3 Pemain Anyar Girona 2024/2025 yang Bergabung dari Klub Inggris

Ada yang memecahkan rekor pembelian Girona

Girona FC tampil luar biasa di LaLiga Spanyol 2023/2024. Mereka finis di tiga besar klasemen hingga lolos ke Liga Champions Eropa untuk pertama kali. Namun, Girona harus kehilangan sejumlah pemain pentingnya pada musim panas 2024. Artem Dovbyk, Savinho, hingga Aleix Garcia tak lagi membela Girona pada 2024/2025.

Sebagai gantinya, Girona telah mendatangkan sejumlah pemain anyar pada musim panas 2024. Itu termasuk tiga pemain yang bergabung dari klub Inggris, baik secara permanen maupun sementara. Inilah ketiga pemain tersebut.

1. Yaser Asprilla menjadi pemain termahal yang pernah dibeli Girona

3 Pemain Anyar Girona 2024/2025 yang Bergabung dari Klub InggrisYaser Asprilla (instagram.com/yaser_asprilla_10)

Pertama, ada Yaser Asprilla, winger anyar Girona yang diboyong dari Watford. Untuk mendatangkan Asprilla, Girona rela merogoh kocek 18 juta euro atau Rp305 miliar. Nilai itu tak istimewa jika dibanding transaksi yang biasa dilakukan klub-klub LaLiga lain. Namun, bagi Girona, itu adalah rekor pembelian termahal dalam sejarah mereka.

Tentu, bukan tanpa alasan Girona berani memecahkan rekor demi membeli Asprilla. Ia memang hanya bermain di divisi kedua Liga Inggris dalam 2 musim terakhir. Namun, pemain asal Kolombia itu nyaris tak tergantikan di tim inti Watford. Ia tampil 86 kali bagi Watford dan menyumbang 7 gol serta 10 assist.

Statistik itu dicapai Asprilla dalam usia yang baru menginjak 20 tahun. Potensi besar Asprilla pun membuat Girona berani memberi kontrak 6 tahun baginya. Asprilla juga sudah diberi kesempatan tampil bareng klub barunya. Ia bermain dalam dua laga terakhir Girona di LaLiga 2024/2025, keduanya sebagai pengganti.

Baca Juga: 4 Pemain Amerika Selatan di Skuad Girona 2024/2025

2. Donny van de Beek akhirnya dilepas permanen Manchester United

3 Pemain Anyar Girona 2024/2025 yang Bergabung dari Klub InggrisDonny van de Beek (instagram.com/donnyvdbeek)

Sementara, Donny van de Beek didatangkan Girona dengan harga yang terbilang murah. Transfer Van de Beek dari Manchester United hanya menelan biaya 500 ribu euro atau Rp8,5 miliar. Padahal, ia dibeli mahal oleh Manchester United dari Ajax Amsterdam pada 2020. Saat itu, Setan Merah harus merogoh kocek 39 juta euro atau Rp666 miliar.

Bukan tanpa alasan harga Van de Beek turun signifikan. Gelandang Belanda itu memang gagal total di Manchester United. Jangankan bersinar, untuk mendapat menit bermain saja Van de Beek kesulitan. Selama 4 tahun, ia hanya sempat tampil 62 kali bagi Manchester United di semua ajang.

Maka, meninggalkan Manchester United adalah langkah yang melegakan bagi Van de Beek. Ia akhirnya bisa memulai lembaran baru di tempat lain. Baru berusia 27 tahun, perjalanan karier Van de Beek masih panjang. Van de Beek pun segera menandatangani kontrak 4 tahun bersama Girona.

Meski demikian, Van de Beek tentu tetap harus berusaha merebut tempat inti di Girona. Sejauh ini, ia masih berstatus pelapis. Van de Beek baru tampil satu kali selama 9 menit pada pekan ketiga LaLiga 2024/2025. Namun, ia sempat menghiasi debutnya bareng Girona itu dengan sebuah assist.

3. Bryan Gil dipinjam dari Tottenham Hotspur dan sudah mencetak gol bagi Girona

3 Pemain Anyar Girona 2024/2025 yang Bergabung dari Klub InggrisBryan Gil (laliga.com)

Satu lagi pemain anyar Girona yang bergabung dari klub Inggris adalah Bryan Gil. Ia merupakan winger Spanyol yang membela Tottenham Hotspur sejak 2021. Namun, Gil minim kesempatan bermain bersama Tottenham. Ia pun sempat dipinjamkan ke beberapa klub, termasuk ke Girona pada 2024/2025.

Meski hanya pinjaman, Gil sudah berhasil merebut tempat di skuad inti Girona. Ia selalu tampil sebagai starter dalam empat laga awal Girona musim ini. Gil juga sudah menyumbang satu gol bagi Girona. Ia membuka kemenangan 4-0 Girona atas Osasuna pada pekan ketiga LaLiga 2024/2025.

Girona bakal menghadapi musim yang berat pada 2024/2025. Selain di LaLiga dan Copa del Rey, mereka akan tampil di Liga Champions untuk pertama kalinya. Mampukah tiga pemain anyar di atas membantu Girona bersaing di ketiga ajang tersebut?

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Tersubur Derbi Catalan antara Girona dan Barcelona

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya