5 Laga Pertama Olympique Marseille di Ligue 1 2024/2025, Saingi PSG

Mengoleksi poin sama dengan PSG

Olympique Marseille adalah salah satu klub terbesar di Prancis. Klub yang sudah berusia 125 tahun itu pernah sembilan kali juara divisi utama Liga Prancis. Koleksi mereka hanya kalah dari Paris Saint-Germain (PSG) dan Saint-Etienne. Namun, Marseille sudah lama tidak berjaya di liga domestik.

Kali terakhir Marseille menjuarai Ligue 1 Prancis adalah pada 2009/2010. Sejak itu, prestasi terbaik Les Olympiens hanyalah empat kali jadi runner-up. Marseille khususnya kesulitan bersaing dengan PSG yang punya kekuatan finansial luar biasa.

Memasuki 2024/2025, Marseille punya peluang mengembalikan kejayaan di Ligue 1. Mereka memulai musim dengan gemilang hingga menempel ketat PSG di puncak klasemen. Inilah raihan Marseille dalam lima laga pertama mereka di Ligue 1 2024/2025.

1. Marseille memulai musim dengan membantai Stade Brestois 5-1

5 Laga Pertama Olympique Marseille di Ligue 1 2024/2025, Saingi PSGMarseille melawan Brest di Ligue 1 2024/2025. (om.fr)

Marseille memulai Ligue 1 2024/2025 dengan bertandang ke markas Stade Brestois alias Brest. Hasilnya, Marseille tampil meyakinkan dan menang telak 5-1. Tiga pemain anyar Marseille tampil sebagai debutan pada laga tersebut dan sukses bersinar.

Salah satu pemain anyar tersebut adalah Mason Greenwood. Eks winger Manchester United itu sukses mencetak dua gol bagi Marseille. Ada pula Elye Wahi, striker anyar Marseille yang menyumbang satu gol penalti. Sementara, kiper Geronimo Rulli sempat menahan eksekusi penalti lawan pada awal laga.

Selain mereka bertiga, Luis Henrique juga bersinar dengan torehan dua golnya. Sementara itu, Brest hanya bisa membalas satu kali melalui Mahdi Camara. Kemenangan 5-1 membawa Marseille menutup pekan pertama Ligue 1 di puncak klasemen.

2. Marseille ditahan imbang Stade Reims pada pekan kedua

5 Laga Pertama Olympique Marseille di Ligue 1 2024/2025, Saingi PSGMarseille melawan Reims di Ligue 1 2024/2025. (om.fr)

Marseille beralih menjadi tuan rumah pada pekan kedua Ligue 1 2024/2025. Mereka menjamu Stade de Reims yang memulai musim dengan kekalahan. Ternyata, Reims mampu menyulitkan Marseille. Sempat tertinggal lebih dulu, Reims sukses membalas dengan dua gol pada awal babak kedua.

Beruntung, Marseille punya Mason Greenwood. Pemain Inggris itu kembali mencetak gol sekaligus mencegah Marseille kalah. Meski demikian, hasil imbang 2-2 tetap terbilang mengecewakan bagi Marseille. Pasalnya, anak asuh Roberto De Zerbi tampil dominan tetapi tak mampu menemukan gol kemenangan.

Baca Juga: 6 Pemain Kunci yang Dilepas Marseille pada Musim Panas 2024

3. Bertandang ke markas Toulouse, Marseille membawa pulang kemenangan 3-1

5 Laga Pertama Olympique Marseille di Ligue 1 2024/2025, Saingi PSGMarseille melawan Toulouse di Ligue 1 2024/2025. (om.fr)

Marseille kembali ke jalur kemenangan pada pekan ketiga Ligue 1. Les Olympiens mencuri tiga poin dari kandang FC Toulouse. Lagi-lagi, Mason Greenwood tampil sebagai pahlawan Marseille. Ia mencetak dua gol pada menit 16 dan 17, keduanya berkat assist Luis Enrique.

Luis Enrique juga berperan pada proses gol ketiga Marseille. Tendangannya dibelokkan bek Toulouse, Charlie Cresswell, hingga masuk ke gawang sendiri. Toulouse hanya bisa membuat satu gol hiburan via Shavy Babicka pada pengujung laga. Menang 3-1, Marseille pun mulai menghuni peringkat kedua klasemen Ligue 1 di bawah PSG.

4. Marseille mengatasi perlawanan OGC Nice pada pekan keempat

5 Laga Pertama Olympique Marseille di Ligue 1 2024/2025, Saingi PSGMarseille melawan Nice di Ligue 1 2024/2025. (om.fr)

Laga pekan keempat Ligue 1 juga sukses dimenangi Marseille. Menjamu OGC Nice, Marseille unggul dua gol tanpa balas. Lagi-lagi, ada pemain anyar Marseille yang mencetak gol. Ia adalah Neal Maupay, striker pinjaman dari Everton. Maupay membuka keunggulan Marseille melalui sundulan jelang akhir babak pertama.

Gol kedua Marseille dicetak Luis Henrique pada menit ke-53. Henrique pun sudah mengoleksi tiga gol musim ini, hanya kalah dari Mason Greenwood. Marseille sendiri sempat harus bermain dengan sepuluh orang. Derek Cornelius diusir wasit pada menit ke-74. Namun, Marseille mampu mempertahankan skor 2-0 hingga akhir.

5. Sempat saling berbalas gol, Marseille menang dramatis atas Lyon pada pekan kelima

5 Laga Pertama Olympique Marseille di Ligue 1 2024/2025, Saingi PSGMarseille melawan Lyon di Ligue 1 2024/2025. (om.fr)

Marseille makin menegaskan kualitas mereka pada pekan kelima Ligue 1 2024/2025. Bermain di kandang Olympique Lyon, Marseille menang melalui perjuangan mengesankan. Baru 5 menit laga berjalan, Marseille sudah kehilangan satu pemain. Leonardo Balerdi dengan ceroboh mendapat dua kartu merah hingga harus diusir wasit.

Jelang babak pertama berakhir, Marseille kembali mendapat kerugian. Mereka terkena hukuman penalti karena handball di kotak terlarang. Beruntung, Geronimo Rulli lagi-lagi jadi pahlawan Marseille. Ia menepis eksekusi Alexandre Lacazette untuk memastikan skor tetap 0-0.

Pada babak kedua, laga berjalan makin sengit. Lyon sempat mencuri keunggulan, tetapi Marseille menjawab dengan dua gol. Memasuki injury time, Lyon gantian membalas. Rayan Cherki mencetak gol yang sepertinya bakal menutup laga dengan skor imbang 2-2.

Ternyata, masih ada drama setelah gol itu. Berawal dari kickoff setelah kebobolan, Marseille mencetak gol ketiga via aksi individual Jonathan Rowe. Tim tamu pun menang dramatis 3-2. Hasil itu membuktikan bahwa Marseille punya mental pemenang meski situasi tak ideal.

Dengan 4 kemenangan dan 1 hasil imbang, Marseille sudah mengoleksi 13 poin di Ligue 1 2024/2025. Mereka menempel ketat PSG yang memuncaki klasemen dengan poin sama. Mampukah Marseille terus menyaingi PSG menuju gelar juara Ligue 1 hingga akhir musim?

Baca Juga: 5 Laga Awal Roberto De Zerbi Bersama Olympique Marseille

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya