4 Negara Langganan Euro yang Belum Pernah Juara, Ada Inggris

Tiga di antaranya tampil di Euro 2024 #EURO2024

Euro adalah turnamen sepak bola antarnegara Eropa yang telah berlangsung sejak 1960. Sepanjang sejarah, sudah ada 36 negara yang pernah lolos ke putaran final Euro. Sejauh ini, Jerman menjadi negara yang paling sering tampil. Der Panzer 14 kali tampil di Euro, termasuk edisi 2024. Rekor mereka dikuntit Spanyol dan Rusia yang 12 kali jadi peserta.

Makin sering tampil, tentu makin besar pula peluang sebuah negara untuk menjadi juara Euro. Tak heran jika Jerman, Spanyol, dan Rusia sama-sama pernah memenangi Euro. Namun, ada pula sejumlah negara yang nasibnya tak sebaik itu. Empat negara berikut ini adalah langganan tampil di Euro, tetapi sejauh ini belum pernah jadi juara.

1. Inggris tak pernah juara dalam sepuluh penampilan di Euro

4 Negara Langganan Euro yang Belum Pernah Juara, Ada InggrisTimnas Inggris kalah di final Euro 2020. (x.com/England)

Inggris pantas disebut sebagai negara paling sial dalam sejarah Euro. Timnas Inggris sudah sebelas kali lolos ke putaran final Euro, termasuk pada 2024. Namun, mereka belum pernah meraih gelar juara. Padahal, The Three Lions sering kali jadi unggulan karena memiliki skuad bertabur pemain bintang.

Dalam sepuluh penampilan sebelum 2024, capaian terbaik Inggris di Euro adalah menjadi runner-up. Itu terjadi pada edisi 2020 lalu. Saat itu, anak asuh Gareth Southgate sebenarnya punya peluang besar merebut trofi. Mereka sudah mencapai partai final, yang kebetulan digelar di negara mereka sendiri.

Menghadapi Italia, Inggris pun sempat unggul lebih dulu pada laga tersebut. Namun, mereka gagal mempertahankan skor hingga akhirnya kalah adu penalti. Menyongsong Euro 2024, skuad Inggris tentu mengusung misi juara. Selain demi menebus kegagalan, mereka butuh trofi untuk memutus puasa gelar yang sudah berlangsung sejak 1966.

2. Swedia pernah tujuh kali berlaga di Euro, tetapi absen pada edisi 2024

4 Negara Langganan Euro yang Belum Pernah Juara, Ada InggrisTimnas Swedia (instagram.com/swemnt)

Berikutnya, ada Swedia, negara Skandinavia yang pernah tujuh kali berlaga di Euro. Prestasi terbaik Swedia adalah menjadi semifinalis edisi 1992 yang digelar di negara sendiri. Setelah itu, Swedia sempat menjadi langganan tampil di Euro pada edisi 2000–2020. Namun, langkah mereka sering kali berakhir di fase grup.

Swedia juga sudah dipastikan tak akan berprestasi di Euro 2024. Pasalnya, tim berkostum kuning-biru itu gagal mencapai putaran final. Mereka gugur di babak kualifikasi setelah finis di peringkat ketiga Grup F. Itu menjadi lanjutan nestapa Swedia setelah gagal lolos ke Piala Dunia 2022 lalu.

Baca Juga: 5 Kapten Tim Euro 2024 yang Bermain di Premier League

3. Belgia tampil enam kali dan sempat menjadi runner-up Euro 1980

4 Negara Langganan Euro yang Belum Pernah Juara, Ada InggrisTimnas Belgia (x.com/EURO2024)

Sementara, Belgia pernah enam kali berlaga di Euro sebelum 2024. Penampilan perdana Belgia terjadi pada edisi 1972 saat mereka menjadi tuan rumah. Namun, capaian terbaik mereka justru terjadi di Euro 1980 yang digelar di Italia. Saat itu, Belgia sukses menapak babak final, tetapi gagal juara usai dikalahkan Jerman Barat.

Prestasi tersebut belum berhasil disamai Timnas Belgia era modern. Padahal, The Red Devils sempat memiliki generasi emas yang mulai muncul pada 2014. Belgia pun sempat jadi salah satu tim unggulan di Euro 2016 dan 2020. Namun, perjalanan mereka selalu terhenti di babak perempat final.

Belgia bakal melakoni penampilan ketujuh di Euro 2024. Kini, sebagian besar anggota generasi emas mereka sudah tak lagi jadi andalan. Kiprah terbaru Belgia di Piala Dunia 2022 lalu pun amat buruk. Maka, kans Belgia untuk menjuarai Euro 2024 terbilang kecil.

4. Kroasia kesulitan berprestasi dalam enam penampilan di Euro sebelum 2024

4 Negara Langganan Euro yang Belum Pernah Juara, Ada InggrisTimnas Kroasia (instagram.com/hns_cff)

Kroasia juga bakal melakoni penampilan ketujuh di Euro 2024. Jumlah itu terbilang impresif, mengingat Kroasia baru merdeka pada 1991. Timnas Kroasia pun baru terdaftar jadi anggota FIFA pada 1994. Sejak itu, mereka hanya absen dalam satu edisi Euro, yaitu pada 2000.

Sayangnya, meski menjadi langganan tampil, Timnas Kroasia kesulitan berbicara banyak di Euro. Capaian terbaik mereka hanya babak perempat final dalam tiga edisi. Sejak 2012, Tim berjuluk Vatreni itu bahkan tak pernah melewati babak 16 besar. Padahal, Kroasia pernah tiga kali menembus semifinal Piala Dunia.

Edisi 2024 menjadi kesempatan Kroasia untuk memperbaiki rekor mereka di Euro. Bermodal skuad yang berprestasi di Piala Dunia 2022, kans itu cukup terbuka. Bukan mustahil, Kroasia bakal membuat kejutan dan merebut gelar juara.

Empat negara di atas sudah sering berlaga di Euro, tetapi belum pernah juara. Tiga di antaranya adalah peserta Euro 2024, yaitu Inggris, Belgia, dan Kroasia. Mungkinkah salah satu dari mereka bakal menjadi juara untuk pertama kalinya di Euro 2024?

Baca Juga: 4 Pemain LaLiga yang Dibawa Ukraina ke Euro 2024

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya