3 Pemain Aktif yang Punya Koleksi 7 Gol di Euro, Bersaing Ketat

Ada dua yang mencetak gol di Euro 2024

Euro 2024 tidak mengubah peta persaingan di pucuk daftar top scorer sepanjang masa Euro. Cristiano Ronaldo gagal mencetak gol di Euro 2024, tetapi rekor 14 golnya tak tergoyahkan. Koleksi sembilan gol milik Michel Platini pun belum terkejar. Namun, ada persaingan cukup ketat di bawah Ronaldo dan Platini.

Empat pemain menyandang status pemain tersubur ketiga di Euro dengan masing-masing tujuh gol. Salah satunya sudah pensiun, yaitu Alan Shearer. Namun, tiga sisanya masih aktif dan bisa menambah koleksi golnya. Inilah ketiga pemain tersebut.

1. Antoine Griezmann gagal menambah koleksi golnya di Euro 2024

3 Pemain Aktif yang Punya Koleksi 7 Gol di Euro, Bersaing KetatAntoine Griezmann (instagram.com/antogriezmann)

Pertama, ada Antoine Griezmann, striker Prancis yang berlaga di Euro sejak 2016. Griezmann langsung tampil gemilang pada edisi debutnya itu. Ia mencetak 6 gol dan 2 assist yang turut meloloskan Prancis ke final. Les Blues memang akhirnya gagal juara. Namun, Griezmann tetap menjadi top scorer dan terpilih sebagai pemain terbaik Euro 2016.

Griezmann berhasil menambah koleksi golnya di Euro 2020. Ia membobol gawang Hungaria pada fase grup. Namun, kali itu capaian Prancis menurun. Griezmann dan kawan-kawan gagal melewati adangan Swiss pada babak 16 besar.

Di Euro 2024, Griezmann masih menjadi andalan Prancis. Ia tampil dalam seluruh laga timnya hingga semifinal, tetapi gagal mencetak gol. Torehan Griezmann di Euro pun untuk sementara mentok di angka 7 gol dalam 17 penampilan. Sudah berusia 33 tahun, peluang Griezmann untuk tampil lagi di Euro 2028 pun terbilang tidak besar.

Baca Juga: Rapor 9 Pemain Juventus 2023/2024 di Euro 2024

2. Alvaro Morata mencetak gol ketujuh di Euro 2024 dan membawa Spanyol juara

3 Pemain Aktif yang Punya Koleksi 7 Gol di Euro, Bersaing KetatAlvaro Morata (instagram.com/alvaromorata)

Alvaro Morata juga punya koleksi 7 gol dalam 17 penampilan di Euro. Seperti Griezmann, kiprah Morata di Euro bermula pada 2016. Saat itu, sang striker Spanyol membuat tiga gol pada fase grup. Namun, ia tumpul saat timnya disingkirkan Italia pada babak 16 besar.

Morata juga sukses mencetak tiga gol di Euro 2020. La Furia Roja pun mampu dibawanya hingga semifinal. Namun, lagi-lagi mereka harus keok di tangan Italia. Saat itu, Morata sempat membobol gawang Italia pada waktu normal. Sayangnya, ia menjadi penentu kekalahan Spanyol pada adu penalti gara-gara eksekusinya gagal.

Di Euro 2024, ketajaman Morata menurun. Ia hanya membuat satu gol meski selalu tampil dalam tiap laga Spanyol. Meski demikian, Euro 2024 justru menjadi edisi tersukses bagi Morata. Sebagai kapten, ia berhasil memimpin skuad Spanyol juara dengan rekor 100 persen menang.

Morata akan berusia 35 tahun pada Euro 2028 mendatang. Peluangnya untuk tampil lagi dan menambah gol di Euro cukup terbuka. Plus, ia masih punya kans mengejar predikat top scorer sepanjang masa Timnas Spanyol. Koleksi Morata sejauh ini adalah 36 gol. Ia terpaut 23 gol dari David Villa sebagai pemain tersubur Spanyol dengan 59 gol.

3. Harry Kane paling berpeluang menambah koleksi gol di Euro

3 Pemain Aktif yang Punya Koleksi 7 Gol di Euro, Bersaing KetatHarry Kane (instagram.com/harrykane)

Sementara, koleksi 7 gol Harry Kane di Euro didapat dalam 18 penampilan. Kane sempat mandul di Euro 2016 meski tampil empat kali. Namun, ia moncer di Euro 2020 dengan torehan empat gol. Kane juga sukses mengapteni Inggris ke final, meski akhirnya gagal juara usai digebuk Italia.

Ketajaman Kane berlanjut di Euro 2024. Ia membuat tiga gol dan lagi-lagi berhasil meloloskan negaranya ke final. Sialnya, The Three Lions kembali urung mengangkat trofi. Kane pun menjadi kapten pertama yang mengalami kekalahan beruntun di final Euro.

Dibanding Griezmann dan Morata, Kane paling berpeluang menambah koleksi gol di Euro. Pasalnya, Kane saat ini masih berusia 30 tahun. Striker Inggris itu juga belum punya pesaing sepadan di lini depan timnas. Kemungkinan besar, Kane masih akan diandalkan Inggris di Euro 2028.

Tiga pemain di atas masih punya peluang menambah koleksi gol di Euro. Syaratnya, mereka harus konsisten menjaga performa dan kebugaran hingga 4 tahun ke depan. Mungkinkah mereka mengejar rekor gol Michel Platini atau bahkan Cristiano Ronaldo di Euro?

Baca Juga: Kiprah 3 Pemain Wolverhampton Wanderers di Euro 2024

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya