4 Lawan Bayer Leverkusen di Bundesliga Jerman pada Desember 2023

Semuanya berpotensi menyulitkan Leverkusen

Laju Bayer Leverkusen di Bundesliga Jerman 2023/2024 belum tertahan. Hingga pekan ke-12, Leverkusen masih kokoh di puncak klasemen sementara. Rekor mereka juga menakjubkan. Anak asuh Xabi Alonso sukses menang 11 kali, bermain imbang 1 kali, dan belum pernah kalah.

Tanda-tanda Bayern Leverkusen bakal jadi kandidat juara Bundesliga musim ini pun makin nyata. Namun, Leverkusen tak boleh lengah. Jalan mereka dipastikan bakal makin terjal sepanjang lanjutan musim ini.

Tak perlu menunggu lama, Bayer Leverkusen akan segera diadang ujian berat pada Desember 2023. Mereka dijadwalkan bertemu empat lawan tangguh di Bundesliga. Kans Leverkusen jadi juara bisa dipengaruhi hasil yang mereka dapat kontra empat tim berikut.

1. Borussia Dortmund unggul rekor pertemuan dan diuntungkan jadwal saat bertemu Leverkusen

4 Lawan Bayer Leverkusen di Bundesliga Jerman pada Desember 2023Bayer Leverkusen melawan Borussia Dortmund di Bundesliga Jerman 2022/2023. (twitter.com/bvb)

Bayer Leverkusen akan mengawali bulan Desember 2023 dengan menjamu Borussia Dortmund. Kedua tim akan bersua pada 3 Desember 2023 dengan latar pekan ke-13 Bundesliga Jerman. Hampir bisa dipastikan Leverkusen bakal mendapat perlawanan sengit dari Dortmund.

Hal itu tergambar dari rekor pertemuan dua tim belakangan ini. Dalam lima pertemuan terbaru, Leverkusen menelan empat kekalahan dari Dortmund. Dua kekalahan bahkan sempat diderita Leverkusen di kandang sendiri.

Selain itu, Leverkusen juga dirugikan jadwal. Mereka menjamu Dortmund hanya 2 hari setelah tampil di Liga Europa. Sementara itu, Dortmund tampil lebih dulu di Liga Champions hingga bisa beristirahat lebih lama. Maka, kans Dortmund mencuri poin dari Leverkusen terbilang cukup besar.

2. VfB Stuttgart patut diwaspadai Leverkusen karena merupakan sesama pesaing juara

4 Lawan Bayer Leverkusen di Bundesliga Jerman pada Desember 2023Bayer Leverkusen melawan VfB Stuttgart di Bundesliga Jerman 2022/2023. (twitter.com/bayer04_en)

Pada pekan ke-14 Bundesliga 2023/2024, Bayer Leverkusen juga akan menemui lawan berat. Mereka harus bertamu ke markas VfB Stuttgart, tim penghuni peringkat ketiga Bundesliga saat ini. Stuttgart pun pantas disebut salah satu pesaing gelar juara Bundesliga musim ini.

Soal rekor pertemuan, Leverkusen memang jauh lebih unggul dari Stuttgart. Dalam 10 pertemuan terakhir, Leverkusen menang 7 kali dan hanya kalah 1 kali. Namun, performa Stuttgart musim ini sudah jauh lebih baik dibanding musim-musim sebelumnya.

Pemain Stuttgart yang khususnya mengancam Leverkusen adalah strker mereka, Serhou Guirassy. Ia sudah mencetak 16 gol di Bundesliga musim ini. Guirassy sempat absen karena cedera, tetapi kini sudah pulih. Saat Guirassy tampil, Stuttgart sukses memenangi 9 dari 10 laga yang mereka jalani.

Baca Juga: Bayer Leverkusen masih Mendominasi di Jerman dan Eropa

3. Eintracht Frankfurt belum konsisten tetapi tetap bisa merepotkan Leverkusen

4 Lawan Bayer Leverkusen di Bundesliga Jerman pada Desember 2023Bayer Leverkusen melawan Eintracht Frankfurt di Bundesliga Jerman 2022/2023. (twitter.com/bayer04_en)

Selanjutnya, ada Eintracht Frankfurt, lawan Bayer Leverkusen pada pekan ke-15 Bundesliga musim ini. Kedua tim akan bertemu pada 17 Desember 2023 di kandang Leverkusen. Frankfurt sejauh ini masih inkonsisten sehingga Leverkusen jelas lebih pantas diunggulkan.

Namun, Eintracht Frankfurt juga menyimpan potensi merepotkan. Dalam sepuluh pertemuan terakhir, rekor kedua tim relatif berimbang. Leverkusen menang 6 kali, sedangkan Frankfurt unggul 4 kali. Leverkusen tak boleh lengah demi memastikan tiga poin atas Frankfurt.

4. VfL Bochum sempat bantai Leverkusen dalam pertemuan terbaru musim lalu

4 Lawan Bayer Leverkusen di Bundesliga Jerman pada Desember 2023Bayer Leverkusen melawan VfL Bochum di Bundesliga 2022/2023. (twitter.com/bayer04_en)

Bayer Leverkusen akan melakoni laga terakhir sebelum libur musim dingin pada 20 Desember 2023. Mereka akan menjamu VfL Bochum, klub yang saat ini menghuni peringkat 14 klasemen Bundesliga. Bochum bahkan baru mengoleksi satu kemenangan hingga pekan ke-12.

Meski demikian, tetap saja Leverkusen harus mewaspadai Bochum. Musim lalu, Leverkusen terbantai 0-3 dari Bochum pada pekan terakhir Bundesliga. Bukan mustahil, Bochum bakal memberikan kejutan serupa pada pertemuan Desember 2023 nanti.

Empat tim di atas bisa menyulitkan Bayer Leverkusen di Bundesliga sepanjang Desember 2023. Leverkusen terancam kehilangan posisi puncak jika terpeleset melawan mereka. Namun, jika bisa tetap di pucuk pada akhir Desember 2023, Leverkusen akan makin diperhitungkan sebagai calon juara Bundesliga.

Baca Juga: Penampilan 5 Bek Bayer Leverkusen pada Awal 2023/2024, Solid!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya