5 Bek Brasil yang Pernah Membela AC Milan sebelum Emerson Royal

Ada yang melegenda

Intinya Sih...

  • AC Milan mendapatkan bek baru, Emerson Royal, dari Tottenham Hotspur dengan harga 15 juta euro atau Rp257 miliar.
  • Serginho adalah bek Brasil tersukses yang pernah berseragam AC Milan dengan total 281 penampilan dan 8 trofi.
  • Pemain Brasil lainnya seperti Cafu, Thiago Silva, Alex, dan Leo Duarte juga memiliki kisah sukses dan tantangan di AC Milan.

AC Milan mendapatkan bek baru pada musim panas 2024. Rossoneri memboyong Emerson Royal, bek kanan asal Brasil berusia 25 tahun. Emerson digaet dari Tottenham Hotspur dengan harga 15 juta euro atau Rp257 miliar. Ia diberi kontrak 4 tahun, pertanda AC Milan bakal cukup lama memakai jasanya.

Emerson Royal pun menambah panjang deretan pemain Brasil yang pernah memperkuat AC Milan. Banyak dari mereka berposisi pemain belakang seperti dirinya. Seperti apa kiprah mereka selama berbaju Rossoneri? Inilah ulasan tentang lima pemain di antaranya.

1. Serginho adalah bek Brasil dengan penampilan terbanyak bersama AC Milan

5 Bek Brasil yang Pernah Membela AC Milan sebelum Emerson RoyalSerginho (acmilan.com)

Bek Brasil tersukses yang pernah berseragam AC Milan adalah Serginho. Ia adalah bek kiri yang juga bisa bermain sebagai gelandang atau winger. Serginho bergabung ke AC Milan pada 1999. Itu adalah kali pertama baginya berkarier di Eropa. Hebatnya, Serginho segera menjadi bagian penting skuad Rossoneri.

Serginho bahkan akhirnya menjelma menjadi salah satu legenda AC Milan. Ia menetap di San Siro hingga pensiun pada 2008. Dengan total 281 penampilan, Serginho juga menjadi bek Brasil yang paling sering tampil bagi AC Milan. Plus, ia meraih 8 trofi bareng Rossoneri, termasuk 1 scudetto dan 2 Liga Champions Eropa.

2. Cafu menghabiskan 5 musim terakhir kariernya di AC Milan

5 Bek Brasil yang Pernah Membela AC Milan sebelum Emerson RoyalCafu (x.com/acmilan)

AC Milan juga pernah dibela Cafu, salah satu bek kanan terbaik yang pernah dimiliki Brasil. Cafu memang lebih dikenal sebagai legenda AS Roma. Ia berseragam AS Roma selama 6 musim dan turut memenangi scudetto 2000/2001. Namun, Cafu lebih sering mengangkat trofi dalam 5 musim membela AC Milan.

Cafu bergabung ke AC Milan pada 2003 dan menetap hingga pensiun pada 2008. Ia mencatat 166 penampilan di semua ajang dan meraih 6 trofi. Alhasil, Cafu tak hanya diberi status legenda oleh AS Roma, tetapi juga AC Milan.

Baca Juga: 6 Pemain Terakhir Juventus dari AC Milan sebelum Pierre Kalulu

3. Thiago Silva didatangkan AC Milan langsung dari Brasil

5 Bek Brasil yang Pernah Membela AC Milan sebelum Emerson RoyalThiago Silva (x.com/acmilan)

Ada pula Thiago Silva, bek tengah Brasil yang membela AC Milan pada 2009–2012. Ia didatangkan langsung dari Brasil, tepatnya dari Fluminense. Sejak bergabung, Silva langsung menjadi sosok kunci di lini belakang Rossoneri. Ia pun mencatat 119 penampilan di semua ajang dalam hanya 3 musim.

Thiago Silva berperan penting saat AC Milan meraih scudetto 2010/2011. Trofi Piala Super Italia 2011 pun berhasil didapatkannya. Setelah meninggalkan AC Milan, Silva terus berkarier di Eropa. Ia baru kembali ke Brasil pada musim panas 2024 dan bergabung lagi dengan Fluminense.

4. Alex berseragam AC Milan pada 2014–2016

5 Bek Brasil yang Pernah Membela AC Milan sebelum Emerson RoyalAlex (x.com/acmilan)

Dalam 1 dekade terakhir, AC Milan juga memiliki beberapa bek Brasil sebelum Emerson Royal. Salah satunya Alex, bek tengah yang namanya besar bersama Chelsea. Alex juga sempat membela Paris Saint-Germain sebelum merapat ke AC Milan.

Alex membela AC Milan pada 2014–2016. Ia tampil 48 kali di semua ajang dan menyumbang 4 gol. Sayangnya, AC Milan sedang mengalami periode minim prestasi saat itu. Alex pun meninggalkan Rossoneri tanpa raihan trofi.

5. Leo Duarte hanya sempat tampil sembilan kali bagi AC Milan

5 Bek Brasil yang Pernah Membela AC Milan sebelum Emerson RoyalLeo Duarte (x.com/acmilan)

Ada pula Leo Duarte, bek tengah yang didatangkan AC Milan pada 2019. Sayangnya, musim pertama Duarte di Rossoneri langsung diganggu cedera parah. Ia sempat absen lama dan kesulitan merebut tempat inti setelah pulih.

Duarte pun dipinjamkan ke Istanbul Basaksehir selama 2 musim berikutnya. Karena tampil memuaskan, ia dipermanenkan Basaksehir pada musim panas 2022. Duarte pun meninggalkan AC Milan tanpa kesan berarti. Ia bahkan hanya sempat tampil sembilan kali bersama Rossoneri.

Beberapa bek Brasil sukses melegenda bersama AC Milan. Namun, ada pula yang tak gagal meraih trofi, bahkan minim menit bermain. Nasib seperti apakah yang bakal dialami Emerson Royal di AC Milan?

Baca Juga: 6 Rekrutan Terakhir AC Milan dari Klub English Premier League

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya