3 Negara yang Lolos dari Fase Grup Euro meski Tidak Pernah Menang

Ada yang berhasil juara #EURO2024

Pada era sepak bola modern, turnamen internasional sering kali memakai sistem setengah kompetisi. Mulanya, seluruh timnas negara peserta dibagi ke dalam beberapa grup. Tim-tim dengan koleksi poin terbanyak di tiap grup kemudian akan lolos ke fase gugur.

Tiap tim tentu akan berupaya meraih kemenangan pada fase grup. Tanpa kemenangan, tiket ke babak gugur hampir mustahil didapat. Namun, sejarah membuktikan, tim yang gagal menang di grup terkadang bisa tetap melaju.

Hal itu bahkan pernah terjadi di turnamen sekelas Euro. Sejauh ini, ada tiga negara yang pernah mengalaminya. Itu termasuk dua negara peserta Euro 2024 yang tengah berlangsung.

1. Portugal tak pernah menang pada fase grup Euro 2016, tetapi akhirnya jadi juara

3 Negara yang Lolos dari Fase Grup Euro meski Tidak Pernah MenangPortugal juara Euro 2016. (x.com/EURO2024)

Tim pertama yang pernah lolos dari fase grup Euro tanpa menang adalah Portugal. Selecao das Quinas mengalaminya pada 2016. Saat itu, Cristiano Ronaldo dan kolega tergabung di Grup F bersama Hungaria, Islandia, dan Austria. Di atas kertas, Portugal diunggulkan untuk memuncaki klasemen. Namun, hasil di lapangan berkata sebaliknya.

Jangankan jadi juara grup, Portugal malah nihil kemenangan dalam tiga laga. Mereka diimbangi Islandia 1-1 pada matchday pertama. Portugal lalu tumpul saat bermain imbang 0-0 dengan Austria. Pada laga penentuan pun Portugal tertahan Hungaria dengan skor 3-3.

Alhasil, Portugal menutup fase grup di peringkat ketiga dengan koleksi tiga poin. Beruntung, mereka tetap bisa lolos sebagai salah satu peringkat ketiga terbaik. Euro 2016 sendiri adalah edisi Euro pertama yang menggunakan sistem tersebut.

Meski berbau keberuntungan, Portugal nyatanya terbukti memang layak lolos. Mereka sukses melibas lawan-lawan pada fase gugur hingga mencapai final. Puncaknya, Portugal menundukkan tuan rumah, Prancis, dan merebut gelar juara. Itu adalah trofi Euro pertama sekaligus satu-satunya bagi Portugal hingga kini.

Baca Juga: 3 Kiper Muda yang Diandalkan Negaranya di Euro 2024

2. Denmark lolos sebagai runner-up Grup C Euro 2024 meski tak pernah menang

3 Negara yang Lolos dari Fase Grup Euro meski Tidak Pernah MenangTimnas Denmark (x.com/dbulandshold)

Di Euro 2024, ada dua negara sekaligus yang lolos dari fase grup tanpa kemenangan. Salah satunya Denmark yang tergabung di Grup C bersama Inggris, Slovenia, dan Serbia. Seperti Portugal pada 2016, Denmark juga hanya bermain imbang dalam tiga partai grup.

Berturut-turut, Denmark diimbangi Slovenia dan Inggris dengan skor 1-1. Partai penentuan kontra Serbia pun berujung sama kuat 0-0. Namun, Denmark tetap melaju ke fase gugur. Mereka bahkan lolos sebagai runner-up Grup C.

Hal itu mungkin karena Grup C Euro 2024 sarat hasil imbang. Kecuali laga Inggris melawan Serbia, semua partai yang digelar di Grup C berakhir seri. Denmark sendiri akhirnya harus bersua Jerman pada babak 16 besar. Melawan tim tuan rumah, Denmark digebuk dengan skor 0-2 dan tersisih.

3. Slovenia juga gagal menang pada fase grup Euro 2024, tetapi tetap melaju

3 Negara yang Lolos dari Fase Grup Euro meski Tidak Pernah MenangTimnas Slovenia (x.com/nzs_si)

Slovenia juga lolos dari Grup C Euro 2024 tanpa kemenangan. Hasil yang mereka raih pun identik dengan Denmark. Slovenia bermain imbang 1-1 saat menghadapi Denmark dan Serbia. Setelah itu, laga penutup antara Slovenia melawan Inggris berakhir tanpa gol.

Meski punya rekor sama persis dengan Denmark, Slovenia hanya berakhir di peringkat ketiga Grup C. Itu karena Slovenia memiliki skor disiplin yang lebih rendah dibanding Denmark. Namun, Slovenia tetap lolos ke babak 16 besar. Mereka termasuk golongan tim peringkat ketiga terbaik.

Pada babak 16 besar, langkah Slovenia sempat berpeluang lanjut. Mereka mampu menahan imbang tim unggulan Portugal hingga ke babak penalti. Sayangnya, Slovenia harus menyerah 0-3. Dengan demikian, Slovenia belum pernah menang dalam sejarah Euro.

Tiga negara di atas pernah lolos dari fase grup Euro meski gagal menang. Portugal bahka berhasil keluar sebagai juara. Akankah fenomena unik serupa berulang di Euro pada masa mendatang?

Baca Juga: 3 Kiper Muda yang Diandalkan Negaranya di Euro 2024

Baca Juga: 6 Pemain Swiss Super League yang Tampil di Euro 2024

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya