4 Klub Serie A Italia yang Pernah Dibela Pepe Reina, Como Terbaru

Sebagian besar klub papan atas

Intinya Sih...

  • Pepe Reina meninggalkan Villarreal pada musim panas 2024 setelah kontraknya berakhir.
  • Reina bergabung dengan Como, klub yang baru promosi ke Serie A Italia.
  • Reina telah membela empat klub Serie A sebelumnya, termasuk Napoli dan Lazio.

Pepe Reina meninggalkan Villarreal pada musim panas 2024. Reina pergi karena kontraknya bersama Kapal Selam Kuning sudah selesai. Namun, kiper Spanyol berusia 41 tahun itu belum berniat pensiun. Reina melanjutkan kariernya dengan merapat ke Como, klub yang baru promosi ke Serie A Italia.

Membela Como bakal jadi pengalaman yang tak sepenuhnya baru bagi Reina. Pasalnya, ini bukan kali pertama ia bergabung dengan klub Serie A. Termasuk Como, inilah empat klub Serie A Italia yang pernah diperkuat Pepe Reina.

1. Napoli mengandalkan Reina selama total 4 musim

4 Klub Serie A Italia yang Pernah Dibela Pepe Reina, Como TerbaruPepe Reina berseragam Napoli. (x.com/sscnapoli)

Klub Italia pertama yang pernah memakai jasa Pepe Reina adalah Napoli. I Partenopei mulanya hanya meminjam Reina dari Liverpool pada 2013/2014. Ternyata, hasilnya memuaskan. Reina tampil 43 kali selama dipinjam dan mencatat 13 clean sheet. Ia bahkan sukses membawa Napoli finis di peringkat ketiga Serie A dan memenangi Coppa Italia.

Setelah itu, Reina sempat dijual Liverpool ke Bayern Munich. Namun, ia minim kesempatan tampil bersama Die Roten. Napoli pun mengambil kesempatan untuk memulangkannya pada musim panas 2015. Keputusan itu terbukti tepat bagi kedua belah pihak. Reina kembali menjadi kiper utama dan sukses mengangkat performa Napoli.

Reina menetap di Napoli hingga 2018. Secara total, ia melakoni 182 penampilan dan mencatat 67 clean sheet. Reina bahkan sempat merajai daftar clean sheet terbanyak di Serie A 2017/2018. Meski tak meraih tambahan trofi, Napoli konsisten dibawanya finis di tiga besar Serie A.

Baca Juga: 5 Klub Besar Serie A Italia yang Ditangani Pelatih Baru pada 2024/2025

2. AC Milan memboyong Reina setelah dilepas Napoli pada 2018

4 Klub Serie A Italia yang Pernah Dibela Pepe Reina, Como TerbaruPepe Reina berseragam AC Milan. (instagram.com/preinaofficial)

Reina dilepas Napoli secara gratis pada musim panas 2018. Meski berkontribusi besar, kontrak Reina saat itu tak diperpanjang. Ia lalu menerima pinangan AC Milan dan diberi kontrak 3 tahun. Namun, Reina harus puas menjadi pelapis bagi Gianluigi Donnarumma.

Selama membela AC Milan, Reina hanya tampil 13 kali di semua ajang. Ia juga sempat dipinjamkan ke Aston Villa selama separuh musim 2019/2020. Reina bahkan akhirnya tak menyelesaikan kontraknya di AC Milan. Kedua pihak sepakat memutus kontrak pada musim panas 2020.

3. Lazio diperkuat Reina pada 2020–2022

4 Klub Serie A Italia yang Pernah Dibela Pepe Reina, Como TerbaruPepe Reina berseragam Lazio. (instagram.com/preinaofficial)

Setelah meninggalkan AC Milan, Reina terus melanjutkan kariernya di Serie A. Ia bergabung ke Lazio dan langsung diplot sebagai kiper utama. Reina tampil 37 kali bagi Lazio sepanjang 2020/2021 dan membuat 9 clean sheet. Namun, statistiknya mulai merosot pada musim berikutnya.

Dalam 15 pekan awal Serie A 2021/2022, Reina kebobolan 29 kali. Alhasil, posisinya tergeser Thomas Strakosha hingga akhir musim. Reina pun memilih hengkang pada musim panas 2022 dan bergabung ke Villarreal. Itu adalah kali pertama Reina kembali berkarier di Spanyol sejak 2005.

4. Como mendatangkan Reina pada musim panas 2024 dengan kontrak 1 tahun

4 Klub Serie A Italia yang Pernah Dibela Pepe Reina, Como TerbaruPepe Reina diperkenalkan sebagai pemain baru Como. (instagram.com/preinaofficial)

Karier Reina di Villarreal tak jauh berbeda dengan saat membela Lazio. Ia diandalkan pada musim pertama, tetapi tergeser pada musim kedua. Reina pun tak memperpanjang kontraknya yang habis pada musim panas 2024. Ia lalu kembali ke Italia. Como resmi menjadi pelabuhan terbaru sekaligus klub Serie A keempat bagi Reina.

Sudah akrab dengan atmosfer Serie A, Reina bakal cepat beradaptasi di Como. Apalagi, ia bakal dilatih mantan rekan setimnya di Timnas Spanyol, Cesc Fabregas. Reina juga akan bertemu lagi dengan Alberto Moreno, rekannya di Villarreal yang juga diboyong Como.

Reina diberi kontrak 1 tahun dan bakal mengenakan nomor punggung 25 di Como. itu adalah nomor yang hampir selalu dipakainya selama berkarier. Belum diketahui apakah Reina akan dijadikan kiper utama Como atau tidak. Yang jelas, pengalamannya membela klub-klub papan atas Serie A adalah aset berharga bagi Como.

Pepe Reina akan berkiprah di Serie A Italia 2024/2025. Meski sudah tidak muda, kualitas dan pengalaman Reina masih bisa berguna bagi Como. Mampukah ia membawa klub barunya meraih prestasi?

Baca Juga: 6 Pemain Kunci yang Antar Como 1907 Promosi ke Serie A 2024/2025

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya