upaya Tim Tango akhirnya membuahkan hasil pada 2021. Mereka kembali berjaya di Copa America dengan Messi sebagai pahlawan.

Messi punya peran sentral dalam membawa Argentina juara. Ia mencetak 4 gol dan 5 assist dalam perjalanan Tim Tango ke final. La Pulga pun meraih trofi internasional pertama yang amat ia dambakan. Plus, Messi merebut gelar top scorer dan dengan layak terpilih sebagai pemain terbaik Copa America 2021.

Setelah itu, tambahan dua trofi mayor bahkan sukses diraih Argentina secara beruntun. Mereka menjuarai Piala Dunia 2022 dan Copa America 2024. Messi pun selalu menjadi pemain kunci Argentina dalam kedua keberhasilan tersebut.

3. Lautaro Martinez meraih gelar individual pertama bersama timnas di Copa America 2024

3 Pemain Argentina Terakhir yang Menjadi Top Scorer Copa AmericaLautaro Martinez mengangkat trofi sepatu emas Copa America 2024. (instagram.com/inter)

Lautaro Martinez juga menjadi bagian skuad Argentina yang bertabur trofi sejak 2021. Ia turut menyumbang tiga gol saat Argentina juara Copa America 2021. Martinez juga tampil enam kali di Piala Dunia 2022. Namun, sukses di Copa America 2024 tentu terasa paling manis bagi Martinez.

Pasalnya, kali ini Martinez tak hanya juara, tetapi juga meraih gelar individual. Perannya membawa Tim Tango berjaya pun amat nyata. Sebanyak 4 dari 5 gol Argentina pada fase grup adalah ciptaan Martinez. Seluruh golnya juga menghasilkan kemenangan bagi Argentina.

Di partai final melawan Kolombia, Martinez sebenarnya tidak menjadi starter. Ia baru masuk lapangan pada babak tambahan saat serangan Argentina masih buntu. Hasilnya terbukti moncer. Gol Martinez pada menit 112 cukup bagi Tim Tango untuk membawa pulang trofi ke-16. Argentina pun sah menjadi negara tersukses dalam sejarah Copa America.

Tiga pemain di atas tak hanya pernah menjadi top scorer Copa America. Mereka juga sukses membawa timnya juara, bahkan masing-masing dua kali. Siapa pemain Argentina lain yang bakal menyusul prestasi mereka?

Baca Juga: Top Scorer Copa America 2024: Lautaro Martinez Kokoh

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya