Head to Head Argentina vs Kolombia di Copa America, Sengit!

Argentina hanya bisa menang via adu penalti

Copa America 2024 telah memasuki ujungnya. Argentina, sang juara bertahan, sukses mencapai partai puncak dan berpeluang mempertahankan gelar sekaligus meraih trofi ke-16. Namun, Tim Tango harus terlebih dulu menaklukkan Kolombia untuk mewujudkannya.

Di atas kertas, Argentina tentu layak dijagokan ketimbang Kolombia. Selain unggul materi pemain, Argentina lebih sering memenangi pertemuan kedua tim. Tercatat, Argentina menang 25 kali dan hanya kalah dalam sembilan kesempatan dari Kolombia dalam 42 laga di semua ajang.

Namun, tren terbaru duel kedua tim di Copa America ternyata cukup berimbang. Kolombia kerap memberi perlawanan sengit kepada Argentina. Inilah hasil tiga pertemuan terakhir Argentina dan Kolombia di Copa America.

1. Argentina bikin Kolombia gigit jari di Copa America 2015

Head to Head Argentina vs Kolombia di Copa America, Sengit!Babak adu penalti Argentina melawan Kolombia pada perempat final Copa America 2015. (conmebol.com)

Pertama, ada duel Argentina dan Kolombia pada perempat final Copa America 2015. Argentina mencapai perempat final usai menjuarai Grup B. Sementara, Kolombia hanya lolos sebagai salah satu tim peringkat ketiga terbaik. Namun, Kolombia ternyata tetap mampu merepotkan Argentina.

Sepanjang laga, Argentina yang menurunkan skuad terbaik tampil dominan. Namun, mereka kesulitan membongkar pertahanan Kolombia. Kiper Kolombia, David Ospina, tampil menonjol dengan menggagalkan sejumlah peluang para pemain Argentina.

Hingga laga selesai, skor 0-0 bertahan. Alhasil, adu penalti jadi jalan keluar demi menentukan pemenang. Ada lima penendang yang gagal dan akhirnya, Argentina menang dengan skor 5-4. Tim Tango bahkan akhirnya mencapai final, tetapi gagal juara usai dikalahkan Chile.

Baca Juga: Daftar Final Copa America 2024: Argentina Diteror Kolombia

2. Kolombia membalas di Copa America 2019

Head to Head Argentina vs Kolombia di Copa America, Sengit!Argentina melawan Kolombia pada fase grup Copa America 2019. (x.com/Argentina)

Argentina dan Kolombia bertemu lagi di Copa America 2019. Kedua tim langsung berhadapan pada matchday pertama Grup B. Argentina menurunkan para pemain bintangnya, termasuk Lionel Messi dan Sergio Aguero di lini depan.

Namun, Argentina lagi-lagi tak mampu mencetak gol. Justru gawang mereka yang dua kali jebol pada babak kedua. Kolombia membuka skor melalui Roger Martinez pada menit 71. Duvan Zapata mengunci kemenangan Kolombia dengan golnya beberapa menit jelang bubar.

Bagi Kolombia, itu adalah kemenangan pertamanya atas Argentina sejak 2007. Kolombia bahkan akhirnya menyudahi fase grup dengan koleksi poin sempurna. Meski sempat kalah, Argentina juga melaju ke fase knockout. Namun, kedua tim pada akhirnya gagal jadi juara.

Baca Juga: 3 Catatan Usai Argentina Maju ke Final Copa America 2024

3. Argentina melangkah ke final Copa America 2021 usai melewati Kolombia

Head to Head Argentina vs Kolombia di Copa America, Sengit!Emiliano Martinez dan Lionel Messi merayakan kemenangan atas Kolombia pada semifinal Copa America 2021. (x.com/CopaAmerica)

Copa America 2021 juga menyajikan pertemuan Argentina dan Kolombia. Kala itu, kedua negara bersua pada semifinal. Baru tujuh menit pertandingan berjalan, Lautaro Martinez sudah membawa Argentina unggul. Namun, Kolombia tak mudah menyerah.

Selama sisa laga, Kolombia mampu meladeni permainan Argentina. Los Cafeteros bahkan sedikit unggul dalam penguasaan bola. Upaya Kolombia mencari gol balasan pun akhirnya berhasil. Luis Diaz menjebol gawang Argentina pada menit 64, sekaligus memaksakan hasil imbang 1-1.

Pada adu penalti, Argentina akhirnya berjaya berkat aksi heroik kiper Emiliano Martinez. Dia menahan tiga sepakan penalti Kolombia dan membawa Argentina menang 3-2. Argentina pun lolos ke final, bahkan juara usai menundukkan Brasil 1-0.

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya