3 Hattrick Terakhir di Euro, Kapan Terjadi Lagi?

Euro 2024 belum diwarnai hattrick #EURO2024

Euro 2024 telah memasuki perempat final. Sejauh ini, ada cukup banyak kejadian menarik yang mewarnai turnamen di Jerman tersebut. Ada kemenangan via comeback, drama adu penalti, dan sarat gol bunuh diri. Ada pula penampilan tajam empat pemain yang sudah mengoleksi masing-masing tiga gol. Namun, belum ada satu pun torehan hattrick.

Hattrick sendiri ternyata memang peristiwa yang terbilang langka di Euro. Dalam 16 edisi Euro termasuk 2024, baru ada 8 hattrick. Bahkan, tidak ada hattrick yang menghiasi Euro sejak 2008. Mari menengok kembali ke tiga hattrick terakhir yang pernah terjadi di Euro.

1. Sergio Conceicao mencetak hattrick sempurna ke gawang Jerman pada fase grup Euro 2000

3 Hattrick Terakhir di Euro, Kapan Terjadi Lagi?Sergio Conceicao merayakan gol ke gawang Jerman di Euro 2000. (youtube.com/UEFA)

Pertama, ada trigol ciptaan Sergio Conceicao di Euro 2000. Conceicao sukses mencetak tiga gol bagi Portugal pada laga terakhir fase grup. Lawannya pun bukan tim sembarangan, yaitu Jerman. Bahkan, torehan Conceicao itu tergolong hattrick sempurna karena dicetak via kaki kanan, kaki kiri, dan kepalanya.

Berkat aksi Conceicao, Portugal menang telak 3-0 atas Jerman. Hasil itu menyempurnakan kiprah Portugal pada fase grup. Sebelumnya, Selecao das Quinas mengalahkan Inggris 3-2 dan Romania 1-0. Portugal pun lolos sebagai juara grup, lalu terus melaju hingga ke semifinal. Sayangnya, langkah mereka dihentikan Prancis yang akhirnya jadi juara.

Conceicao sendiri gagal menambah gol hingga akhir turnamen. Euro 2000 juga akhirnya menjadi satu-satunya Euro yang dimainkan Conceicao. Kariernya bersama timnas terbilang singkat, yaitu pada 1996–2003. Secara total, Conceicao mengoleksi 56 penampilan dan 12 gol bagi Portugal.

Baca Juga: 3 Starter Termuda Belanda yang Tampil pada Fase Gugur Euro

2. Patrick Kluivert menjadi top skor Euro 2000 dengan lima gol, termasuk hattrick pada perempat final

3 Hattrick Terakhir di Euro, Kapan Terjadi Lagi?Patrick Kluivert (x.com/EURO2024)

Euro 2000 sempat diwarnai satu hattrick pada babak knockout. Kreatornya adalah Patrcik Kluivert, striker Timnas Belanda yang berstatus tuan rumah. Kluivert sudah tajam sejak awal turnamen. Ia mencetak masing-masing satu gol ke gawang Denmark dan Prancis pada laga fase grup.

Memasuki perempat final, Kluivert dan timnya makin mengamuk. Ia mencetak tiga gol dalam pesta kemenangan Belanda atas Yugoslavia dengan skor 6-1. Dalam sejarah Euro, itu adalah hattrick kedua yang pernah terjadi pada fase gugur.

Sayangnya, ketajaman Kluivert tidak muncul pada babak semifinal. Ia gagal menjebol gawang Italia gara-gara aksi gemilang kiper Francesco Toldo. Toldo sempat menahan dua tendangan penalti Belanda dalam 90 menit, termasuk eksekusi Kluivert. Laga pun berakhir 0-0 dan berlanjut ke adu penalti. Pada akhirnya, Italia menang 3-1.

Meski gagal membawa Belanda juara, Kluivert mendapat pelipur lara pada akhir turnamen. Ia menjadi pemain tertajam Euro 2000 dengan torehan lima gol. Kluivert menyusul Marco van Basten dan Dennis Bergkamp, kompatriotnya yang juga pernah menjadi top skor Euro.

3. David Villa membuat tiga gol ke gawang Rusia pada laga pertama fase grup Euro 2008

3 Hattrick Terakhir di Euro, Kapan Terjadi Lagi?David Villa (x.com/EURO2024)

Hattrick terakhir di Euro sejauh ini ditorehkan David Villa pada fase grup Euro 2008. Sang striker Spanyol sukses mewarnai debutnya di Euro saat itu dengan tiga gol. Korbannya adalah Rusia yang akhirnya terbantai 1-4. Villa juga mencetak gol saat Spanyol mengalahkan Swedia pada laga kedua grup.

Pada babak knockout, Villa gagal menambah koleksi gol. Namun, ia turut membawa negaranya mencapai final. Spanyol bahkan menjadi juara usai mengalahkan Jerman 1-0. Villa menyempurnakan kesuksesan Spanyol dengan gelar top skor berkat torehan empat gol. 

Sayangnya, Villa tidak pernah lagi bermain di Euro setelah itu. Ia tidak berangkat ke Euro 2012 karena cedera. Villa juga tidak masuk skuad Spanyol di Euro 2016. Meski demikian, Villa masih berstatus salah satu pemain Spanyol tersubur di Euro.

Sudah lama tidak ada hattrick yang terjadi di Euro. Bahkan, hattrick pada babak knockout Euro tak pernah tercipta sejak 2000. Akankah penantian itu usai pada lanjutan Euro 2024? Menarik untuk disimak.

Baca Juga: 4 Pertemuan Portugal dan Prancis di Euro, Siapa Lebih Unggul?

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya