4 Negara yang Paling Sering Jadi Juara Ketiga Piala Dunia

Kroasia bisa menyusul deretan negara ini

Setiap edisi Piala Dunia FIFA selalu menyertakan laga perebutan juara ketiga. Pengecualian hanya terjadi di Piala Dunia 1930 Uruguay dan Piala Dunia 1950 Brasil.

Partai perebutan juara ketiga sendiri mempertemukan dua tim yang kalah di semifinal. Meski gagal masuk final, tim yang menang bisa mendapat pelipur lara berupa medali perunggu serta status sebagai tim ketiga terbaik.

Sepanjang sejarah, ada sepuluh tim yang pernah memenangi partai perebutan juara ketiga Piala Dunia. Berikut merupakan keempat tim yang paling sering melakukannya.

1. Jerman (4 kali)

4 Negara yang Paling Sering Jadi Juara Ketiga Piala DuniaJerman melawan Uruguay di perebutan juara ketiga Piala Dunia 2010. (fifa.com)

Jerman adalah negara yang paling sering masuk semifinal Piala Dunia. Der Panzer pernah 13 kali mencapai fase tersebut, empat di antaranya berujung gelar juara. Sementara itu, di empat kesempatan lainnya mereka takluk di semifinal, tetapi berhasil merebut gelar juara ketiga.

Momen itu terjadi di Piala Dunia 1934, 1970, 2006, dan 2010. Sayangnya, setelah jadi juara dunia pada 2014, Jerman terpuruk di Piala Dunia edisi-edisi berikutnya. Untuk pertama kalinya, mereka gagal melewati putaran pertama Piala Dunia dalam dua edisi beruntun, yaitu 2018 dan 2022.

2. Brasil (2 kali)

4 Negara yang Paling Sering Jadi Juara Ketiga Piala DuniaBrasil melawan Italia di perebutan juara ketiga Piala Dunia 1978. (fifa.com)

Di sisi lain, Brasil pernah sebelas kali masuk semifinal Piala Dunia. Namun, mereka justru lebih sering juara daripada Jerman, yaitu lima kali. Tim Samba juga pernah empat kali berlaga di partai perebutan juara ketiga, dengan hasil 2 kali menang dan 2 kali kalah.

Peringkat ketiga diraih Brasil pada Piala Dunia 1938 Prancis setelah menaklukkan Swedia 4-2. Setelah itu, Brasil kembali jadi juara ketiga di Piala Dunia 1978 Argentina berkat kemenangan 2-1 atas Italia.

Baca Juga: Pelatih Maroko Dukung Prancis di Final Piala Dunia 2022

3. Prancis (2 kali)

4 Negara yang Paling Sering Jadi Juara Ketiga Piala DuniaPrancis melawan Belgia di perebutan juara ketiga Piala Dunia 1986. (fifa.com)

Ada pula Prancis, finalis Piala Dunia 2022. Sebelum jadi juara untuk pertama kali pada 1998, Prancis pernah dua kali finis sebagai peringkat ketiga Piala Dunia.

Yang pertama terjadi di Piala Dunia 1958 Swedia. Saat itu, Les Blues harus beradu dengan Jerman untuk menjadi juara ketiga. Lewat partai sengit bertabur sembilan gol, Prancis keluar sebagai pemenang dengan skor 6-3.

Prancis kembali menempati peringkat ketiga di Piala Dunia 1986 Meksiko. Lagi-lagi, banjir gol terjadi di laga tersebut. Les Blues menang 4-2 atas Belgia via babak perpanjangan waktu. Sejak itu, Prancis tak pernah kalah dalam empat laga semifinal Piala Dunia yang mereka lakoni.

4. Polandia (2 kali)

4 Negara yang Paling Sering Jadi Juara Ketiga Piala DuniaPolandia melawan Prancis di perebutan juara ketiga Piala Dunia 1982. (fifa.com)

Satu lagi negara yang pernah dua kali jadi juara ketiga Piala Dunia adalah Polandia. Timnas Polandia memang kesulitan berprestasi dalam beberapa dekade terakhir. Namun, mereka pernah disegani pada era 1970-an hingga 1980-an.

Puncaknya, Polandia merebut peringkat ketiga Piala Dunia 1974 dan 1982. Polandia juga selalu lolos dari fase grup Piala Dunia selama era tersebut. Namun, setelah itu prestasi mereka terus merosot. Dalam sembilan edisi terakhir Piala Dunia, Polandia hanya ikut serta empat kali.

5. Kroasia berpeluang menyusul capaian empat tim di atas

4 Negara yang Paling Sering Jadi Juara Ketiga Piala DuniaKroasia dan Maroko bakal memperebutkan juara ketiga Piala Dunia 2022. (fifa.com)

Di Piala Dunia 2022 Qatar, dua tim yang kalah di babak semifinal adalah Kroasia dan Maroko. Keduanya pun akan berlaga dalam partai perebutan peringkat ketiga pada, Sabtu (17/12/2022) malam WIB.

Bagi Kroasia, ini adalah kesempatan mereka untuk menyusul empat tim di atas. Kroasia sebelumnya sudah pernah menjadi juara ketiga Piala Dunia. Momen itu terjadi di Piala Dunia 1998, alias edisi debut mereka di Piala Dunia sebagai negara merdeka.

Namun, Maroko tentu tak akan menyerah begitu saja. Atlas Lions juga bakal habis-habisan demi membuat sejarah baru. Jika mampu menumbangkan Kroasia, Maroko bakal jadi tim Afrika pertama yang mendapat kalungan medali di Piala Dunia.

Meski gengsinya tak sebesar final, partai perebutan juara ketiga Piala Dunia tetap punya prestise dan menarik untuk disimak. Siapa antara Kroasia atau Maroko yang bakal jadi tim terbaik ketiga di Piala Dunia 2022 Qatar?

Baca Juga: 5 Pemain Terbaik Prancis di Piala Dunia 2018, Juara Dunia!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya