5 Klub Skotlandia yang Pernah Mencapai Semifinal Liga Champions

Ternyata bukan hanya Celtic dan Rangers!

Jika berbicara tentang klub sepak bola asal Skotlandia, yang terlintas dalam benak kebanyakan orang pasti adalah Celtic FC dan Rangers FC. Dua klub yang bermukim di kota Glasgow tersebut memang adalah yang tersukses di Skotlandia. Raihan trofi serta popularitas mereka jauh mengungguli klub-klub Skotlandia lain.

Karena itu, tak banyak yang tahu bahwa beberapa klub Skotlandia lain juga punya prestasi yang cukup impresif. Termasuk Celtic dan Rangers, ternyata ada lima klub Skotlandia yang pernah mencapai semifinal Liga Champions.

1. Hibernian FC

5 Klub Skotlandia yang Pernah Mencapai Semifinal Liga Championspotret skuad Hibernian FC pada tahun 1955 (twitter.com/hibernianfc)

Klub Skotlandia pertama yang menembus semifinal Liga Champions ternyata bukan Celtic maupun Rangers, melainkan Hibernian FC. Bahkan, Hibernian juga merupakan klub Britania Raya pertama yang berlaga di kompetisi Eropa. Mereka tampil pada edisi perdana Liga Champions yaitu musim 1955/1956 dan berhasil mencapai semifinal.

Saat itu Liga Champions hanya diikuti 16 klub, dan langsung memakai sistem gugur. Hibernian menyingkirkan wakil Jerman, Rot-Weiss Essen, di putaran pertama. Lalu mereka melaju ke semifinal setelah mengalahkan klub Swedia, Djurgarden, di perempat final.

Langkah Hibernian akhirnya terhenti di semifinal setelah dikalahkan wakil Prancis, Stade de Reims. Sayangnya, setelah itu Hibernian tak pernah lagi bisa tampil di Liga Champions hingga kini. Mereka sempat beberapa kali berlaga di Piala UEFA, tetapi tak pernah bisa melaju jauh.

2. Rangers FC

5 Klub Skotlandia yang Pernah Mencapai Semifinal Liga Championspartai Rangers FC melawan Eintracht Frankfurt di semifinal Liga Champions 1959/1960 (glasgowtimes.co.uk)

Sementara Rangers FC cukup sering berlaga di Liga Champions. Prestasi terbaik mereka adalah babak semifinal pada musim 1959/1960.

Saat itu, Rangers melaju ke semifinal setelah mengalahkan Anderlecht, Crvena Zvezda (atau Red Star Belgrade), serta Sparta Rotterdam. Namun, mereka akhirnya disingkirkan Eintracht Frankfurt di semifinal.

Pada musim 1992/1993 pun Rangers bisa dibilang sukses mencapai semifinal. Saat itu Liga Champions tak memakai sistem gugur sebelum final, melainkan babak grup putaran kedua.

Rangers finis di posisi kedua grup A sehingga gagal mencapai final. Olympique Marseille yang memuncaki grup A akhirnya juara setelah mengalahkan AC Milan di final.

Baca Juga: 10 Pemain dengan Banderol Termahal di Liga Primer Skotlandia Musim Ini

3. Dundee FC

5 Klub Skotlandia yang Pernah Mencapai Semifinal Liga Championspartai Dundee FC melawan AC MIlan di semifinal Liga Champions 1962/1963 (twitter.com/dundeefc)

Berikutnya ada Dundee FC, yang berhasil mencapai semifinal Liga Champions 1962/1963. Dundee mencapai semifinal setelah menyingkirkan Koln, Sporting Lisbon, serta Anderlecht. Namun, mereka tak bisa melewati adangan AC Milan di semifinal sehingga harus tersingkir.

Sayangnya, seperti Hibernian, Dundee FC pun akhirnya tak pernah lagi tampil di Liga Champions sejak itu. Prestasi mereka di kancah domestik pun menurun, bahkan cukup sering terdegradasi. Namun, Dundee FC tetap tercatat sebagai salah satu klub Skotlandia yang pernah berlaga di semifinal Liga Champions.

4. Celtic FC

5 Klub Skotlandia yang Pernah Mencapai Semifinal Liga Championspartai Celtic FC melawan Inter Milan di final Liga Champions 1966/1967 (sempreinter.com)

Celtic FC adalah klub Skotlandia tersukses di kancah Eropa. Mereka adalah satu-satunya klub Skotlandia yang pernah juara Liga Champions. Itu terjadi pada musim 1966/1967, di mana Celtic sukses merengkuh trofi setelah mengalahkan Inter Milan di partai puncak.

Celtic juga pernah menjadi runner-up Liga Champions pada musim 1969/1970. Saat itu Celtic harus berhadapan dengan Feyenoord di final, tetapi akhirnya kalah 1-2 melalui perpanjangan waktu. Selain itu, Celtic juga pernah mencapai semifinal pada musim 1971/1972 dan 1973/1974.

5. Dundee United 

5 Klub Skotlandia yang Pernah Mencapai Semifinal Liga Championspotret kapten Dundee United dan AS Roma pada pertemuan kedua klub di semifinal Liga Champions 1983/1984 (asroma.com)

Satu lagi klub Skotlandia yang pernah mencapai semifinal Liga Champions adalah Dundee United. Meski namanya mirip, Dundee United adalah klub yang berbeda dengan Dundee FC. Dundee United melaju ke semifinal Liga Champions pada musim 1983/1984 setelah menaklukkan CSKA Sofia, Standard Liege, dan Rapid Wien.

Dundee United bahkan nyaris mencapai final pada musim tersebut. Mereka sukses mengalahkan AS Roma pada leg pertama semifinal dengan skor 2-0.

Sayangnya, Dundee United kalah 0-3 pada laga kedua sehingga batal ke final. Uniknya, itu pun menjadi satu-satunya keikutsertaan Dundee United di Liga Champions hingga saat ini.

 

Ternyata bukan hanya Celtic dan Rangers, tetapi ada total lima klub Skotlandia yang pernah mencapai semifinal Liga Champions. Sayangnya, klub-klub Skotlandia sudah cukup lama tak beprestasi di kancah Eropa. Kapan mereka bisa unjuk gigi lagi di Eropa?

Baca Juga: 5 Pemain Skotlandia yang Pernah Mengangkat Trofi Premier League

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya